Cara Pasang Bata Ringan Yang Benar Agar Bangunan Kokoh

Cara pasang bata ringan dengan cepat dan benar sangat penting diperhatikan agar bangunan yang dibuat lebih kokoh dan hemat bahan. Cara memasang yang cepat dan benar juga akan meminimalisir anggaran, karena Anda akan dapat menghemat biaya pengerjaan tanpa mempengaruhi kualitas bangunan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memasang bata ringan yang cepat dan benar sebelum melakukan pengerjaan.

Cara Pasang Bata Ringan dengan Cepat dan Benar

Sebelum mulai mulai memasang bata ringan, terlebih dahulu ketahui alat yang dibutuhkan untuk memasang bata ringan. Sama seperti memasang batu bata merah atau batako, memasang bata ringan atau dikenal dengan sebutan hebel juga membutuhkan waterpass, benang, palu karet dan lain sebagainya. Ini semua adalah alat pasang hebel sederhana yang dipakai sesuai dengan urutan pemasangan bata ringan. Berikut adalah tata caranya.

Pastikan Area Kerja Rata

Cara pasang bata ringan dengan cepat dan benar dimulai dengan memastikan area pengerjaan sudah rata sebelum mulai memasang bata ringan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan bangunan rata.Jadi susunan bata ringan yang dipasang memiliki permukaan rata dan tegak. Anda bisa menggunakan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 semen : pasir untuk meratakan lantai yang menjadi dasar pemasangan bata ringan.

Pasang Benang dengan Bantuan Waterpass

Agar proses pengerjaan lebih cepat, Anda perlu memasang benang dengan bantuan waterpass. Kedua alat ini akan membantu pengukuran dan memastikan ketinggian atau permukaan datar dan rata. Anda juga dapat menggunakan holo sebagai tiang bantu untuk mengikatkan benang. Jadi, proses pengerjaan bisa cepat dilaksanakan dan yakin sudah benar.

Buat Adukan semen mortar

Salah satu kunci cara pasang bata ringan dengan cepat dan benar terletak pada bagian adukan semen mortarnya. Anda sangat disarankan menggunakan adukan semen instan (mortar) untuk daya rekat yang lebih baik dibandingkan adukan semen biasa. Sedangkan untuk takaran semen yang digunakan, Anda dapat melihat pada kemasan semen instan karena setiap merk memiliki takaran yang berbeda.

Perekatan Bata Ringan dengan Nat Semen

Cara pasang bata ringan dengan cepat dan benar selanjutnya adalah proses perekatan. Anda harus merekatkan bata ringan dengan mortar setebal 2 hingga 3 mm dan mengetuknya dengan palu karet sampai permukaan bata ringan sejajar dengan benang lot. Selanjutnya, rapikan lebihan nat yang menonjol agar mempercepat proses plester.

Pemotongan Bata Ringan

Bagian ujung bata ringan mungkin perlu pemotongan agar rata. Anda dapat memotong bata ringan dengan gergaji bergigi tegak untuk hasil yang rapi. Gunakan penggaris untuk memastikan ukurannya benar-benar sesuai jadi tidak membuang-buang material. Selain itu pengerjaan jadi tetap cepat dan sesuai jadwal.

Tunggu 24 Jam Sebelum Proses Plester

Bata ringan yang telah terpasang tidak bisa langsung diplester. Anda harus menunggu setidaknya 24 jam agar nat dan sisa air yang meresap pada bata ringan benar-benar kering. Tujuan memastikan nat dan batu ringan kering sebelum diplester adalah untuk memastikan semen plester dapat merekat sempurna.

Lakukan dengan Cepat

Proses pemasangan bata ringan harus cepat, karena adukan semen instan cepat kering. Jika pemasangan terlalu lama, nat semen akan sulit ditekan, sehingga hasil akhir pemasangan tidak rata. Jadi, selain cepat, Anda tetap harus melakukannya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Perhatikan Garis Vertikal

Selain memperhatikan garis horizontal yang dibantu oleh benang lot, Anda juga harus memperhatikan garis vertikal yang merupakan pertemuan ujung dua bata ringan. Dengan memperhatikan garis vertikal, pemasangan bata ringan akan lebih rapi dan kokoh.

Itulah tadi cara pasang bata ringan dengan cepat dan benar. Selain memperhatikan teknik pemasangan yang benar, Anda perlu menyiapkan semua material dan alat agar proses bisa langsung dikerjakan. Perhatikan tahapannya dan beberapa hal yang tidak bisa dilewati karena akan mempengaruhi kualitas bangunan.

Salah satu rekomendasi bata ringan dengan bahan silika dan semen terbaik adalah Citicon. Batu ringan dari Citicon ini tidak hanya dijamin kualitas bahannya, tetapi juga proses pembuatannya untuk menghasilkan bata ringan kualitas terbaik. Gunakan hanya bata ringan dari Citicon untuk memastikan bangunan berdiri dengan kokoh dan dikerjakan dengan cepat.

Referensi:

https://jawaracorpo.com/Cara-Pemasangan-Bata-Ringan-yang-Benar.html
https://arafuru.com/sipil/cara-memasang-bata-ringan-hebel-dengan-cepat-sampai-30-m2-hari.html
https://www.citiconindonesia.com/bata-ringan/

Leave a Reply