citinews.id

Mau Jual Rumah? Begini Cara Jual Rumah Cepat

Beberapa orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka ingin melakukan cara jual rumah cepat, seperti membutuhkan uang dengan cepat, ingin cepat pindah tempat tinggal, dan lain sebagainya. Meski begitu, menjual rumah tidak secepat menjual sayuran, mengingat rumah merupakan properti yang memiliki harga lumayan tinggi. Sehingga Anda membutuhkan tips atau strategi tepat untuk bisa menjual rumah dengan cepat.

Sebelum menjual rumah, Anda harus melalui beberapa proses seperti persiapan dokumen, marketing, negosiasi hingga transaksi akhir dengan pembeli. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan oleh Anda sebagai penjual yaitu KTP, KK, dokumen sertifikat tanah asli yang lolos BPN serta PBB dengan track record pajak yang baik. Dengan persiapan yang matang, Anda bisa jual rumah dengan cepat dan mudah.

5 Cara Jual Rumah Cepat

Ketika tempat tinggal Anda tidak lagi ditempati atau ingin pindah lokasi, tentu Anda ingin menjual rumah dengan cepat dan menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain bukan? Lantas bagaimana cara menjual rumah cepat? Berikut cara yang bisa Anda ikuti, yaitu

Memperhatikan Kelebihan dan Kekurangan Rumah

Jika Anda berniat akan menjual rumah, ini salah satu cara jual rumah cepat, yakni harus tahu kekurangan dan kelebihan rumah. Jika terdapat bagian yang kurang layak pakai, sebaiknya Anda merenovasi terlebih dahulu, agar rumah laku terjual dan tidak akan mengecewakan pembeli.

Jika rumah sudah 80 % layak jual dan dalam kondisi baik pasti akan cepat laku, karena terlihat masih bagus dan layak huni. Hal ini akan menambah daya tarik pembeli.

Mengetahui Lembaga yang Terlibat dalam Penjualan Rumah

Dalam proses penjualan rumah, pasti Anda akan menemui beberapa lembaga yang terlibat dalam proses penjualan rumah. Hal ini termasuk dalam salah satu cara jual rumah cepat. Dengan mengetahui lembaga yang terlibat, pasti proses penjualan rumah akan lebih cepat terselesaikan.

Lembaga yang terlibat dalam proses penjualan rumah ialah Notaris sebagai perantara dan saksi antara penjual dan pembeli, BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang mengurusi pengecekan surat-surat yang berhubungan dengan penjualan tanah dan Agen properti sebagai orang yang membantu proses penjualan rumah.

Melakukan Survei Harga

Dalam menjual rumah Anda pasti harus tahu harga pasaran, hal ini termasuk dalam cara jual rumah cepat. Karena tanpa Anda tahu harga rumah pasti Anda akan kebingungan menentukan harga jual rumah tersebut. Maka dari itu ada baiknya jika Anda survei di beberapa rumah terdekat di kawasan Anda.

Jangan hanya pada 1 atau 2 rumah akan tetapi lakukan survei pada beberapa rumah yang sekiranya menjual. Selain itu Anda juga harus membandingkan antara harga yang tertera pada struk PBB (Pajak bumi dan bangunan). Jangan juga terlalu mahal dari NJOP (Nilai jual Objek Pajak), dan pastikan harga jual rumah Anda sudah termasuk biaya pembangunan rumah.

Menggunakan Jasa Agen Properti

Banyak orang yang lebih memilih tidak menggunakan jasa agen properti, padahal jika dipikir-pikir menggunakan agen properti dapat membantu dalam cara jual rumah cepat. Karena agen properti pasti memiliki relasi yang lebih banyak dari pada Anda, dan jangkauan agen properti pun pasti lebih luas dari pada Anda. Tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan jasa agen properti, karena pasti akan lebih cepat dalam proses penjualan rumah Anda. Selain itu Anda juga akan lebih mudah dan tidak perlu terlalu repot.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial merupakan salah satu alat promosi dalam cara jual rumah cepat. Karena sosial media termasuk tempat berkumpulnya penjual dan pembeli secara online. Selain memiliki cakupan yang luas, sosial media juga sangat mudah dalam mencari pembeli. Akan tetapi Anda juga harus bijak dalam memilih pembeli, berikan penjelasan yang detail agar pembeli Anda paham.

Itulah 5 cara jual rumah cepat yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan cara-cara tersebut dengan baik dan konsisten, tak menutup kemungkinan dalam 1 bulan atau 1 minggu lagi bisa terjual.

Referensi:

https://www.rumah.com/panduan-properti/cara-jual-rumah-dalam-waktu-singkat-7734
https://www.rumah123.com/panduan-properti/menjual-properti-74040-cara-jual-rumah-online-mudah-id.html
https://www.suara.com/bisnis/2020/07/19/190017/5-cara-jual-rumah-agar-cepat-laku-main-cerdas-jadi-kuncinya

Exit mobile version