Bebas Jamur! Ini 5 Cara Mengatasi Dinding Lembab

Masalah dinding basah selalu mengganggu pemilik rumah, karena berawal dari dinding yang lembab jamur pun akan tumbuh. Apakah cara mengatasi dinding lembab yang bisa Sobat Citinews lakukan? Apakah biayanya cukup mahal?

mengatasi dinding basah

Mengetahui penyebab dinding lembab adalah langkah awal yang harus dilakukan. Biasanya dinding lembab disebabkan oleh kebocoran pipa air yang ditanam bisa juga karena talang dalam dinding yang mampet. Jika masalahnya adalah kedua hal ini maka membongkar dinding dan mengatasi kebocoran adalah jalan terbaik.

Cara Mengatasi Dinding Lembab dengan Mudah

Tanpa membongkar atau mengatasi sumber air yang membuat dinding basah, maka jamur akan terus muncul. Namun apabila sumber kebocoran sudah diatasi maka sisanya tinggal memperbaiki kelembaban saja. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rembesan, lembab, hingga jamur. Berikut ini beberapa cara mengatasi dinding lembab yang bisa Sobat Citinews ikuti.

Menutup dinding dengan alumunium foil

Cara mengatasi dinding lembab dengan wallpaper adalah salah, karena wallpaper terbuat dari kertas yang justru akan mudah rusak ketika ditempelkan pada dinding yang basah. Sebaiknya pergunakan aluminium foil yang bisa digunakan untuk mengeluarkan air pada dinding.

Cara menggunakannya adalah cukup tempelkan alumunium foil pada permukaan dinding secara menyeluruh. Kemudian diamkan selama 24 jam baru dibuka, maka akan muncul titik-titik air di permukaan aluminium foil.

Ulangi cara ini hingga tidak ada lagi titik air yang muncul setelah alumunium foil dibuka. Artinya dinding sudah bebas dari kelembaban.

Menghilangkan bekas jamur dengan air dan cuka

Ketika dinding dibiarkan lembab atau basah terlalu lama maka permukaan cat akan mengelupas jamur pun akan bertambah banyak. Cara mengatasi dinding lembab yang sudah mencapai tahap kerusakan ini bisa menggunakan cuka dan air.

Langkahnya dimulai dari mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Semprotkan larutan ke permukaan dinding, tunggu beberapa menit kemudian gunakan scrape untuk mengelupas jamur serta cat. Lakukan hingga semua permukaan menjadi bersih.

Terakhir dinding bisa diberikan semen putih atau plamir sehingga tampilannya bisa kembali seperti baru. Sobat Citinews baru bisa mengecat dinding setelah kering.

Membersihkan jamur dan cat mengelupas dengan kaporit

Kaporit yang merupakan bahan pemutih bisa juga digunakan untuk mengatasi dinding yang berjamur akibat lembab. Bahan ini digunakan sebagai pengganti air dan cuka. Klorin atau kaporit akan membasmi semua jamur yang tumbuh di dinding dan mencegahnya tumbuh kembali.

Karena kaporit adalah bahan yang keras, kenakan sarung tangan karet terlebih dahulu. Supaya kulit tidak iritasi karena mengaplikasikannya. Cara mengatasi dinding mengelupas menggunakan kaporit bisa langsung disemprotkan ke permukaan.

Sikat terlebih dahulu jamur agar rontok kemudian bersihkan sisanya dengan scrape. Kenakan juga kacamata agar ketika menyikat dinding tidak ada cipratan cairan yang masuk ke mata. Baru setelah itu diamkan dinding dan bisa diberikan lapisan cat baru.

Mengamplas permukaan dinding

Ketika permasalahannya adalah cat mengelupas saja dan dinding lembab, Sobat Citinews bisa mengambil langkah pengamplasan saja. Cara mengatasi dinding lembab ini cukup efektif jika kesulitan mendapat kaporit atau cuka. Amplas yang digunakan adalah amplas kasar bisa nomor 100.

Amplas kasar ini akan merontokkan jamur dan juga cat yang sudah mengelupas. Ketika mengamplas tangan akan terasa panas, jadi pergunakanlah sarung tangan karet demi keamanan. Jika amplas sudah mulai aus jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru.

Mengaplikasikan cat anti bocor

Cara mengatasi dinding rembes yang terakhir adalah memanfaatkan cat anti bocor yang biasanya digunakan pada atap rumah. Cat anti bocor memiliki kandungan bahan seperti karet yang akan mencegah rembesan dari luar rumah masuk.

Untungnya cat anti bocor memiliki banyak pilihan warna dan bisa disesuaikan dengan desain ruangan. Supaya efektif, Sobat Citinews harus menggunakannya pada dinding dalam dan luar rumah. Jadi jangan hanya mengaplikasikan pada dinding dalam ruangan saja.

Kini tak ada lagi dinding berjamur atau cat yang mengelupas, dengan mengikuti semua cara mengatasi dinding lembab di atas, dinding rumah akan lebih bersih. Sobat Citinews tinggal memilih warna cat dinding mana yang bisa diaplikasikan.

Leave a Reply