Dak Panel Lantai citicon vs Dak Keraton, Pilih Yang Mana?

Dak panel lantai citicon vs dak keraton adalah dua pilihan pengerjaan lantai yang kokoh dan kuat. Keduanya memiliki plus – minusnya sendiri yang perlu dicermati agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bangunan bertingkat paling cocok untuk macam kalangan. Dalam membangun rumah bertingkat anda perlu memperhatikan panel lantai baru atau sering disebut dak. Pemilihan dak tentu berkaitan dengan kekokohan bangunan di lantai atas.

pemasangan dak keraton

Perbedaan Panel Lantai citicon vs Dak Keraton Untuk Lantai

Sobat Citinews, untuk pilihan dak sendiri ada berbagai macam. Mulai dari panel lantai citicon hingga dak keraton. Masing-masing tentu memiliki ciri khas, keunggulan dan juga kekurangannya. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah perbedaan antara panel lantai citicon vs dak keraton.

Panel lantai citicon

Bagian dak yang memakai panel lantai citicon merupakan dak yang berbentuk lembaran. Berdasarkan dari namanya saja bisa ditebak kalau jenis dak ini berbentuk panel atau lembaran yang cukup besar. Sedangkan citicon dikenal juga sebagai bata ringan. Jadi ini adalah jenis pembentukan dak dengan bata citicon berbentuk lembaran untuk memenuhi lantai.

Panel lantai citicon memiliki ukuran panjang 3.22m, lebar 60cm, dan lebar 12.5-20cm. Anda bisa menghitung panel dengan ukuran lembaran yang besar untuk memenuhi satu ruangan dengan jumlah yang pas. Secara tidak langsung berarti Anda bisa memakai sedikit panel lantai citicon sebagai dak bangunan karena ukurannya yang besar.

Pemasangan Panel Lantai citicon

Pemasangan panel lantai citicon seperti ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang seperti pasang bata ringan yang perlu keahlian khusus. Dak jenis ini memerlukan 3-4 orang tukang yang berpengalaman. Jika dibandingkan antara panel lantai citicon vs dak keraton, dak ini memanglah lebih berat.

Berat panel lantai citicon mencapai 405 kg/m2, maka tidak bisa sembarangan diangkat dan dipasang. Untuk mengangkat dak ini ke atas Anda memerlukan alat bantu takel/chain block.

Kelebihan dan Kekurangan Panel Lantai citicon

Panel lantai citicon ini memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa, kedap air dan tahan api. Pemasangannya memang lebih cepat dan efisien walaupun membutuhkan tenaga profesional dan juga alat bantu untuk mengangkat dak tersebut. Dari segi harga, panel lantai citicon dibanderol dengan 390-455ribu/m2. Tentunya harga ini bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan dak yang lain.

Dak keraton

Pilihan dak lantai selain panel lantai citicon, ada opsi dak keraton. Ini adalah nama lain dari dak keramik beton. Jika dibandingkan antara dak panel lantai citicon vs dak keraton, dak jenis keraton berbentuk kecil-kecil menyerupai keramik lantai.

Keramik beton biasanya berukuran 25 x 20 x 10 cm. Aplikasi dak jenis ini dibuat dengan warna yang cukup menarik yaitu coklat dengan aksen yang juga menarik. Walaupun demikian, dak keraton dinilai kurang efektif karena ukurannya yang kecil. Anda akan membutuhkan banyak material untuk ngedak bangunan dengan dak keraton.

Pemasangan Dak Keraton

Pemasangan jenis dak keraton termasuk gampang-gampang susah. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil, khususnya kalau dibandingkan dengan panel lantai citicon. Penyusunan jadi lebih rumit dengan mulai susun dulu dibawah. Dan jika sudah berbentuk susunan lantai baru bisa dipasang sebagai dak.

Kelebihan dan Kekurangan Dak Keraton

Dak keraton terbuat dari tanah liat dengan kekuatan yang cukup baik. Dari segi harga, dak keraton dibanderol dengan 9.500/biji yang dimana jika dihitung per meter akan didapatkan 580rb. Walaupun lebih terjangkau, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai ukurannya yang kecil sehingga butuh jumlah lebih banyak.

Selain itu, biaya tenaga karena pemasangannya yang cukup sulit, maka membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Jadi pastinya juga akan mempengaruhi biaya akhir. Jika dibandingkan dengan dak panel lantai citicon vs dak keraton, dak keraton memang lebih unik karena memiliki motif estetik yang siap menghiasi bangunanmu.

Itulah bahasan singkat mengenai perbedaan antara lantai panel citicon dan dak keraton. Bisa disimpulkan kalau pemakaian panel lantai citicon jauh lebih unggul dibandingkan dak keraton. Selain harganya lebih murah, jenis itu juga dinilai lebih kuat dan juga tahan terhadap berbagai macam kondisi.

Tertarik untuk memakai lantai panel citicon untuk konstruksi bangunan. Anda bisa banget langsung cek dan cari informasi di www.citiconindonesia.com. Situs resminya memberikan banyak informasi yang sangat membantu. Harga yang ditawarkan bersaing dengan kualitas yang sangat baik. Yuk buruan segera pesan dan mulai membangun.

Referensi:

https://www.citiconindonesia.com/panel-lantai-citicon/
https://www.99.co/blog/indonesia/harga-dak-keraton-terbaru/
https://dakhebel.com/2020/04/27/harga-dak-citicon-2020/
https://panellantaiaac.com/perbandingan-harga-panel-lantai-vs-beton-cor-konvensional-dak-keraton/

Leave a Reply