Inilah ! Cara Membuat Kolam Ikan dari Bata Ringan Yang Benar

Cara membuat kolam ikan dari bata ringan penting diketahui dengan baik. Tujuannya agar kolam yang dibuat tidak bocor dan bisa awet digunakan hingga bertahun-tahun. Selain memilih lahan yang akan dijadikan kolam ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Tata Cara membuat Kolam Ikan dari Bata Ringan Yang Awet

Untuk memastikan Anda hanya perlu sekali memasang kolam ikan dan tidak perlu perawatan berat, membuat kolam ikan perlu dilakukan dengan persisi. Sebelum masuk ke prosedur pembuatan, harus menyiapkan budget dan bahan terlebih dulu. Mulai dari bata ringan, semen, pasir bangka, pipa, lem pipa, kuas cat, keramik dan cat pelapis anti bocor. Berikut adalah cara membuat kolam ikan dari bata ringan yang dijamin tahan lama.

Pemasangan Bata Ringan

Siapkan bata ringan yang ingin digunakan. Jumlah bata disesuaikan dengan ukuran dimensi kolam. Gunakan semen untuk merekatkan bata satu dengan bata berikutnya. Jika kolam nantinya akan dilengkapi kaca, maka disisakan ruang sekitar 80 cm x 40 cm untuk meletakkan kaca tersebut.

Cara membuat kolam ikan dari bata ringan yang tepat adalah mengurangi risiko terjadinya kebocoran. Pasanglah bata secara datar dan tegak lurus. Bagian bata yang menumpang diusahakan tidak lebih dari ¼ panjang bata. Akan lebih baik lagi selama pemasangan digunakan bata yang lembab.

Lakukan Plesteran

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat kolam ikan dari bata ringan adalah memasang plester dengan campuran semen dan pasir. Aduk rata adonan semen ini dan aplikasikan ke seluruh dinding permukaan kolam. Lakukan tahapan ini dengan baik sampai permukaan plester hingga bertekstur halus.

Penanaman Filter Kolam Ikan

Cara membuat kolam ikan dari bata ringan perlu mengingat kalau kolam harus benar-benar tertutup dan tidak ada rembesan. Anda dapat memasang filter dalam kolam dengan cara ditanam dengan adonan semen. Ujung lubang pipa diusahakan agar terlihat diantara lapisan semen. Selain filter kolam, juga perlu dibuat filter air. Tujuannya agar air yang mengalir ke dalam kolam dalam keadaan jernih. Susunlah bata ringan di bagian belakang kolam.

Pemasangan Keramik Batu Alam

Keramik batu alam dipasang agar kolam lebih menarik dipandang. Selain itu, lebih mudah dibersihkan karena memiliki permukaan yang halus. Cara memasangnya dengan merekatkan keramik tersebut pada dinding bagian depan kolam yang sebelumnya sudah diplester. Pemasangan keramik ini tidak wajib dilakukan, tergantung selera masing-masing orang.

Pemasangan Kaca Kolam Ikan

Ketahuilah cara membuat kolam ikan dari bata ringan adalah memberikan perhatian khusus pada bagian kaca. Siapkan rel untuk dinding kaca dan pasangkan pada area dingin bagian depan yang sudah dikosongkan. Sediakan sedikit ruang untuk sandaran kaca. Kemudian, kaca dipasang dengan baik, lurus dan rapi.

Pengecoran Sisi Kaca Kolam Ikan

Tujuan pengecoran adalah agar kaca dapat berdiri dengan kokoh. Tambahkan semen di bagian bawah kaca. Selanjutnya, cor bagian sisi kaca menggunakan kayu penyangga agar semen tidak bertabur berantakan. Setelah selesai, dinding kolam dicat menggunakan warna cerah agar lebih menarik tampilannya. Akhirnya kolam sudah bisa digunakan, langsung masukkan air ke dalam kolam melalui filter yang disediakan.

Pengecatan dan Lapisan

Saat proses pengecatan, sebaiknya gunakan cat khusus untuk kolam ataupun yang terdapat kandungan epoxy. Tujuannya selain untuk estetika juga lebih aman untuk ikan. Kelebihan cat epoxy tahan terhadap air dan tidak beracun dengan warna mengkilap membuat kolam tampak lebih menarik.

Proses pengecatan untuk bagian dalam kolam dilakukan dengan 2 tahap. Pertama, semua permukaan dinding kolam dilapisi cat dan didiamkan selama 5 hari. Saat sudah kering, lapisi cat tahap kedua. Diamkan lagi selama 5 hari sehingga total proses cat berlangsung selama 10 hari.

Itulah tata cara membuat kolam ikan dari bata ringan, mudah kan? Memilih batu ringan yang tepat dan asli penting sekali untuk ketahanan kolam ikan. Kualitasnya yang bagus membuat proses pengecatan, plester dan pengecoran lebih mudah. Meskipun ringan, tetap memiliki sifat yang kuat dan kokoh hingga beberapa tahun lamanya.

Pilih bata ringan dari Citicon yang memiliki kode produksi sehingga terbukti bahwa produk ini memang terbaik dan terpercaya. Ciri khas tersebutlah yang membedakan produk Citicon dan merk lainnya. Kunjungi situs resmi Citicon bila memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pemesanan.

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-kolam-ikan-murah-meriah/
https://idea.grid.id/read/09700958/biar-enggak-zonk-ikuti-8-cara-ini-ketika-membangun-kolam-ikan-
https://bangka.tribunnews.com/2020/01/15/yang-ingin-membuat-kolam-ikan-wajib-tahu-tips-agar-kolam-ikan-tidak-bocor
https://www.citiconindonesia.com/uncategorized/ciri-bata-ringan-citicon-asli/

Leave a Reply