Cara Membuat Mesin Bata Ringan Rumahan

Dalam membangun suatu bangunan pasti diperlukan bahan material yang pas dan sesuai kebutuhan, dalam memilih material juga harus diperhatikan kualitasnya agar bangunan tersebut tetap kuat, kokoh serta nyaman ditempati. Salah satu bahan material saat ini banyak dicari oleh banyak orang yaitu batu bata ringan atau hebel. Bahkan beberapa orang lainnya mencoba untuk melakukan cara membuat mesin bata ringan untuk memproduksi bata ringan sendiri.

Seiring berjalannya waktu bata ringan mulai marak digunakan dalam pembangunan. Menggantikan bata merah dan batako karena bata ringan yang memiliki berat lebih ringan daripada batako maupun bata merah. Membuat bata ringan kini mulai marak digunakan dalam pembangunan konstruksi.

Nah, apakah Anda tahu bata ringan itu apa? Bata ringan adalah material yang memiliki fungsi sama dengan batu bata merah dan batako, akan tetapi beratnya lebih ringan dan terbuat dari bahan beton yang dicetak lebih ringan.

Jika Anda sudah tahu apa itu bata ringan, pasti Anda ingin membuat bata ringan sendiri. Bisa untuk membangun bangunan pribadi Anda atau untuk membuka usaha bata ringan. Seiring kemajuan teknologi pembuatan bata ringan sudah mulai menggunakan teknologi canggih. Di Indonesia ada dua cara membuat mesin bata ringan yaitu sistem AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan sistem CLC (Cellular Lightweight concrete). Perbedaan cara membuat mesin bata ringan ini terletak pada cara pengeringannya.

Jika menggunakan sistem AAC, pengeringan dilakukan dengan pemanasan. Berbeda dengan sistem CLC yang dikeringkan di ruangan terbuka. Selain itu perbedaan cara membuat mesin bata ringan sistem CLC terletak pada penggunaan materialnya. Jika menggunakan sistem CLC Anda cukup menggunakan material pasir, semen dan foam agent atau senyawa kimia yang menjadi campuran bahan bata ringan.

Cara membuat mesin bata ringan dengan sistem CLC sangatlah mudah, tidak perlu menyediakan lahan yang luas karena sistem ini sangat mudah dilakukan. Cukup menyediakan lahan terbuka untuk menjemur bata ringan yang sudah dicetak.

Berbeda dengan cara membuat mesin bata ringan AAC yang memerlukan banyak biaya dan luas lokasi yang harus memadai.

Cara Membuat Mesin Bata Ringan

Setelah mengetahui dua sistem cara membuat mesin bata ringan, Anda bisa membuat bata ringan di rumah. Dengan menyiapkan beberapa alat seperti alat cetak bata ringan, sekop dan ember. Selain itu siapkan juga bahan-bahan untuk membuat bata ringan seperti pasir, semen dan lain-lain.

Cara membuat bata ringan adalah:

  • Campurkan semen dan pasir ke dalam ember, aduklah hingga tercampur rata.
  • Tambahkan sedikit air, lalu campurkan foam agent kedalam campuran semen dan pasir.
  • Aduk hingga merata, jika sudah masukkan adonan dalam cetakan bata ringan.
  • Tunggu kurang lebih 12 jam untuk mendapatkan hasil cetakan bata ringan yang kering sempurna.
  • Letakkan di tempat terbuka agar kering secara sempurna.
  • Jika sudah kering, lepaskan bata ringan setengah jadi itu dari cetakan. Lalu berikan perawatan dengan menyiramnya secara berkala dan jemurlah ditempat terbuka dengan sinar matahari langsung. Agar bata ringan kering secara sempurna.
  • Jika sudah, bata ringan siap dipasarkan.

Nah tahap dan cara membuat mesin bata ringan sudah dibahas diatas, teknik pemasaran bata ringan tidak semudah yang dibayangkan. Banyak nya pesaing membuat bisnis ini perlu perhatian khusus.

Daripada Anda sulit bersaing dengan pasar, lebih baik Anda menjual bata ringan Citicon saja. Apakah Anda tau bata ringan Citicon seperti apa? Jika belum mari simak penjelasan dibawah ini

Bata ringan Citicon merupakan satu-satunya bahan material beton dengan sistem aerasi yang dijamin kualitasnya. Bata ringan yang pembuatannya menggunakan sistem AAC ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, penggunaan material yang berkualitas membuat bata ringan Citicon ini dapat diandalkan kualitasnya. Nah, untuk apa meragukan kualitas yang sudah jelas ini? Hal ini pasti akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda.

Yuk mulai usaha bata ringan Citicon saja yang sudah jelas kualitasnya, semoga penjelasan artikel ini dapat membantu Anda dalam mengetahui cara membuat mesin bata ringan. Semangat mencoba dan semoga bermanfaat.

Referensi:

http://mesinbataringansamacon.com/
https://www.pengadaan.web.id/
https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencetak-bata-ringan-mencetak-laba
https://www.Citiconindonesia.com/bata-ringan/

Leave a Reply