8 Cara Membuat Rumah Agar Terlihat Asri dan Indah

Tahukah Sobat Citinews cara membuat rumah agar terlihat asri dan indah? Siapa yang tidak ingin menikmati udara yang sejuk dan suasana yang nyaman setelah penat dari aktivitas kerja sehari-hari. Apalagi suasana nyaman ini bisa didapat di rumah. Rumah yang asri membuat penghuninya makin betah di rumah.

Cuaca di luar yang panas setelah seharian bekerja cukup membuat kian penat kepala. Namun hal tersebut segera terobati dengan suasana rumah yang nyaman. Jika Sobat Citinews merasa rumahnya kini tidak asri, jangan terburu merajuk. Anda bisa mengubahnya dengan berbagai tatanan desain simpel untuk menciptakan desain rumah asri dan sejuk.

Cara Membuat Rumah Agar Terlihat Asri serta Indah

Memiliki rumah yang asri tidak selalu mahal. Sobat Citinews bisa menggunakan sedikit trik sederhana yang bisa membuat rumah menjadi asri. Cara membuat rumah agar terlihat asri serta indah terwujud dalam 14 desain sederhana berikut ini:

Area Hijau di Balkon

Sangat sederhana, cara pertama untuk menciptakan rumah yang asri dengan menambah area hijau. Terlebih pada rumah dua lantai yang memiliki balkon atau bahkan rooftop. Manfaatkan lahan terbatas tersebut untuk menciptakan taman kecil dengan aneka tanaman.

Cukup dengan meletakkan pot-pot tanaman dan mengkreasikan dekorasi yang tepat. Sobat Citinews juga bisa menanam tanaman produktif yang bisa dikonsumsi, seperti sayur, tomat, cabai, kemangi dan sebagainya.

Dekorasi Rak Tanaman

Jika tak memiliki balkon, sebagai cara membuat rumah agar terlihat asri dan indah, Sobat Citinews bisa memanfaatkan lahan terbatas dengan menggunakan rak tanaman. Kreasikan dekorasi rak tanaman dari kayu atau besi untuk menciptakan area hijau di rumah. Rak tanaman ini bisa diletakkan di mana saja di sudut rumah. Bisa di dapur, atas meja, sudut ruang tamu atau menggantungnya.

Lahan Kecil Berumput

Jika ada sedikit saja bidang tanah yang kosong di halaman, Sobat Citinews bisa memanfaatkannya menjadi taman depan rumah sederhana. Tambahkan tanaman hias atau tumbuhan apa saja di tepiannya. Area ini bisa menjadi sudut ternyaman di rumah. Terlebih jika lengkap dengan dekorasi taman seperti kursi taman lampu dan kolam ikan kecil.

Dekorasi Tanaman Bambu

Lahan kosong hanya menyisakan sedikit tempat untuk tanaman? Tenang, Sobat Citinews bisa memanfaatkan tanaman pembawa keberuntungan yakni bambu. Tanaman ini juga berfungsi sangat baik menyaring udara serta suara. Bambu hias yang berbatang kecil sangat mudah dirawat dan pastinya membuat suasana rumah kian nyaman.

Membuat Vertical Garden

Bahkan dengan lahan terbatas, Sobat Citinews masih memiliki cara membuat rumah agar terlihat asri dan indah. Caranya dengan menciptakan vertikal garden atau taman vertikal dengan rak penyanggah. Dengan satu rak vertikal dapat menampung puluhan tanaman dalam pot. Jadi tidak ada alasan tidak cukup lahan untuk area hijau.

Gunakan Dinding Bata Ekspos

Cara membuat rumah agar terlihat asri dan Indah dengan cara sederhana bisa dengan mengaplikasikan bata ekspos. Penggunaan bata ekspos di area tertentu, misalkan teras dapat menghadirkan suasana alam yang nyaman. Tinggal menambah sedikit tanaman hijau untuk kian menambah suasana asri di rumah.

Menambah Sentuhan Gemericik Air

Suasana alam identik dengan tanaman hijau, udara sejuk dan suara gemericik air. Menambahkan kolam ikan kecil saja di suatu sudut dapat memberi kesan yang sangat nyaman. Apalagi ada suara gemericik yang membuat rumah seperti ada di kawasan pegunungan. Adanya kolam ikan ini juga bisa membuat anak-anak betah.

Pintu dan jendela lebar

Sudah memiliki taman dan kolam yang menawan dengan halaman rumah minimalis, Sobat Citinews perlu memberikan akses yang luas pada untuk bisa menikmatinya. Membuat pintu dan jendela yang lebar sehingga para penghuni rumah dapat dengan mudah melihat dan menikmatinya. Udara sejuk jadi makin mudah masuk ke dalam rumah.

Itu dia cara membuat rumah agar terlihat asri dan indah dengan cara sederhana. Kemampuan mengolah artistik dengan memanfaatkan lahan terbatas menjadi kunci untuk menciptakan rumah asri dan sejuk.

Sumber:

https://m.brilio.net/amp/rumah/10-cara-simpel-bikin-rumahmu-seasri-di-taman-adem-dan-bikin-betah-171214w.html
https://www.rumah.com/panduan-properti/9-desain-rumah-asri-14058
https://www.popmama.com/amp/life/home-and-living/arrafina-muslimah/tips-jitu-menyulap-tanaman-rumah-yang-sempit-menjadi-taman-asri

Leave a Reply