Tips Memilih Keramik Dinding Teras yang Bikin Rumah Adem

Dinding teras rumah tak selalu hanya dilapisi dengan cat warna warni saja, tetapi juga bisa ditambah dengan keramik. Bagaimana tips memilih keramik dinding teras yang pas agar hunian tampak adem dari depan?

Pilihan keramik untuk dinding lebih banyak dibandingkan untuk lantai. Karena tujuan utamanya adalah untuk dekorasi, maka tak hanya keramik polos saja yang digunakan. Nah, bagi Anda yang masih bingung dalam memilih keramik dinding untuk teras, bisa menyimak tips berikut ini.

Tips Memilih Keramik Dinding Teras yang Pas

Fungsi pemberian keramik dinding teras depan selain sebagai elemen dekoratif juga melindungi dinding dari lumut. Khususnya bagi Anda yang memiliki halaman teras terbuka, membuat air hujan sering merusak dinding.

Keramik yang terbuat dari bahan feldspar, kwarsa, ball clay dan kaolin memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca. Dengan begitu dinding teras akan tampak selalu bersih bahkan perawatan dinding lebih mudah.

Berikut ini beberapa tips memilih keramik dinding teras yang tepat agar rumah Anda tetap terlihat adem.

Pertimbangkan Jenis Tekstur Keramik

Keramik tidak selalu memiliki tampilan yang mengkilap dan halus, ada juga tipe keramik yang memiliki tekstur. Untuk dinding, Anda bisa bisa menggunakan keramik yang bertekstur sebagai dekorasi teras.

Selain itu tujuannya agar sinar matahari yang mengenai dinding tidak membuat area rumah menjadi silau yang mengganggu penglihatan. Anda bahkan bisa mempertimbangkan menggunakan keramik dinding teras batu alam yang sudah pasti bertekstur kasar.

Pilih Motif atau Corak sesuai dengan Desain Rumah

Ini adalah hal paling penting yaitu menyesuaikan motif atau corak keramik dengan desain rumah Anda. Misalnya, Anda memiliki rumah bergaya minimalis, tentu saja keramik dengan motif yang tidak mencolok atau ramai sebaiknya dipilih.

Namun jika Anda memiliki rumah dengan gaya Maroko, keramik dengan motif yang ramai justru sebaiknya digunakan. Jadi sebaiknya kenali dulu desain rumah Anda kemudian baru cocokkan dengan motif keramik.

Sesuaikan Ukuran Teras dengan Ukuran Keramik

Tips memilih keramik dinding teras selanjutnya adalah dengan menyesuaikan ukuran keramik. Ukuran memiliki dampak besar terhadap tampilan teras, apakah akan terasa luas atau justru semakin sempit. Khususnya jika Anda memilih keramik polos tanpa motif.

Jika Anda masih bingung memilih ukuran, sebaiknya pilih ukuran yang cukup umum digunakan yaitu 30X30 atau 40X40 cm. Hindari menggunakan keramik berukuran sampai 100X100, karena selain membuat dinding tampak penuh, proses pemasangan juga sulit.

Pilih Warna yang Sama dengan Gaya Rumah

Murah tidaknya harga keramik dinding teras seringkali juga dipengaruhi oleh warna. Namun jangan hanya tergiur dengan harga murah tapi warna keramik kurang cocok . Pemilihan warna keramik ini sama seperti motif yaitu menyesuaikan dengan gaya rumah.

Tips memilih keramik dinding teras bagi Anda yang memiliki hunian minimalis sebaiknya pilih satu warna. Misalnya saja putih, abu-abu atau justru hitam. Namun jika Anda memiliki hunian dengan gaya pop art, warna terang seperti merah, kuning bahkan hijau lebih cocok.

Pastikan Produknya dari Bahan Berkualitas

Tak hanya warna, saat ini banyak keramik murah namun kualitasnya buruk. Keramik lebih mudah pecah karena bahan yang digunakan dan cara pembuatannya berkualitas rendah. Oleh karena itu sebaiknya Anda membeli keramik dari merk terpercaya yang kualitasnya dapat dibuktikan.

Jangan Lupa Ukur Dinding Terlebih Dahulu

Tips memilih keramik dinding teras selanjutnya adalah sebelum membeli sebaiknya ukur terlebih dahulu berapa luas dinding teras. Dengan begitu saat di toko bangunan Anda tak bingung berapa jumlah keramik yang harus dibeli. Selain itu Anda juga bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Pastikan untuk Survey di Beberapa Tempat

Anda sudah mengetahui ukuran dinding teras, maka perlu juga untuk survey jenis keramik yang diinginkan. Masing-masing tempat pasti memasang harga keramik berbeda, oleh karena itu Anda harus memilih mana toko bangunan yang menjual sesuai kantong dan ketersediaan barangnya.

Memilih keramik untuk dinding teras tidak boleh dilakukan sembarangan agar Anda tidak menyesal setelah pemasangan. Ikuti tujuh tips memilih keramik dinding teras untuk menemukan mana produk yang pas.

Sumber:

https://www.megabuild.co.id/langkah-langkah-pembuatan-keramik/
https://hamilplus.com/keramik-dinding-teras-minimalis/
https://isibangunan.com/tips-memilih-keramik-teras-rumah.html
https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/02/172300476/tips-memilih-keramik-untuk-teras-rumah?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20The%20Spruce%2C%20Rabu,diperlukan%20tekstur%20yang%20tidak%20licin.
https://terasminimalis.com/tips-memilih-keramik-teras-rumah-minimalis-yang-tepat/195.php

Leave a Reply