Cara Menghitung Biaya Renovasi Kamar Mandi Desain Modern

Berapakah biaya renovasi kamar mandi? Cara menghitung biaya renovasi kamar mandi bisa disesuaikan dari desain atau bujet yang dimiliki. Jika bujetnya terbatas maka desain akan mengikuti biaya. Tapi jika bujet tidak terbatas maka desain apapun bahkan yang mewah bisa diterapkan.

biaya renovasi kamar mandi

Memperhitungkan biaya sesuai dengan bujet yang dimiliki tentu akan lebih mudah. Terlebih lagi saat ini ada banyak desain yang tidak membutuhkan banyak biaya. Contohnya saja desain modern minimalis yang sangat cocok untuk renovasi kamar mandi kecil.

Cara Menghitung Biaya Renovasi Kamar Mandi Modern yang Hemat

Memilih desain modern untuk kamar mandi adalah trik cerdas yang membuat tampilannya tidak lekas terasa ketinggalan zaman. Sobat Citinews yang saat ini sedang kebingungan memilih desain karena bujet mepet bisa memilih desain modern.

Selain itu cara menghitung biaya renovasi kamar mandi modern juga lebih mudah karena tak banyak aksesoris yang dibutuhkan. Material renovasi kamar mandi murah pun juga banyak tersedia di toko bahan bangunan terdekat.

Soal hitung menghitung, beberapa cara berikut ini perlu diikuti supaya hasil hitungannya tidak jauh berbeda biaya yang dikeluarkan nanti.

Menghitung jasa tenaga bangunan

Perhitungan bisa dimulai dari mencari tahu berapa biasanya harga jasa tukang harian dan borongan. Setiap daerah tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Apabila bagian yang direnovasi tidak terlalu banyak maka menggunakan tukang harian akan lebih efisien.

Apabila renovasi kamar mandi ukuran kecil yang dilakukan adalah seluruh ruangan penuh maka bisa dikatakan skala pekerjaannya besar. Memilih tukang borongan akan lebih tepat. Besaran biaya untuk tukang harian di kota besar kurang lebih sekitar 120 ribu hingga 240 ribu dan asistennya sekitar 80 ribu hingga 160 ribu rupiah.

Untuk kamar mandi kecil berukuran 2X2 atau 2X3 untuk renovasi keramik bongkar dan pasang bisa memakan waktu satu minggu lebih. Sedangkan cara menghitung biaya renovasi kamar mandi tukang borongan adalah mengalikan harga jasa dengan luas kamar mandi.

Jika jasa borongan adalah 1,3 juta per meternya maka kalikan dengan luas kamar mandi. Ini adalah perkiraan biaya tukang saja belum masuk material baik itu tukang harian dan borongan.

Menghitung kebutuhan material

Keramik adalah bagian penting dari kamar mandi karena material inilah yang akan membuat air tidak rembes ke bagian dinding luar. Keramik untuk kamar mandi juga memiliki tekstur kasar agar kamar mandi tidak licin. Jadi bedakan dengan keramik untuk area lainnya.

Cara menghitung biaya renovasi kamar mandi untuk material keramik sendiri lebih mudah. Sobat Citinews cukup mengalikan luas area kamar mandi yang tertutup dengan keramik dengan harga keramik per meter perseginya.

Ingat juga bahwa bagian kamar mandi yang tertutup dengan keramik bukan hanya area lantai tetapi juga sebagian dari dinding. Jangan lupa untuk survey harga keramik terlebih dahulu sebelum membeli dan tanyakan ketersediaannya.

Rencana anggaran biaya pembuatan kamar mandi yang lengkap harus tertera material seperti semen, pasir, batu bata jika berencana memperluas kamar mandi. Jadi selagi menghitung kebutuhan keramik, hitung juga berapa material tersebut yang dibutuhkan.

Menghitung kebutuhan perabotan dan aksesoris kamar mandi

Kebutuhan renovasi kamar mandi bukan hanya material dan jasa tukang saja tetapi juga perabotan. Misalnya saja wastafel, kloset, shower atau bak mandi. Semua perabotan ini tentunya harus dipilih dengan cermat supaya bisa mendapatkan barang berkualitas.

Selisih harga di setiap toko tidak terlalu jauh untuk beberapa merk. kecuali jika ingin mendapatkan harga murah perlu menunggu diskon. Triknya, Sobat Citinews bisa mencicil untuk membeli perabotan terlebih dahulu bahkan jauh sebelum waktu renovasi.

Cara ini akan menghemat biaya lebih banyak sehingga biaya bisa lebih fokus pada jasa dan material. Belum lagi jika Sobat Citinews mengincar beberapa model kloset atau shower tertentu dengan desain modern atau limited edition.

Mudah bukan cara menghitung biaya renovasi kamar mandi satu per satu ini, sisanya tinggal dijumlahkan saja. Kunci dari biaya yang murah adalah memilih jasa tukang dan mencicil perabotan.

Sumber:

https://kumparan.com/tunaiku-official/begini-rincian-biaya-renovasi-kamar-mandi-modern-minimalis-rp10-juta-1550552172051087992/full
https://www.homify.co.id/ideabooks/5974274/renovasi-kamar-mandi-minimalis-dengan-bujet-terbatas
https://www.dekoruma.com/artikel/86333/cara-menghitung-biaya-renovasi-rumah
http://dekorrumahmurah.com/estimasi-biaya-pembuatan-kamar-mandi/
https://www.99.co/id/panduan/5-cara-menghitung-estimasi-biaya-renovasi-rumah-sederhana

Leave a Reply