6 Cara Agar Rumah Terlihat Luas meski Berukuran Kecil

Cara agar rumah terlihat luas berikut bisa membantu bagi yang ingin melakukan penataan rumah kecil, sehingga akan terasa lebih luas. Memiliki ukuran rumah yang tidak terlalu besar sebenarnya bisa diakali agar tetap terasa luas. Sobat Citinews yang memiliki rumah berukuran kecil jangan berkecil hati. Ada cara agar rumah terlihat luas yang bisa dilakukan.

6 Cara Agar Rumah Terlihat Luas meski Berukuran Kecil

Cara Agar Rumah Terlihat Luas dan Lega

Rumah yang sempit apabila ditata dengan tepat maka akan terasa lebih lega. Sobat Citinews dapat mengikuti beberapa tips atau cara menjadikan rumah terlihat lebih luas berikut ini:

Tidak Memberi Banyak Sekat

Cara agar rumah tampak luas pertama yang bisa Sobat Citinews lakukan yaitu dengan meminimalisir sekat pada ruangan. Saat ini sudah menjadi tren bagi masyarakat modern untuk membangun rumah yang tidak terlalu banyak sekat. Sobat Citinews bisa membuat desain yang memungkinkan keuangan tetap memiliki privasi namun tidak harus selalu diberi sekat tembok.

Apabila ingin meletakkan sekat maka bisa memanfaatkan lemari atau rak yang fungsional. Ketika menggunakan sekat semacam ini maka Sobat Citinews bisa mengubah posisi sesuai keinginan saat dibutuhkan.

Memilih Warna Cat yang Terang

Cara agar rumah terlihat luas selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa cat yang digunakan untuk dinding rumah adalah cat berwarna terang. Cat untuk rumah sangat mempengaruhi kesan ruangan. Warna terang sangat efektif membuat rumah terasa lebih lega dan luas.

Beberapa contoh pilihan warna cat yang cocok untuk rumah mungil antara lain seperti warna putih, cream, abu muda, kombinasi warna monokrom dan warna-warna terang lainnya. Bagi yang ingin memiliki kesan rumah yang elegan maka pilihlah warna monokrom. Rumah akan terlihat lebih bersih dan luas dengan warna tersebut.

Memasang Jendela yang Lebar

Cara agar rumah terlihat luas dan lega berikutnya yaitu dengan membuat jendela lebar. Rumah yang memiliki jendela yang lebar juga akan terlihat lebih luas. Sobat Citinews sebaiknya saat akan membangun rumah memperhatikan tentang hari ini. Pilihlah desain jendela minimalis dengan ukuran yang sesuai lalu dikombinasikan dengan gorden yang cantik.

Pemilihan gorden juga perlu diperhatikan. Supaya ruangan terlihat lebih lega pilihlah gorden dengan warna polos. Gorden dengan warna abu-abu atau bahkan warna putih tanpa motif bisa membuat ruangan terasa lebih luas dan terang.

Tidak Terlalu Banyak Furniture

Memiliki rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar sebaiknya jangan memasukkan terlalu banyak furniture. Sobat Citinews perlu untuk memastikan jika furniture yang ada dalam rumah adalah yang memang diperlukan.

Jika ternyata ukuran ruang yang tidak terlalu besar, pilih furniture dengan desain minimalis. Hindari meletakkan barang-barang tidak terpakai di atas almari atau di tempat-tempat yang memungkinkan.

Benda-benda yang tidak terlalu penting yang diletakkan diatas lemari, kulkas, meja atau di furniture lainnya bisa mengganggu pemandangan. Selain itu juga dapat membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Tidak Terlalu Banyak Hiasan Dinding

Cara agar rumah terlihat luas berikutnya adalah dengan memastikan dinding ruangan tidak terlalu banyak ornamen atau dekorasi. Dinding yang terlalu ramai dengan hiasan justru membuat ruangan terasa penuh dan sempit. Apabila ingin memasang dekorasi maka pilihlah dekorasi minimalis sebagai pemanis ruangan.

Wallpaper yang memiliki motif terlalu ramai baiknya dihindari. Tidak ada salahnya jika Sobat Citinews memasang wallpaper pada dinding. Akan tetapi sebaiknya pilihlah motif wallpaper yang simpel seperti motif garis yang tidak terlalu rapat atau motif sederhana yang sesuai dengan tema ruangan.

Memilih Karpet dan Lantai dengan Motif yang Tepat

Pemilihan motif karpet juga ternyata dapat mempengaruhi kesan ruangan. Ruangan yang kecil jangan beri karpet yang memiliki motif terlalu berlebihan. Pilihlah karpet yang tidak terlalu lebar dengan motif sederhana.

Selain karpet, Sobat Citinews juga perlu untuk memperhitungkan tentang motif lantai. Keramik dengan motif yang terlalu bergambar tidak cocok untuk rumah mungil. Pilihlah motif garis atau motif polos agar ruangan terlihat bersih dan lega.

Sobat Citinews tidak perlu merasa bingung jika memiliki rumah dengan ukuran kecil. Dengan mengikuti beberapa cara agar rumah terlihat lebih luas yang telah disebutkan di atas, rumah mungil akan terasa lebih luas.
Demikianlah informasi mengenai cara menjadikan rumah agar terlihat luas yang bisa Sobat Citinews ikuti. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Sobat Citinews yang ingin merenovasi rumah atau bahkan membangun rumah.

Sumber

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3945345/9-cara-memoles-rumah-kecil-agar-tampak-luas
https://www.99.co/blog/indonesia/tips-menata-rumah-mungil/
https://www.dekoruma.com/artikel/51938/rahasia-menata-rumah-kecil

Leave a Reply