Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Cara Menata Ruang Tamu Minimalis

Cara menata ruang tamu minimalis berikut bisa menjadi inspirasi lho. Bagi yang ingin ruang tamu minimalis tertata dengan rapi? Gak usah pakai jasa desain interior, ada banyak kok cara menata ruang tamu minimalis yang bisa Sobat Citinews lakukan sendiri.

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu adalah ruang yang menggambarkan keseluruhan isi rumah, jadi kalau ruang tamunya tidak baik maka keseluruhan rumah terlihat tidak baik juga. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak tau bagaimana cara menata ruang tamu minimalis miliknya.

Padahal ruang tamu tidak hanya sebagai tempat menerima tamu tapi juga sebagai ruang keluarga. Tidak perlu besar kok, ruang tamu minimalis pun bisa diubah agar terlihat luas dan nyaman.

Nah biasanya nih rumah minimalis memliki ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Jika Sobat Citinews tau bagaimana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga dengan tepat, dijamin rumah Sobat Citinews akan terlihat lebih menarik.

Tidak perlu pakai jasa desain interior, dengan cara menata ruang tamu minimalis di bawah ini Sobat Citinews bisa menyulap ruang tamu yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa.

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis

Beberapa dekorasi ruang tamu minimalis sederhana di bawah ini bisa Sobat Citinews jadikan inspirasi untuk menciptakan ruang tamu yang ideal.

Gunakan Warna yang Lebih Terang

Ruangan yang sempit harus disiasati sebaik mungkin agar dapat terlihat lebih luas. Salah satunya menggunakan cat dinding berwarna putih, krem, dan warna netral yang terang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar ruang tamu dapat terlihat lebih bersih.

Warna-warna tadi bisa juga dikombinasikan dengan warna cerah sebagai aksen ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan mata. Dengan warna netral yang dikombinasikan dengan warna cerah akan menciptakan ruangan yang nyaman dan menyenangkan.

Perhatikan Perabotan di Ruang Tamu

Kursi atau sofa adalah perabotan yang wajib ada di ruang tamu. Tapi ingat, jangan menempatkannya begitu saja. Penempatan sofa akan sangat berpengaruh pada ruang tamu Sobat Citinews loh. Oleh karena itu pastikan gunakan sofa yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Jika kecil maka gunakan sofa yang berukuran pas agar tidak memakan banyak ruang. Dan satu lagi yang penting jangan meletakkan sofa di tengah ruangan, karena akan ada sisi yang kosong di belakangnya yang hanya membuat ruangan jadi lebih sempit.

Perhatikan Lantai

Sama halnya dengan cara menata ruang keluarga, lantai pun tidak boleh luput dari perhatian Sobat Citinews. Lantai juga memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan kesan pada ruang tamu.

Sobat Citinews bisa memilih bahan yang lebih hangat dan tidak keras seperti kayu atau vinyl. Sedangkan untuk kesan yang lebih mewah, bisa menggunakan marmer.

Eh tidak berhenti di situ saja, lantai ruang tamu akan sangat menarik bila ditambahkan karpet. Tapi jangan memakai karpet berukuran kecil juga ya, tapi sesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Karena karpet yang kecil akan membuat desain ruangan jadi tidak selaras.

Pencahayaan

Dalam cara menata ruang tamu minimalis cahaya adalah komponen yang tidak kalah penting dari yang lain. Selain menghemat biaya listrik untuk penggunaan lampu, pencahayaan di dalam ruang tamu bisa mengubah ruangan yang tadinya sempit jadi terlihat lebih luas.

Yah cara yang paling mudah adalah membuat jendela atau ventilasi. Bisa juga dengan penataan furniture yang tepat agar pencahayaan dapat mendominasi isi ruangan. Sedangkan untuk malam harinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika ruang tamu juga dipakai untuk bekerja atau membaca, sebaiknya gunakan lampu terang berwarna putih. Apabila hanya digunakan untuk berbincang dan bersantai, lampu dengan cahaya temaram pun tidak ada salahnya.

Tambakan Unsur Tanaman

Menambahkan unsur tanaman adalah cara menata ruang tamu minimalis agar terlihat lebih hidup. Tidak harus tanaman hidup, Sobat Citinews bisa menambahkan tanaman sintetis. Namun apabila ingin menambahkan tanaman hidup, sebaiknya pilih tanaman yang tidak harus disiram setiap hari agar perawatannya lebih mudah.

Satu yang penting dalam cara menata ruang tamu sederhana, yaitu sesuaikan dengan karakteristik diri sendiri. Cara menata ruang tamu minimalis apapun itu jika tidak sesuai dengan kesukaan Sobat Citinews, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan nantinya.

Referensi :

https://www.ikea.co.id/in/inspirasi/ide-dekorasi-ruang-tamu-minimalis-untuk-rumah-kecil
https://www.dekoruma.com/artikel/40776/trik-rahasia-cara-menata-ruang-tamu-yang-kamu-belum-tahu
https://www.99.co/id/panduan/cara-menata-ruang-tamu
https://www.haibunda.com/moms-life/20200317173754-76-85986/5-tips-menata-ruang-tamu-minimalis-modern-terlihat-bersih-dan-menarik

Leave a Reply