10 Bahan bangunan Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Rumah

Bahan bangunan berikut perlu Sobat Citinews ketahui sebelum membangun rumah. Dengan begitu, Sobat Citinews bisa mencatat bahan-bahan bangunan tersebut agar tidak terlupa, serta dapat menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

bahan bangunan

Mengingat Sobat Citinews juga pasti memerlukan dana yang cukup besar serta pertimbangan yang panjang untuk membuat rumah impian.

Jangan biarkan ketidaktahuan mengenai bahan-bahan untuk membangun rumah, membuat perencanaan rumah impian gagal. Karena selain untuk mengecek harganya, Sobat Citinews juga perlu mengetahui kualitas dari bahan bangunan tersebut. Meskipun saat membangun rumah nanti, tukang bangunan akan memberitahu bahan bangunan yang dibutuhkan, namun tak ada salahnya jika Sobat Citinews juga mengetahuinya, bukan?

Bahan-bahan untuk Membangun Rumah

Pemilihan bahan bangunan yang tepat, merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum merancang konstruksi bangunan. Jika Sobat Citinews memiliki rumah impian yang besar dan megah, tentu bahan-bahan untuk membangun rumah yang dibutuhkan juga banyak. Sebelum memikirkan bagaimana bentuk rumah nantinya, ada baiknya Sobat Citinews mengetahui daftar bahan bangunan rumah terlebih dahulu, berikut beberapa di antaranya:

Bata Ringan

Bahan untuk bangun rumah selanjutnya yaitu batu bata. Material ini digunakan untuk menyusun dinding. Umumnya jenis batu bata yang digunakan untuk membangun rumah yaitu bata merah dan batako.

Namun dengan adanya kemajuan teknologi saat ini muncul produk yang lebih kuat dari bata merah dan batako yaitu bata ringan. Bata ringan juga dapat dijadikan sebagai dekorasi jika Sobat Citinews ingin menciptakan suasana bangunan rumah yang berbeda.

Semen dan Pasir

Semen dan pasir merupakan bahan-bahan untuk membangun rumah yang sangat penting dan wajib ada. Semen dijadikan sebagai perekat material seperti batako, batu, bata, serta bahan bangunan lainnya. Semen sendiri dibuat dari campuran kapur padam dengan bahan pozzolan yang telah menjalani pemanasan.

Bahan untuk pondasi rumah satu ini juga diperlukan untuk plesteran dinding, beton, dan lainnya. Pastikan Sobat Citinews memilih semen berkualitas tinggi dengan memperhatikan tekstur serta warna semen, agar hasil bangunan rumahnya bagus.

Baja

Baja seringkali dianggap sebagai bahan bangunan murah dan kuat. Material ini dapat dijadikan kerangka yang menguatkan dinding serta digunakan sebagai penahan atap. Jika ingin menggunakan atap baja ringan guna konstruksi atap bangunan, pastikan Sobat Citinews memilih material baja yang berkualitas.

Besi Beton

Bahan-bahan untuk membangun rumah selanjutnya yaitu besi beton. Adapun jenis besi beton yang biasanya digunakan untuk bangunan rumah mulai dari besi beton polos, besi siku, besi hollow, besi beton ulir, besi h-beam serta besi wide flange.

Material ini dapat dijadikan sebagai konstruksi rumah hingga berukuran 12 m. Material ini terdiri dari komposisi kimia seperti phosphorus, carbon, sulphur serta biji besi.

Pastikan Sobat Citinews memilih besi beton berkualitas dan sesuai dengan standar SNI. Jangan lupa untuk membeli jenis beton sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Paku

Meskipun bentuknya kecil, namun bahan material yang satu ini tidak boleh tertinggal saat membangun rumah. Paku memiliki beragam jenis serta variasi sesuai dengan fungsinya, mulai dari untuk mamaku tripleks hingga memaku jenis balok yang tebal. Ukurannya mulai dari 2 cm sampai 12 cm.

Kayu

Bahan-bahan untuk membangun rumah yang sangat penting yaitu kayu untuk membuat jendela, pintu, rangka atap dan lainnya. Ada berbagai jenis kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan bangunan seperti kayu merbau, kayu bangkirai, kayu jati, meranti merah dan lainnya.

Setiap jenis kayu tersebut pasti memiliki keunggulannya tersendiri, yang terpenting, Sobat Citinews dapat memilih kayu sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitasnya agar mudah kuat dan tahan lama.

Keramik

Saat membangun rumah, pasti Sobat Citinews membutuhkan keramik, mulai dari untuk ruang tamu, kamar, dapur kamar mandi hingga dinding pun bisa menggunakan keramik. Bahan untuk membangun rumah yang satu ini memiliki gambar yang berbeda sesuai dengan kesukaan.

Genteng

Genteng juga sangat dibutuhkan untuk membangun rumah sebagai atap luar. Atau Sobat Citinews juga bisa menggunakan asbes atau metal ringan untuk menggantikan genteng, namun material tersebut biasanya cepat menghantarkan panas. Sobat Citinews bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Itulah beberapa bahan-bahan untuk membangun rumah yang bisa Sobat Citinews ketahui. Mungkin masih ada beberapa bahan lainnya yang Sobat Citinews butuhkan untuk membangun rumah sendiri, hal tersebut tergantung pada pemilik rumah.

Panel Lantai

Perlu Sahabat Citinews ketahui bahwa panel lantai adalah bahan bangunan untuk membangun rumah atau gedung bertingkat. Panel lantai digunakan sebagai dak lantai rumah bertingkat.

Biasanya dak lantai rumah bertingkat menggunakan cor konvensional yang membutuhkan waktu yang lama terutama untuk mengeringkannnya. Namun dengan panel lantai, membangun dak lantai rumah bertingkat bisa lebih cepat.

Referensi:
https://www.99.co/id/panduan/bahan-bangunan-rumah
https://blog.spacestock.com/kenali-12-material-bangunan-ini-untuk-bangun-rumah-ideal-kamu/
https://www.rumah.com/panduan-properti/daftar-bahan-bangunan-penting-untuk-bangun-rumah-15323

Leave a Reply