Pengertian Bahan Bangunan Tahan Api beserta Jenisnya

Mungkin sebagian Sobat Citinews sudah paham pengertian bahan bangunan tahan api, tapi sebagian lain mungkin masih belum tahu bahan apa saja yang termasuk dalam bahan bangunan tahan api.

bahan bangunan tahan api

Menggunakan bahan bangunan tahan api artinya menggunakan bahan bangunan dengan fitur desain yang menolak exposure api dan bara. Dengan begitu, bangunan memiliki risiko kecil terjadi kebakaran. Hal ini menjadi solusi efektif untuk mengurangi kasus bangunan kebakaran yang seringkali terjadi.

Tak sedikit orang yang memiliki bangunan rumah takut terjadi kebakaran, karena hal tersebut bahaya bagi nyawa serta dapat menyebabkan kerugian besar. Oleh sebab itu, dibuatlah bahan bangunan yang memiliki sifat tahan api. Sebelum mengetahui lebih lanjut, ada baiknya Sobat Citinews benar-benar memahami pengertian bahan bangunan tahan api serta bahan bangunan apa saja yang memiliki sifat tahan api.

Awal Mula Bahan Bangunan Tahan Api

Pengertian bahan bangunan tahan api sudah bisa Sobat Citinews pahami ya? Sekarang kita bahas sedikit tentang sejarah atau awal mula bahan bangunan tahan api. Jenis bahan bangungan ini mulai ada sejak banyak orang memikirkan untuk membuat rumah yang tahan dari api dan mengurangi risiko kebakaran.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2018 tepatnya bulan Agustus, kebakaran hutan besar terjadi di California dan menghancurkan banyak rumah serta bangunan di sekitar. Hal ini juga menarik untuk diujicobakan, seperti yang dilakukan oleh Insurance Institute for Business and Home Safety, dimana mereka membuat bangunan di Richburg, South Carolina.

Dibuatlah dua tipe bangunan, yang satu bangunan biasa dan satu lagi dibangun dengan bahan bangunan tahan api. Kedua bangunan tersebut diuji dengan kipas besar dan generator batubara.

Hasilnya, dalam jumlah bara serta kekuatan angin yang sama, bangunan biasa lebih cepat terbakar dibandingkan dengan bangunan tahan api. Dari situlah pengertian bahan bangunan tahan api mulai tercipta, dimana material tersebut memang didesain untuk menolak eksposur bara dan api.

Setelah mengetahui pengertian bahan bangunan tahan api, Sobat Citinews juga perlu mengetahui bangunan apa saja yang memang memiliki sifat tahan api. Pasalnya ada banyak bahan bangunan yang memiliki sifat ketahanan pada api yang bisa digunakan untuk membangun rumah guna mengurangi risiko kebakaran.

Adapun berikut ini merupakan beberapa bahan bangunan yang tahan api yang bisa Sobat Citinews ketahui, di antaranya yaitu:

Sesuai dengan pengertian bahan bangunan tahan api, di mana materialnya memang didesain khusus anti api, seperti kaca anti api ini. Jadi tidak semua kaca mempunyai sifat tahan api, karena kaca biasa dapat memuai atau pecah ketika terpapar panas atau api.

  • Kaca Anti Api

Oleh sebab itu, saat Sobat Citinews memilih kaca untuk bangunan, pilihlah kaca berkualitas tinggi, yaitu kaca khusus tahan api. Biasanya kaca ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kaca biasa.

  • Beton

Banyak yang bertanya, apakah beton tahan api? Ya, pasalnya beton memang memiliki sifat tahan api serta tahan lama dibandingkan dengan material bangunan lainnya. Makanya tidak heran jika banyak orang orang memilih beton dibandingkan yang lain.

Beton dapat dijadikan sebagai bahan material dinding tahan api dalam membangun infrastruktur. Material tersebut juga lebih kuat dibandingkan kayu, triplek dan lainnya.

  • Baja Ringan

Salah satu material tahan panas untuk bangunan yang seringkali digunakan yaitu baja ringan. Material ini sering dijadikan untuk membuat infrastruktur mantap karena sifatnya yang tahan api sehingga tidak perlu menggunakan kayu untuk atap rumah, mengingat kayu lebih mudah dan alami.

Baja ringan juga dinilai lebih kuat dibandingkan kayu. Namun Sobat Citinews juga perlu pintar saat memilih material ini. Pilihlah baja ringan berkualitas tinggi dan memiliki ketahanan yang kuat agar tahan lama.

Salah satu bahan bangunan rumah yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu bata ringan. Selain ringan dan kuat, bata ringan juga memiliki sifat tahan api. Hal ini dikarenakan bata ringan mempunyai kemampuan menyerap suhu panas. Dengan menggunakan material ini, setidaknya rumah Sobat Citinews dapat terhindar dari kebakaran.

Itulah pengertian bahan bangunan tahan api beserta bahan bangunan apa saja yang memiliki sifat tahan api yang bisa Sobat Citinews ketahui.

Sebelum memulai bangunan rumah, ada baiknya Sobat Citinews memilih bahan bangunan yang tahan api. Jangan lupa pula perhatikan konstruksi bangunan, untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Leave a Reply