Cara Hemat Listrik Token Tanpa Alat Penghemat Tambahan

Sobat Citinews bisa menerapkan cara hemat listrik token agar pengeluaran bisa lebih ditekan lagi. Pemakaian listrik yang berlebihan tentu akan membuat biaya bulanan untuk membayar listrik semakin besar. Terlebih dalam kondisi sekarang ini, harus lebih efisien dalam mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-hari. Dengan cara ini diharapkan pengeluaran untuk listrik dapat ditekan semaksimal mungkin.

hemat biaya listrik token

Di internet, banyak dibagikan cara memperlambat meteran listrik token dengan metode tertentu. Namun Sobat Citinews harus tau, bahwa cara yang dibagikan termasuk tindakan kecurangan. Daripada nantinya bermasalah dengan pihak PLN, lebih baik memanfaatkan kode token pulsa listrik gratis atau beberapa cara di bawah ini.

Cara Hemat Listrik Token Tanpa Alat Penghemat Tambahan

Daripada mengaplikasikan cara mengakali listrik prabayar supaya hemat yang berbahaya, beberapa cara di bawah ini jauh lebih baik untuk dilakukan. Cocok untuk Sobat Citinews yang sedang bermasalah dengan pengeluaran untuk listrik yang membengkak setiap bulannya.

Matikan Barang Elektronik Saat Tidak Dipakai

Salah satu cara hemat listrik token yang paling mudah dilakukan yakni dengan mematikan barang elektronik saat tidak digunakan. Mematikan lampu kamar, kipas angin ataupun magic com setelah digunakan sangat efektif untuk menekan biaya listrik token.

Sobat Citinews bisa mengatur sendiri kapan barang elektronik boleh dinyalakan dan tidak. Dengan cara itu, penggunaan akan lebih efektif dan tentunya bisa berhemat. Beberapa barang elektronik dengan konsumsi listrik tinggi seperti AC, lampu, pompa air atau yang lainnya, harus dipakai secara bijak.

Gunakan Laptop Untuk Bekerja

Sobat Citinews tentu tahu, penggunaan listrik oleh laptop dan PC sangat berbeda. Dimana dengan menggunakan laptop, listrik akan jauh lebih sedikit yang terpakai. Dibandingkan dengan PC yang membutuhkan daya yang besar serta lebih banyak penggunaan listriknya.

Cara hemat listrik token ini bisa diterapkan bagi Sobat Citinews yang seringkali harus bekerja dari rumah dan tidak ingin pengeluaran listrik membengkak.

Gunakan Setrika Otomatis

Setrika yang saat ini banyak digunakan dibedakan menjadi dua jenis, manual dan otomatis. Untuk setrika manual, Sobat Citinews harus menurunkan sendiri suhu setrika ketika sudah terlalu panas.

Berbeda dengan setrika otomatis yang akan otomatis mati saat suhu sudah mencapai batas tertentu.

Dengan teknologi ini, setrika tidak terus menerus membutuhkan daya listrik. Dan pada akhirnya, penggunaan daya akan lebih sedikit. Sobat Citinews tidak perlu lagi menggunakan alat penghemat listrik token atau apapun.

Gunakan Kode Irit Listrik Token

Tak banyak yang tahu bahwa di meteran listrik PLN, penggunanya bisa menerapkan beberapa kode khusus. Kode ini bisa digunakan untuk mengetahui daya yang terpakai hingga mengecek kapan terakhir kali pengisian.

Dari data yang didapatkan itu, Sobat Citinews bisa menganalisa, apakah penggunaan listrik pada bulan ini membengkak atau tidak. Jika dirasa penggunaan membengkak, bisa menerapkan cara hemat listrik token agar penggunaannya bisa menurun.

Manfaatkan Token Listrik Gratis

Beruntung jika Sobat Citinews memiliki token listrik gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menekan pengeluaran biaya listrik bulanan. Token listrik gratis ini biasanya didapatkan dari bonus pembelajaran ataupun dari pemerintah melalui PLN itu sendiri.

Atur Daftar Penggunaan Barang Elektronik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan listrik yang berlebihan menjadi pemicu utama pembengkakan biaya bulanan. Maka dari itu, Sobat Citinews harus mulai membiasakan diri untuk mengatur daftar penggunaan barang elektronik.

Sebagai salah satu cara hemat listrik token tanpa menggunakan alat penghemat listrik.

Terlebih untuk barang-barang seperti televisi ataupun AC yang membutuhkan daya listrik tinggi. Jika terus menerus digunakan sepanjang hari, tentu sulit untuk menghemat listrik.

Gunakan Lampu LED

Sebagian besar Sobat Citinews pasti sudah tahu bahwa lampu LED lebih rendah penggunaan listriknya dibandingkan dengan lampu bohlam. Dari segi harga, memasang lampu LED lebih mahal, namun barang tentu lebih unggul dalam hal kecerahan dan masa pakainya.

Cara hemat listrik token yang dibagikan kali ini sangat mudah untuk dilakukan. Sobat Citinews tidak perlu menggunakan alat penghemat listrik yang justru akan membahayakan keselamatan untuk diri kita dan keluarga.

Referensi

https://mamikos.com/info/terbukti-cara-ampuh-menghemat-listrik-token-pulsa/
https://lifepal.co.id/media/cara-menghemat-listrik-yang-simpel/
https://www.sepulsa.com/blog/pulsa-listrik-boros-ikuti-8-cara-berhemat-ini

Leave a Reply