6 Cara Plamir Dinding Rumah, Dijamin Cat Dinding Tahan Lama!

Cara plamir dinding rumah mudah diterapkan, usahakan hati-hati saat plamir dinding. Jangan sampai terburu-buru karena memicu keretakan pada dinding. Proses plamir berfungsi menghaluskan permukaan dinding dan menutupi bagian dinding yang berlubang.

Cara Plamir Dinding Rumah

Walaupun tembok rumah Anda tidak rata, plamir bisa menutupi bagian tersebut . Sobat citinews bisa plamir sendiri atau menyerahkannya pada pekerja bangunan agar hasilnya memuaskan.

Cara Plamir Dinding Rumah yang Benar

Sebelum melakukan plamir, Sobat citinews bisa menyiapkan alat untuk plamir tembok. Dengan begitu plamir cepat selesai karena alatnya lengkap. Berikut ada cara plamir dinding rumah yang benar, dijamin cat dinding awet dan tak mudah retak:

Membersihkan Dinding

Sobat citinews harus membersihkan dinding dari kotoran agar plamir mudah dilakukan. Dinding harus bersih dari sisa semen adukan maupun cat dinding lama. Gunakan amplas untuk membersihkan kotoran, untuk membersihkan cat dinding lama bisa dikupas perlahan.

Plamir Tembok Disiapkan

Bahan plamir mudah ditemukan di toko bangunan, bahkan Sobat citinews bisa menggunakan plamir tembok aplus. Jika Sobat citinews ahli material bangunan, bisa membuat plamir sendiri.

Bahan utama plamir meliputi campuran kalsium , lem dan air secukupnya. Sesuaikan air dan campuran kalsium dengan luas tembok yang di plamir, dengan begitu tidak terlalu kental maupun encer. Sobat citinews bisa mencari referensi cara plamir dinding rumah di internet jika masih ragu.

Tahapan Plamir Tembok

Saat plamir tembok, jangan lupa menambah kalsium. Fungsi kalsium untuk plamir menentukan apakah plamir berhasil atau tidak, selain itu menambah volume dari plamir dan lebih cepat halus.

Tetapi, berikan kalsium secukupnya agar tidak mengurangi manfaatnya. Poin ke 3 ini, Sobat citinews harus menyiapkan tahapan plamir tembok. Luangkan waktu agar proses plamir berjalan lancar.

Sobat citinews harus menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan plamir. Sobat citinews bisa menggunakan kape atau alat untuk mengupas cat dinding agar dinding bersih, alat itu multifungsi karena bisa digunakan untuk mengoles plamir.

Oleskan plamir dengan pola dari atas ke bawah sehingga hasil plamir lebih rata dan halus. Jangan lupa memperhatikan pori-pori dinding sudah tertutup atau belum. Anda bisa mengulanginya sampai pori-pori tertutup rapat.

Biarkan Plamir Tembok Mengering

Cara plamir dinding rumah selanjutnya cukup simple, biarkan plamir cmengering agar bahan plamir menyerap ke tembok. Umumnya, plamir mengering sekitar 24 jam, walaupun Sobat citinews melakukan plamir untuk proyek bangunan tak boleh terburu-buru.

Usahakan memberiarkan plamir kering terlebih dahulu. Alasannya, plamir belum kering tetapi sudah di amplas membuat olesan plamir ikut terkelupas. Lebih baik menunggu dan mendapat hasil maksimal.

Lakukan Amplas dengan Benar

Sobat citinews ingin plamir tembok luar rumah? Sobat citinews bisa menerapkan cara plamir dinding rumah bagian dalam. Pasalnya caranya sama, bahkan plamir dinding luar rumah lebih cepat kering.

Setelah plamir mengering, lakukan amplas dengan benar. Caranya mudah, siapkan kertas amplas yang teksturnya halus. Pasalnya amplas tekstur kasar membuat plamir terkelupas.

Selanjutnya, siapkan bahan untuk mengamplas. Gosokkan secara perlahan namun pasti. Lakukan plamir pada satu bidang terlebih dahulu, barulah ke bidang selanjutnya. Jangan lupa amplas seluruh tembok agar pengerjaan plamir lancar.

Cek Hasil Plamir

Langkah terakhir adalah mengecek hasil plamir. Anda bisa mengulanginya beberapa kali, bahkan bisa melihat tutorial cara plamir dinding rumah.

Setelah memastikan hasil plamir sudah rata, Sobat citinews bisa mengecat dinding. Proses pengecatan dijamin lancar karena proses plamir dilakukan benar, Sobat citinews bisa menerapkannya di rumah sendiri atau saat bekerja.

Sahabat bisa membeli plamir yang berkualitas agar hasilnya maksimal. Banyak merk plamir sehingga bisa dipilih sesuai selera, Sobat citinews bisa membeli di toko bangunan terdekat karena tersebar luas di berbagai penjuru.

Cara plamir dinding rumah bisa diterapkan siapa saja karena prosesnya mudah. Pastikan Anda plamir dengan benar agar hunian semakin indah. Sobat citinews bisa menerapkan ulasan diatas secara bertahap.

Sumber:

https://www.99.co
m.dekoruma.com
www.bangunrenov.com

Latest Comments

Leave a Reply