7 Cara Menghilangkan Goresan pada Motor, Dijamin Motor Mulus Lagi

Jika pada motor Anda terdapat goresan, alangkah lebih baik untuk mengetahui cara menghilangkan goresan pada motor yang ampuh dan mudah dilakukan. Perawatan motor juga lebih mudah dan hemat dibandingkan moda transportasi roda empat. Namun, perawatan motor juga tetap harus diperhatikan khususnya dalam segi tampilan body motor. Seringkali motor mengalami goresan yang dapat mengganggu keindahan tampilan.

Cara menghilangkan Goresan Pada Motor Paling Mudah

Body motor memang dapat meninggalkan goresan jika terkena benda tajam atau sejenisnya. Goresan ini memang tidak mempengaruhi performa atau mesin. Akan tetapi, tampilan body yang tidak mulus dapat mempengaruhi tingkat percaya diri Anda saat mengendarainya. Tak hanya itu, motor yang bersih dari goresan juga memiliki harga jual yang lebih tinggi jika suatu saat Anda tertarik menjualnya. Itulah sebabnya Anda harus memahami berbagai cara menghilangkan goresan pada motor. Berikut ulasan lengkapnya:

Membersihkan dengan Kain Bersih

Cara ini sebenarnya digunakan sebelum Anda akan menghilangkan goresan pada motor. Usapkanlah kain lap yang bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada motor. Apabila kotoran dan debu sudah terangkat, maka goresan pada motor akan terlihat lebih jelas dan Anda akan lebih mudah untuk menghilangkannya.

Menggunakan Amplas

Amplas menjadi cara menghilangkan goresan pada motor yang tidak terlalu parah. Anda bisa menggunakan teknik pengamplasan untuk menyamarkan goresan yang tidak terlalu dalam. Gunakanlah amplas dengan ukuran minimal 2000 atau lebih lembut lagi.

Basahi bagian body motor dan rendam amplas dalam air terlebih dahulu. Lakukan pengamplasan ke body motor secara merata. Kamu harus berhati-hati saat mengamplasnya karena jika terlalu kuat dapat merusak bagian body motor yang tidak mengalami goresan.

Menggunakan Scratch Remover

Scratch remover adalah cairan seperti lem yang dapat menyamarkan goresan pada motor. Cairan ini digunakan untuk menghilangkan goresan yang tidak terlalu parah. Oleskanlah scratch remover pada bagian motor yang terdapat goresan, kemudian gosokkan dengan kain microfiber. Lakukan cara ini dengan perlahan dan ulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Compound

Penggunaan compound dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih mulus setelah pengamplasan. Compound merupakan bahan berbentuk krim yang dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada motor dengan mengaplikasikannya menggunakan kain. Gosokkan kain yang telah diberi compound pada body motor yang tergores hingga mulus kembali. Compound akan memberikan hasil yang lebih mulus untuk menghilangkan goresan yang cukup dalam. Lakukanlah cara ini berulang kali hingga goresan tak terlihat lagi.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan goresan pada motor yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung partikel yang memiliki fungsi sebagai amplas. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan Anda telah membersihkan motor sampai bersih. Kemudian, oleskan pasta gigi pada sikat bekas dan gosokkan pada bagian yang tergores secara perlahan dan merata. Cara ini harus dilakukan berulang kali dengan gerakan melingkar hingga goresan benar-benar hilang dan motor Anda kembali mulus seperti semula.

Menggunakan Fix it pro

Fix it pro merupakan alat yang berfungsi untuk membantu menghilangkan goresan pada motor. Alat ini berupa spidol yang dapat diaplikasikan untuk menyamarkan goresan yang mengganggu tampilan body motor Anda. Gunakanlah fix it pro pada bagian motor yang tergores secara merata. Lakukan cara ini hingga bagian yang terkena goresan menghilang.

Menggunakan Minyak Rem

Minyak rem dapat menjadi salah satu bahan untuk menghilangkan goresan pada motor Anda. Tuangkan beberapa tetes minyak rem pada bagian baret. Gunakanlah kain atau lap bersih untuk membersihkan minyak tersebut. Seperti cara lainnya, Anda harus melakukannya berulang kali hingga motor kembali mulus tanpa goresan.

Goresan pada motor memang sangat mengganggu tampilan. Goresan ini bisa muncul karena berbagai faktor, seperti bersentuhan dengan motor lain, terkena benda tajam, hingga terjatuh. Cegahlah beberapa penyebab ini dengan lebih berhati-hati saat mengendarai motor. Jika dalam keadaan tertentu motor Anda mengalami goresan, lakukanlah berbagai cara menghilangkan goresan pada motor seperti yang dijelaskan di atas. Motor yang mulus tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kenyamanan saat mengendarainya.

Leave a Reply