Cara Mengatasi Lantai Yang Terlalu Dingin dan Licin

Lantai yang terlalu dingin dan licin memang membuat tidak nyaman bagi siapapun yang menginjakan kaki diatasnya. Ini karena lantai rumah yang terbuat dari keramik atau semen terkadang terasa sangat dingin. Sensasi dingin ketika menginjak lantai memang kurang nyaman.

Sobat Citinews tidak perlu merasa khawatir apabila memiliki masalah seperti ini. Terdapat cara agar lantai tidak terlalu dingin yang bisa diikuti.

Cara Mengatasi Lantai Yang Terlalu Dingin

Lantai yang dingin merupakan hal umum terjadi terutama jika terbuat dari keramik. Selain itu, lantai yang terbuat dari batu marmer atau bahkan semen juga memiliki masalah yang sama.

Meskipun demikian, lantai dari bahan keramik menjadi salah satu favorit bagi masyarakat. Kesan lantai keramik terlihat indah meskipun memang terasa dingin di kaki.

Berikut ini adalah beberapa cara agar lantai tidak terasa dingin yang bisa dilakukan. Sobat Citinews dapat mensiasati masalah lantai dingin dengan cara-cara sederhana berikut:

Memasang Karpet

Cara agar lantai tidak terlalu dingin pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memasang karpet. Seperti yang Sobat Citinews ketahui, hunian modern saat ini seringkali dilengkapi dengan karpet sebagai pelengkap atau aksesoris ruangannya.

Sobat Citinews tidak harus memasang karpet untuk semua bagian lantai di rumah. Beberapa titik yang umumnya diberi karpet antara lain seperti dibawah meja tamu, ruang keluarga, di dekat sofa dan yang sering ditempati.

Dengan adanya karpet, lantai keramik akan terasa lebih hangat. Ada banyak pilihan kata yang cocok diletakkan di atas lantai. Pilihlah karpet yang sesuai dengan tema ruangan agar terlihat serasi.

Memasang Lantai Parket Atau Kayu

Cara supaya lantai tidak terlalu dingin berikutnya yaitu dengan melapisi lantai menggunakan kayu atau parket. Jenis lantai kayu atau paket saat ini sedang digemari. Parket terbuat dari bahan kayu asli dan mampu memberikan kesan estetik pada ruangan.

Pemasangan lantai parket tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sobat Citinews apabila memutuskan untuk menggunakan lantai parket sebaiknya meminta bantuan jasa profesional dalam pemasangan.

Bahan dari kayu sangat efektif membuat lantai terasa lebih hangat dibandingkan keramik. Harga dari lantai kayu juga tidak terlalu mahal. Akan tetapi, Sobat Citinews perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis lantai yang satu ini.

Jangan Menyalakan AC Terus Menerus

Cara agar lantai tidak dingin yang lainnya yaitu dengan mematikan AC. Banyak dari masyarakat modern yang senang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. Jika ruangan ingin lebih hangat, tentu Sobat Citinews jangan menyalakan AC secara terus-menerus.

Pergunakanlah AC seperlunya saja. Penggunaan AC secara terus-menerus bukan hanya menyebabkan ruangan terasa dingin akan tetapi lantai rumah juga akan menyerap dingin.

Selalu Sediakan Sandal untuk di Rumah

Cara agar lantai tidak terlalu dingin lain yang tidak kalah menarik yaitu dengan selalu menyediakan sandal untuk dipakai di dalam ruangan.

Meskipun berada di dalam rumah, Sobat Citinews tetap perlu untuk menggunakan sandal. Sandal yang hangat dapat menghindarkan kaki dari merasakan dinginnya lantai.

Sobat Citinews tentu tidak bisa jika harus memasang karpet di seluruh lantai ruangan. Dengan menggunakan sandal, kaki akan terasa nyaman meskipun lantai sedang dalam suhu yang paling dingin.

Memasang Thermostat

Cara agar lantai keramik tidak terlalu dingin yang tidak kalah efektif yakni memasang thermostat. Thermostat memiliki fungsi untuk mengatur suhu dalam ruangan. Sobat Citinews bisa memanfaatkan alat ini untuk menjaga suhu ruangan sehingga lantai tidak terlalu dingin.

Thermostat sudah banyak digunakan bukan hanya untuk menghangatkan ruangan namun juga menghindarkan ruangan dari suhu yang terlalu panas. Alat ini cocok diletakkan untuk lantai satu maupun lantai 2.

Lantai yang terlalu dingin memang menjadi masalah tersendiri. Namun cara mengatasinya tidaklah sulit. Demikianlah beberapa cara agar lantai tidak terlalu dingin yang telah disebutkan di atas.

Dengan mengikuti cara agar lantai tidak terlalu dingin diatas, Sobat Citinews tidak perlu khawatir lagi atau merasa tidak nyaman ketika berjalan di atas lantai. Ternyata untuk tetap merasa nyaman ketika berjalan di atas lantai tidak membutuhkan biaya yang mahal. Sobat Citinews bisa memilih cara yang paling sesuai dengan keinginan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Referensi

https://www.rukita.co/stories/kamar-hangat-saat-hujan/
http://www.semenbima.com/designint/detail/tips-penataan-ruangan-pada-rumah-dengan-lantai-non-keramik
https://m.liputan6.com/lifestyle/read/2393995/6-cara-agar-rumah-tetap-hangat-di-cuaca-dingin

Leave a Reply