Pasti Ampuh, Inilah 8 Cara Mengatasi Dinding Bergaram

Apakah di rumah atau kantor Sobat Citinews mengalami masalah dinding bergaram? Sobat Citinews harus mengetahui cara mengatasi dinding bergaram agar masalah tersebut cepat teratasi. Dinding memiliki peranan penting untuk sebuah bagunan, baik berupa rumah kantor ataupun yang lainnya. Keberadaannya yang melapisi tembok memberikan keindahan tersendiri saat dicat dengan warna yang sesuai.

8 Cara Mengatasi Dinding Bergaram
image : shutterstock

Dinding yang bermasalah bukan hanya akan mengganggu aktivitas, bisa juga akan merusak dinding secara keseluruhan nantinya. Masalah dinding bergaram ini ditandai dengan munculnya butiran kecil yang memiliki warna putih, bentuknya mirip dengan garam. Masalah ini biasanya disebabkan karena tingkat kelembaban di area sekitar yang tinggi. Berikut ini cara mengatasi tembok keluar garam yang efektif untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Dinding Bergaram

Jika dinding rumah atau kantor Sobat Citinews mengalami masalah ini, sebaiknya segera untuk diatasi. Cara mengatasi dinding bergaram terdiri dari beberapa langkah. Yuk simak informasi selengkapnya.

Gunakan Sabun Cuci Piring

Sobat Citinews bisa mengatasi dinding bergaram dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Caranya dengan menuangkan sabun tersebut ke air hangat, banyaknya disesuaikan dengan luas dinding yang bergaram.

Kemudian gosok dinding menggunakan kuas atau sikat plastik yang kaku dengan terlebih dahulu menyiram dinding dengan air sabun tadi. Selalu bersihkan kembali kuas atau sikat setiap kali digunakan untuk menggosok.

Bersihkan Dinding

Setelah digosok secara merata, bersihkan dinding menggunakan air bersih hangat. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel pada dinding. Sobat Citinews bisa menggunakan busa spon atau kain untuk membersihkan kotoran.

Jika ingin menggunakan alat lain tidak masalah, asalkan semua sisa sabun ataupun kotoran yang masih menempel bisa hilang. Cara mengatasi dinding bergaram akan efektif jika tahap ini dilakukan dengan baik.

Keringkan Dinding

Cara mengatasi dinding bergaram selanjutnya, Sobat Citinews perlu memastikan dinding kering. Proses ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, tergantung seberapa luas dinding yang bermasalah.

Gunakan kipas angin atau alat lain yang dapat mempercepat proses pengeringan. Setelah itu, dinding digosok menggunakan kuas untuk membersihkan lapisan pengkristalan garam yang mungkin masih tersisa.

Basahi Dinding

Proses ini berguna supaya batu-bata nantinya tidak banyak menyerap cairan kimia. Karena setelah proses ini, akan dilakukan treatment kimiawi sebagai salah satu cara mengatasi dinding berkapur. Sobat Citinews bisa menggunakan busa spon ataupun penyemprot air agar lebih cepat dalam proses pembasahan.

Campurkan Air dan bahan lain

Tahap selanjutnya, Sobat Citinews harus mencampurkan air bersama dengan larutan cuka putih, ambil perbandingan 1 : 1. Setelah itu, tetes trisodium phosphate bisa langsung dituangkan ke air hangat dalam wadah.

Fungsi asam cuka ini bermanfaat untuk mengatasi kandungan alkali yang ada pada dinding serta menetralkan ph di bagian tersebut. Sementara trisodium phosphate, berguna untuk mencegah jamur yang tumbuh di dinding.

Gosok Dinding

Setelah proses pencampuran air dan cairan lainnya selesai, dilanjutkan dengan menggosok dinding. Gunakan campuran tersebut untuk mencuci dinding, sikat plastik bisa digunakan untuk menggosok dinding agar lebih mudah.

Tahap ini bisa dilakukan beberapa kali untuk memastikan campuran tersebut menyerap ke permukaan dinding dengan sempurna. Setelah penggosokan pertama, tunggu sekitar 10 menit untuk memulai penggosokan selanjutnya. Pastikan cara mengatasi dinding bergaram ini diaplikasikan ke semua dinding yang bermasalah.

Bersihkan Dinding Kembali

Jika semua bagian dinding sudah di treatment dengan baik, bersihkan menggunakan air bersih. Sobat Citinews bisa menggunakan alat penyemprot air agar prosesnya lebih murah. Pastikan tidak ada cairan cuka ataupun trisodium phosphate yang masih nempel di dinding.

Tunggu Hingga Kering, Lalu Mulai Pengecatan

Tunggu beberapa saat sampai dinding benar-benar kering. Kemudian dinding bisa langsung dicat atau bisa juga melapisinya menggunakan cat primer alkali killer terlebih dahulu. Dengan tahap ini nantinya akan mengatasi cat tembok mengelupas.

Penyebab Dinding Bergaram

Dinding bergaram terjadi pada saat efflorescence, kondisi dimana kandungan garam yang ada di dinding meningkat sampai ke permukaan. Kelembaban di area sekitar berpengaruh dengan membantunya bergerak naik.

Penggunaan cat dasar yang berkualitas buruk juga akan menimbulkan masalah dinding bergaram ini.

Selain itu, bisa disebabkan juga karena pengecatan yang dilakukan pada saat dinding belum kering.

Itulah beberapa cara mengatasi dinding bergaram yang bisa dilakukan. Setiap prosesnya sebaiknya dilakukan perlahan agar hasilnya bisa maksimal. Sementara untuk cara mengatasi tembok bergaram, bisa juga dengan mengaplikasikan tahapan di atas.

Referensi

https://mowilex.com/digest_articles/garam-garam-alkali
https://www.antilum.com/2018/08/panduan-mengatasi-kandungan-alkali-pada-dinding.html
https://arafuru.com/perawatan/cara-mengatasi-tembok-yang-mengandung-garam.html

Leave a Reply