5 Cara Mudah Mengatasi Dinding Retak Tanpa Ribet

Dinding retak memang sangat mengganggu penampilan rumah, oleh karena perlu segera diatasi. Untuk itu Sobat Citinews harus mengetahui cara mengatasi dinding retak. Pasalnya dinding yang retak tidak enak dipandang serta apabila dibiarkan akan menyebabkan kerusakan lain yang lebih parah dan mengancam struktur rumah. Di mana keretakan tersebut akan merambat serta membuat celah di dinding yang mengakibatkan rembesan ketika hujan.

dinding retak
image : shutterstock

Sebelum mengetahui cara mengatasi dinding retak, Sobat Citinews juga harus tahu penyebabnya. Biasanya dinding retak diakibatkan karena plesteran tembok belum kering sempurna namun sudah diberi acian, sehingga kadar air dalam plesteran tersebut ditutup oleh semen kedap air. Jadi, pada saat membangun rumah, ada baiknya proses pengerjaan dilakukan dengan teliti dan tidak terburu-buru, pastikan dinding kering sempurna sebelum melakukan acian.

Cara Mengatasi Dinding Retak

Banyak pemilik rumah yang merasa malu jika dinding di rumah mereka mengalami keretakan, apakah Sobat Citinews juga merasakannya? Jika iya, Sobat Citinews mengetahui beberapa cara mengatasi dinding retak dengan mudah, di antaranya sebagai berikut:

Kelupas Permukaan Cat

Cara mengatasi tembok yang retak yang harus dilakukan pertama yaitu dengan mengelupas lapisan atau permukaan cat terlebih dahulu, khususnya di sekitar yang mengalami keretakan. Cara ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada debu atau kotoran yang menempel dan mengganggu saat proses perbaikan nanti.

Caranya tidak sulit, pastikan tembok tidak ada paku atau jamur, setelah itu basahi kain lap untuk membersihkan permukaan cat, dan lap kembali dengan kain kering dan bersih

Amplas Dinding

Cara mengatasi dinding retak selanjutnya yaitu dengan memoles dinding menggunakan amplas kasar selama beberapa kali, hingga acian dinding terlihat. Setelah itu, bersihkan kembali tembok menggunakan lap basah supaya debu atau kotoran hilang dan tembok menjadi lembab.

Lapisi Dinding dengan Material Baru

Setelah tembok atau dinding benar-benar bersih, langkah selanjutnya yaitu melapisinya menggunakan material baru untuk menutupi keretakan dinding. Dempul tembok retak yang digunakan yaitu semen khusus wall filler.

Cara mengatasi dinding retak dengan semen ini bukanlah hal yang sulit, Sobat Citinews hanya perlu mengoleskan semen di atas tembok yang retak lalu tunggu beberapa saat sampai semen benar-benar mengering. Pastikan Sobat Citinews mengoleskan semen tersebut dengan rata, supaya retakan tidak terlihat dan tertutup rapi.

Oleskan Cat Plamir pada Dinding

Cara mengatasi dinding retak selanjutnya yaitu dengan mengoleskan cat plamir pada dinding. Sembari menunggu semen wall filler benar-benar mengering, Sobat Citinews bisa menyiapkan cat ini terlebih dahulu dengan membelinya di toko material. Pastikan Sobat Citinews tidak membeli jenis cat lain, karena cat plamir tidak sama dengan cat biasa.

Cat ini tidak memberikan warna pada dinding, tetapi menjadi cat tembok untuk menutupi retak rambut, meratakan dinding serta menjadi dasar sebelum tembok diwarnai dengan cat biasa.

Setelah semen wall filler benar-benar mengering, Sobat Citinews bisa langsung mengoleskan cat plamir pada area dinding yang telah diperbaiki sebelumnya. Pastikan Sobat Citinews melakukannya dengan hati-hati dan teliti, agar dinding menjadi lebih kuat serta tidak rata kembali.

Finishing

Cara mengatasi tembok retak rambut yang terakhir yaitu dengan melakukan finishing. Pastikan cat plamir yang telah diolesi pada dinding benar-benar mengering terlebih dahulu.

Adapun tahap akhir yang harus Sobat Citinews lakukan yaitu mengamplas dinding kembali sampai permukaannya halus dan menyatu dengan permukaan dinding lainnya. Setelah halus, Sobat Citinews bisa memberikan cat tembok berwarna sesuai dengan warna sekitarnya, agar kondisinya bagus seperti sedia kala.

Pemberian cat ini juga harus dilakukan dengan teliti dan merata agar hasilnya maksimal. Ketika cat tembok berwarna yang diaplikasikan sudah mengering, langkah selanjutnya yaitu membersihkan seluruh area dinding di rumah, agar rumah tampak bersih maksimal tanpa adanya bekas perbaikan.

Itulah 5 cara mengatasi dinding retak yang bisa Sobat Citinews lakukan di rumah dengan mudah. Dengan melakukan cara tersebut, Sobat Citinews tidak perlu khawatir ketika menemukan dinding retak karena bisa melakukannya sendiri.

Referensi:

https://artikel.rumah123.com/5-cara-mudah-memperbaiki-dan-mengatasi-tembok-retak-rambut-24536
https://www.rukita.co/stories/cara-mengatasi-tembok-retak/
https://www.klopmart.com/article/detail/cara-mengatasi-tembok-yang-retak-tanpa-memanggil-tukang

Leave a Reply