Cara Membuat Meja Dapur Cor Paling Sederhana Dan Simpel!

Cara membuat meja dapur berikut ini bisa membantu untuk menjadikan dapur menjadi lebih menarik dan nyaman. Untuk membuat meja dapur tentu ada yang sulit tetapi ada juga yang sederhana dan mudah dilakukan. Jika ada yang mudah tentu Sahabat Citicon akan melakukan untuk memilih cara paling simpel dan tidak memakan waktu.

Membuat Meja Dapur

Berikut ini akan dijelaskan secara detail cara membuat meja dapur cor. Namun sebelum itu akan dijelaskan pula aspek penting dalam pembuatan meja dapur.

Aspek yang Harus Diperhatikan Saat Pembuatan Meja Dapur

Cara membuat meja dapur yang mudah dan simpel tentu harus memperhatikan beberapa aspek seperti di bawah ini.

• Bahan meja dapur

Yang pertama yaitu harus memperhatikan dan menyesuaikan antara bahan dan juga konsep dapur yang akan dibuat. Hal ini akan membuat meja dapur lebih selaras. Namun dalam hal ini karena akan membuat dapur cor tentu bahannya adalah semen.

• Ukuran meja dapur

Ukuran meja dapur tentu harus disesuaikan dengan ukuran tinggi anggota keluarga terutama ibu. Pembuatan meja dapur terutama untuk bagian penempatan kompor harus lebih pendek mengingat faktor kenyamanan ketika ibu atau siapa saja sedang memasak.

• Saluran air

Pada meja dapur biasanya terdapat saluran air maka bagian ini juga harus diperhatikan saat pemasangannya. Pasang pada posisi yang tepat agar tidak terjadi kebocoran pipa.

Tahap penyelesaianpada tahap ini juga harus diperhatikan bahan apa yang akan dibuat untuk menjadi lapisan meja. Misalnya ingin membuat meja dapur minimalis maka bisa memilih lapisan keramik dengan warna yang minimalis pula.

Tahap Pembuatan Meja Dapur

Pada tahap ini yang harus dilakukan untuk cara membuat meja dapur adalah dengan melakukan pengukuran. Ukuran meja dapur keramik tahu granit harus disesuaikan dengan penggunaannya agar tetap nyaman.
Yang tidak kalah penting adalah peralatan untuk sanitasi berupa pipa air yang harus ditanam dan ditutup dengan keramik. Proses pengeleman juga harus rata agar tidak mudah bocor pipanya.
• Menggunakan keramik besi behel dengan diameter 8 mm sebagai kerangka plat meja. sementara untuk bagian lantai Meja dibuat dari keramik atau keramik tergantung keinginan. Kedua material ini punya tekstur yang halus dan juga mengkilat permukaannya.

Step By Step Pembuatan Meja Dapur

Kini proses pembuatan meja dapur lewat 10 tahap sederhana. Cara membuat meja dapur simak secara teliti berikut ini. Pertama sekali adalah tahap pembersihan dinding jika ingin membuat meja dapur pada bangunan yang lama. Jika dinding dicat maka bersihkan dahulu bagian tersebut di kelupas menggunakan scrub. Pembersihan dinding membantu semen untuk membuat dapur bisa menempel lebih sempurna.

Tahap pengukuran meja dapur diukur berdasarkan tinggi rata-rata orang Indonesia yaitu umumnya 160 cm. Untuk ukuran wastafel setinggi 80 cm, sementara pada bagian meja kompor setinggi kira-kira 70 cm. Membuat meja kompor gas sendiri juga sangat mudah lewat tahap ini, karena sudah ditentukan ukuran tinggi mejanya.

Lebarnya sendiri yaitu kira-kira 80 cm. Lalu ketebalan cor meja kira-kira 7 cm. Tentukan panjang meja dapur dan bentuknya, apakah ingin berbentuk L atau lurus. Penempatan meja dapur sebaiknya dekat jendela agar ventilasi udara bebas.

Cara membuat meja dapur selanjutnya yaitu pemasangan batu bata di bagian ujung meja dengan lebar kira-kira 80 cm. Pemasangan batu bata ini untuk memperoleh meja dengan ukuran wastafel 70 cm dan kompor 60 cm.

Sesudah tahap pengecoran dan pemasangan keramik selanjutnya bagian saluran sanitasi. Pertama-tama dilakukan pemasangan pipa untuk saluran air bersih dengan ukuran pipa 0,5 inci dan 2,5 inci.

Jangan lupa untuk menyisakan lubang darat agar bisa memasang kran. Pemasangan Bekisting dilakukan untuk menopang, Bekisting ini dibuat dari bahan kayu gelam. Untuk ukuran Bekisting yaitu 70 cm untuk wastafel dan 60 cm untuk kompor.

Jadi bisa dibayangkan nanti desain meja dapurnya bertingkat dengan selisih 10 cm. Bagian pemotongan behel disesuaikan dengan panjang meja dapur. Tahap pembengkokan bagian ujung behel lalu dirangkai dengan kawat untuk jaraknya sendirilah 10 cm. Setelah penganyaman besi selanjutnya pembuatan kitchen set.

Tahap ini dimulai dengan menutup bagian pinggiran Bekisting dengan papan ataupun hek. Untuk ketinggiannya sendiri yaitu kira-kira 7 cm. Antara semen pasir dan juga coral yaitu 1:2:3.

Meja dapur dengan metode cor siap untuk digunakan. Setelahnya tinggal tahap finishing yaitu pemasangan keramik.
Demikian cara membuat meja dapur telah selesai dilakukan dengan metode yang sangat simpel dan sederhana. Namun cara ini bisa dipraktekan bagi Sobat Citinews yang pemula dalam hal membuat bangunan di rumah.

Sumber :

https://interiorrumahasri.blogspot.com/2018/02/tips-dan-cara-membuat-meja-dapur-cor.html
https://rupawon.com/membuat-meja-dapur-sendiri/ https://inspirasirumahkecil.blogspot.com/2018/06/ingin-membuat-dapur-sendiri-ini-dia-cara-membuat-meja-dapur-cor-simple-dan-mudah.html

Leave a Reply