7 Tahapan Membangun Rumah dari Nol Secara Umum

Ingin membangun rumah sendiri? Sobat Citinews bisa meminta bantuan dari jasa kontraktor yang tahu betul bagaimana tahapan membangun rumah dari nol. Membangun sendiri bukan berarti semua tahapannya tidak dibantu oleh ahlinya.

7 Tahapan Membangun Rumah dari Nol Secara Umum

Ketika memiliki sebidang tanah dan ingin membangun rumah di atasnya, jasa kontraktor akan membantu dari awal seperti persiapan hingga finishingnya. Ada urutan pekerjaan membangun rumah yang perlu diperhatikan supaya struktur bangunan kokoh. Belum lagi soal pembangunan yang sesuai dengan biaya.

7 Tahapan Membangun Rumah dari Nol

Sebagai panduan, Sobat Citinews bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini. Semua dilakukan dari nol yaitu persiapan.

Persiapan anggaran dan desain

Langkah pertama yang harus diketahui adalah pembuatan desain dan juga anggarannya. Sobat Citinews bisa membuat rumah sesuai desain atau menyesuaikan dengan budget. Jika bekerja sama dengan jasa kontraktor maka mereka akan menawarkan dua alternatif cara membangun rumah sendiri tersebut.

Pada tahapan ini pula semua rincian mengenai jumlah material yang akan dikenakan, biaya terperinci keseluruhan dan desain yang detail dibutuhkan. Apabila tidak menggunakan jasa kontraktor, bisa juga meminta arsitektur untuk membuat desain. Sisanya Sobat Citinews bisa menghitung biaya sendiri. Dengan begitu akan lebih murah.

Pengurusan IMB

Setiap tahapan membangun rumah dari nol harus dimulai juga dengan memiliki Izin Mendirikan Bangunan atau IMB. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi masalah sengketa di masa depan karena pembangunan sudah sesuai prosedur dan memiliki izin.

Tak hanya itu aja, dalam pembangunan ada beberapa aturan pemerintah yang harus dipatuhi. Jadi seandainya desain yang diajukan ternyata tidak sesuai maka harus dibuat revisi. Proses pengajuan IMB membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga biaya.

Persiapan lahan

Apabila urusan IMB sudah berjalan baik, maka tahapan selanjutnya adalah membersihkan lahan untuk pembuatan pondasi. Misalnya saja tanah yang digunakan adalah bekas sawah, maka perlu untuk mengurug sebelum dibangun rumah.

Baik itu cara membangun rumah secara bertahap atau rumah mewah semua harus memiliki struktur tanah yang tepat. Karena ada posisi batas tanah dan bisa juga material yang ada di lahan tersebut akan mengganggu proses pembangunan.

Pembuatan pondasi

Saatnya pekerjaan konstruksi dimulai yaitu membuat pondasi. Apa saja yang termasuk pembuatan pondasi adalah meratakan permukaan tanah sehingga rumah memiliki ketinggian sesuai rencana.

Kemudian pondasi rumah bisa dibuat dari batu kali sesuai dengan perencanaan sipil.

Tahapan membangun rumah dari nol tak pernah melewatkan pondasi, karena bagian inilah yang akan memastikan bangunan akan berdiri dengan kokoh.

Pembuatan struktur dan dinding

Pekerjaan ini cukup memakan waktu karena disinilah bangunana akan diberdirikan. Apalagi tahapan membangun rumah 2 lantai dengan ukuran besar. Struktur dimulai dari pembuatan balok struktur seperti sloof, kolom ring ring balk.

Baru setelahnya adalah pembangunan dinding dengan perencanaan penempatan pintu dan jendela. Tahapan pembuatan dinding termasuk memasang batako atau material dinding. Kemudian plesteran atau pemasangan keramik sesuai desain.

Pembuatan dinding ini juga dibarengi dengan plumbing atau pemasangan saluran pipa air dan juga listrik dasar. Tujuannya agar tidak rusak ketika finishing nanti.

Pemasangan atap

Tahapan membangun rumah dari nol yang selanjutnya adalah membuat rangka atap dan rangka untuk plafon. Baik itu dari rangka kayu atau baja ringan bisa disesuaikan dengan perencanaan awal. Apabila rangka sudah selesai baru pemasangan penutup atap atau genteng.

Ketika sebuah bangunan rumah sudah lengkap dari atap, dinding dan pondasi barulah plafon bisa dipasang. Kemudian instalasi listrik dan pemasangan sanitary bisa dilakukan seperti wastafel, kran, dan aksesoris rumah lainnya.

7.Finishing

Pekerjaan finishing bisa dikatakan adalah yang paling lama karena banyak aspek yang harus dikerjakan. Mulai dari memasang komponen interior yang melekat seperti lantai, sink, shower dan sejenisnya. Pekerjaan finishing dinding seperti pengecatan juga dilakukan dalam tahapan finishing.

Melalui ke tujuh tahapan membangun rumah dari nol ini Sobat Citinews bisa mengontrol dengan benar prosesnya. Jadi walaupun diserahkan pada kontraktor tentu tidak luput dari perhatian pemilik rumah. Supaya rumah diselesaikan bagus dan tepat waktu.

Sumber:

https://rumahlia.com/desain/tahapan-membangun-rumah-dari-awal
https://verdant.id/artikel/arsitektur/3-tahap-pembangunan-rumah-tinggal/
https://jawaracorpo.com/Tahapan-Pembangunan-Rumah.html
https://wurk.net/10-tahapan-membangun-rumah/

Latest Comments

Leave a Reply