Sering Insomnia? Yuk Ikuti Tips Agar Cepat Tidur Berikut Ini

Siapa yang tidak pernah mengalami insomnia? Insomnia adalah salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan susah tidur. Semakin meningkatnya angka penderita insomnia di Indonesia, hal inilah yang menyebabkan banyak kalangan yang mencari informasi mengenai tips agar cepat tidur untuk mengatasi masalah yang mereka derita.

Sering Insomnia? Yuk Ikuti Tips Agar Cepat Tidur Berikut Ini

Insomnia sendiri disebabkan karena banyak faktor yang memicu. Salah satu penyebab insomnia pada remaja yang marak terjadi adalah stress. Namun ternyata, selain stress masih ada beberapa penyebab insomnia yang harus Anda hindari sejak dini untuk mendapatkan kualitas tidur yang terbaik. Lalu, apa saja penyebab insomnia? Berikut ini informasinya.

Penyebab Insomnia Pada Remaja

Sebelum mengetahui bagaimana tips agar cepat tidur, Anda wajib mengetahui terlebih dulu apa saja hal yang menyebabkan insomnia seperti berikut ini.

Faktor Lingkungan

Faktor pertama yang menyebabkan insomnia adalah faktor lingkungan. Hal ini biasanya terjadi di lingkungan sekitar yang banyak suara bising, suhu dingin atau panas, hingga lampu yang terlalu terang. Beberapa penyebab insomnia ini akan mengganggu tidur Anda sehingga menyebabkan sulit tidur.

Obat-obatan

Selain faktor lingkungan, insomnia juga dapat disebabkan karena pengaruh obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Beberapa obat yang menyebabkan insomnia seperti obat anti kejang, obat tekanan darah tinggi, obat stimulan, dan obat antidepresan. Oleh karena itu, untuk mengatasi insomnia, alangkah baiknya untuk menghentikan sejenak penggunaan obat tersebut.

Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat ternyata mampu menjadi penyebab insomnia. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, disarankan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, penggunaan NAPZA, hingga mengkonsumsi kafein yang berlebihan.

Gangguan Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ada beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan insomnia. Gangguan kesehatan tersebut adalah gangguan jantung, gangguan hormon, kanker, diabetes sleep apnea, narkolepsi, hingga gangguan GERD.

Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis seperti panik, PTSD, skizofrenia, depresi, hingga bipolar dapat mengganggu tidur Anda bahkan hingga mengalami insomnia. Untuk itu, yuk ikuti tips agar cepat tidur dengan segera mengunjungi psikolog untuk mengobati masalah psikolog yang Anda alami.

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang membuat Anda sulit tidur, kini saatnya Anda mengetahui apa saja cara agar cepat tidur 30 detik seperti yang akan kami bahas di bawah ini. Check this out!

5 Tips Agar Cepat Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, yuk simak cara cepat tidur 10 detik berikut ini.

Hindari Tidur Siang

Bagi Anda yang kesulitan tidur di malam hari, alangkah baiknya mengikuti tips agar cepat tidur yang pertama ini, yaitu menghindari tidur siang. Tidur siang akan membuat Anda sulit mengantuk pada malam hari. Oleh karena itu, hindari tidur siang untuk sementara waktu hingga jam tidur Anda membaik.

Olahraga

Tahukah Anda, mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan olahraga yang rutin. Olahraga akan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, dengan olahraga kesehatan psikologis Anda juga akan lebih membaik sehingga menyembuhkan insomnia yang Anda alami.

Tidur di Jam yang Sama

Setelah Anda mengikuti tips agar cepat tidur di atas, jangan lewatkan untuk tidur di jam yang sama setiap harinya. Pastikan Anda sudah bersiap untuk tidur di bawah jam 10 malam setiap hari agar badan lebih lama beristirahat.

Matikan Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik seperti smartphone biasanya akan membuat Anda kesulitan tidur dengan cepat. Hal ini karena gawai akan membuat Anda kecanduan mengakses sosial media atau game. Oleh karena itu, sebelum tidur alangkah baiknya untuk mematikan perangkat elektronik yang dapat mengganggu Anda di malam hari.

Mandi Air Hangat

Tips agar cepat tidur yang selanjutnya adalah mandi air hangat sebelum tidur. Tips ini diyakini menjadi cara yang paling ampuh untuk mengusir insomnia. Hal ini karena air hangat mampu menghilangkan stress dan membuat tubuh rileks setelah seharian bekerja. Setelah mandi dengan air hangat, dijamin tubuh akan mudah untuk diajak tidur.

Dengan menerapkan cara agar bisa cepat tidur siang di atas, dijamin Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang terbaik dan terhindar dari insomnia. Namun, Anda harus mempraktekan tips agar cepat tidur di atas dengan rutin agar jam tidur kembali normal. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply