Cara Membangun Rumah 2 Lantai Dengan Biaya Murah Paling Hemat

Membangun rumah 2 lantai sudah pasti menjadi idaman bagi setiap orang, karena rumah 2 lantai dapat menghemat tanah yang kita miliki. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah.

Cara Membangun Rumah 2 Lantai

Kebanyakan orang hanya fokus pada pembangunan saja, namun kerap kali tidak memperhatikan anggarannya. Padahal mereka bisa mendapatkan rumah 2 lantai dengan kualitas bagus namun dengan biaya yang lebih optimal.

Adapun mengenai biaya bangun rumah 2 lantai tergantung dari luas bangunan yang akan Sobat Citinews buat. Sehingga Sobat Citinews perlu menghitung luas bangunan terlebih dahulu untuk menentukan biaya pembangunan rumah 2 lantai.

Namun tenang saja, jika Sobat Citinews mengetahui tips dan cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah ini, Sobat Citinews tidak perlu terlalu khawatir akan melambungnya anggaran yang dibutuhkan nanti.

Cara Membangun Rumah 2 Lantai Dengan Biaya Murah

Sudah dipastikan bahwa anggaran yang dibutuhkan setiap rumah 2 lantai berbeda-beda, hal ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tipe rumah, bahan bangunan yang digunakan, konsep rumah, dan lain sebagainya.

Sobat Citinews bisa mengetahui apa saja yang perlu Sobat Citinews perhatikan agar dapat membangun rumah 2 lantai dengan optimal. Berikut adalah cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah:

Susunlah Rencana yang Matang

Tidak bisa dipungkiri bahwa menyusun rencana yang matang adalah salah satu cara agar Sobat Citinews bisa mendapatkan rumah 2 lantai dengan biaya murah. Ketahui apa saja yang Sobat Citinews butuhkan dan riset sebaik mungkin mengenai rumah yang akan dibangun.

Sobat Citinews juga bisa bertanya-tanya kepada orang yang mungkin memiliki tipe rumah serupa atau kepada yang berpengalaman mengenai hal ini. Jika sudah, maka Sobat Citinews bisa mengeksekusi untuk pembangunan.

Pilih Konsep atau Desain Rumah yang Tepat

Desain rumah 2 lantai sederhana terbukti memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan desain rumah 2 lantai yang sedikit rumit. Oleh karena itu, jika Sobat Citinews memiliki budget yang sedikit, saya sarankan untuk memilih konsep rumah sederhana. Sebagai referensi Sobat Citinews bisa melihat konsep rumah 2 lantai sederhana ala bangunan Jepang. Meskipun sederhana namun tetap indah.

Susun Denah Dengan Baik

Cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah selanjutnya adalah dalam menyusun denah juga tidak boleh sembarangan, Sobat Citinews harus memastikan bahwa tanah yang Sobat Citinews miliki dapat digunakan dengan optimal.

Apabila Sobat Citinews tidak memperhatikan penyusunan denah dengan baik, bisa saja tanah yang seharusnya digunakan untuk taman namun justru turut dibangun rumah. Hal ini tentu memakan biaya lagi ketimbang biaya untuk dekoratif taman.

Sesuaikan Bahan Material Bangunan

Gunakan bahan material yang sesuai saja agar Sobat Citinews bisa mendapatkan rumah 2 lantai dengan murah, karena bahan material yang terlalu mahal akan membuat anggaran membengkak. Jadi bijaklah dalam menentukan bahan material bangunan.

4 poin di atas merupakan cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah yang mungkin bisa Sobat Citinews pertimbangkan ketika ingin membangun rumah 2 lantai. Lalu bagaimana caranya menghitung biaya bangun rumah 2 lantai per meter?

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Per Meter Dengan Mudah
Caranya mudah kok! Asumsikan Sobat Citinews memiliki rumah dengan luas 100m². Rinciannya seperti berikut:

  • Luas lantai dasar adalah 100m²
  • Luas lantai adalah 100m²
  • Luas pondasi adalah 50m²
  • Luas atap adalah 50m²

Kemudian kita bisa merujuk ke biaya konstruksi di daerah Jakarta dengan rincian seperti berikut:

  • Harga satuan konstruksi mentah berkisar Rp. 1.700.000 – Rp. 1.950.000 m²
  • Total biaya konstruksi berkisar Rp. 2.600.000 – Rp. 4.200.000 m²
    Dari data di atas dapat diambil kesimpulan mengenai biayanya yaitu:
  • Biaya Konstruksi mentah (total kalkulasi): (100+ 100 + 50 + 50 meter persegi) x Rp1.700.000 = Rp510.000.000
  • Total biaya konstruksi (total kalkulasi): (100 + 100 + 50 + 50 meter persegi) x Rp2.600.000 = Rp780.000.000

Setelah memahami cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah serta cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai, orang seringkali bertanya mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah 2 lantai ini?

Jawabannya tergantung berdasarkan tipe dan konsep rumah Sobat Citinews serta faktor lainnya. Sobat Citinews bisa komunikasikan hal ini dengan baik kepada konstruktor bangunan untuk lebih jelasnya.

Itulah cara membangun rumah 2 lantai dengan biaya murah. Siapkah Sobat Citinews untuk membangun rumah impianmu sekarang?

Referensi:

  1. https://www.cermati.com/artikel/desain-rumah-minimalis-dua-lantai-dan-tips-membangunnya-dengan-biaya-murah
  2. https://www.99.co/id/panduan/biaya-bangun-rumah-2-lantai
  3. https://www.shopback.co.id/katashopback/ini-dia-perkiraan-hitungan-biaya-bangun-rumah-2-lantai-minimalis

Leave a Reply