Cara Jual Rumah Ke Bank Paling Praktis Anti Ribet!

Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan penjualan rumah. Namun perlu diketahui jika ingin menjual rumah secara cepat maka Anda bisa melakukan penjualan lewat bank. Cara jual rumah ke bank dianggap paling praktis dan paling cepat laku.

Close up real estate agent with house model hand putting signing contract,have a contract in place to protect it,signing of modest agreements form in office.Concept real estate,moving home or renting property

Tetapi tentu saja, tidak semua orang mengetahui cara jual rumah melalui bank. Ada beberapa tahapan dan dokumen yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Cara Jual Rumah Ke Bank

Untuk Anda yang ingin melakukan penjualan rumah ke bank, maka perhatikan step by step langkahnya berikut ini.

Lakukan Pengecekan Rumah

Terlebih dahulu Anda harus melakukan pengecekan kondisi rumah. Anda harus cek bagian dalam dan luar rumah secara keseluruhan. Kemudian perhatikan spesifikasi bangunan serta kelebihan dan kekurangannya. Karena hal ini bisa mempengaruhi penilaian dari pihak bank.

Jika rumah punya eksterior yang bagus maka bisa menjadi nilai jual rumah lebih tinggi. Anda juga perlu melakukan antisipasi dengan perbaikan rumah sebelum menawarkan bangunan ke bank agar harganya tidak terlalu turun.

Tahapan Memilih Bank

Langkah selanjutnya harus dilakukan yaitu memilih banget yang akan diajak kerjasama. Atau bisa dibilang harus mencari bank terbaik sebagai tempat untuk menjual rumah. Di sini bank punya peran untuk menjual properti bisa rumah maupun tanah.

Bank akan melakukan proses penjualan rumah mulai dari mencari calon pembeli, siapkan dokumen sampai melakukan promosi. Ketika mencari bank, maka Anda bisa memilih bank yang punya program kredit KPR. Jangan lupa lihat bagaimana sistem dari bank tersebut dalam melakukan penjualan rumah, ketahui prosedurnya dan track record bank.

Perlu juga diperhatikan prosedur dalam pengurusan dokumen harus jelas. Agar nantinya Anda tetap merasa nyaman saat akan menjual rumah.

Ikuti Prosedur Dari Pihak Bank

Setelah memilih bank, selanjutnya cara jual rumah ke bank yaitu dengan mengikuti prosedur dan petunjuk dari pihak bank. Anda akan diberikan beberapa syarat dan juga proses yang akan berlangsung saat penjualan rumah. Biasanya bank akan meminta kelengkapan dokumen dari rumah yang akan dijual.

Selanjutnya dokumen tersebut akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak bank, untuk nantinya dipakai pada prosedur penjualan. Sebaiknya sebelum melakukan penjualan rumah sudah melengkapi dokumen hingga tidak ada satupun yang terlupakan agar proses penjualan rumah lebih cepat. Perlu diketahui dalam penjualan rumah, Anda harus perhatikan kelengkapan dokumen seperti PBB, SHM dan dokumen lainnya.

Menentukan Harga Rumah

Proses selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menentukan harga jual rumah. Anda bisa melakukan penentuan harga jual dengan sederhana yaitu menjumlahkan harga tanah dan harga bangunan. Atau juga bisa menentukan harga jual rumah lewat NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak sesuai dengan daerah di mana rumah tersebut akan dijual.

Jika belum bisa juga menentukan harga jual rumah, maka Anda dapat menghubungi agen properti. Agen properti nantinya akan memberikan gambaran harga rumah sesuai dengan harga pasaran paling update.

Keuntungan Jual Rumah Ke Bank

Ketika Anda melakukan penjualan rumah ke bank, tentu saja ada banyak keuntungan yang didapatkan selain kemudahan tentunya. Berikut ini beberapa apa keuntungan tersebut.

Mendapatkan Harga Penuh

Yang pertama yaitu Anda bisa mendapatkan harga penuh untuk penjualan rumah ke bank. Tentu saja akan lebih untung jika dibandingkan Anda menjual rumah sendiri. Karena harga penawarannya biasanya tidak sesuai dengan harga rumah yang dijual.

Pihak bank biasanya menggunakan sistem pembayaran tersebut terlebih dahulu untuk Anda. Ini dilakukan mewakili pembeli sebelum mendapatkan pembeli yang cocok.

Penjualan Rumah Lebih Cepat

Cara menjual rumah ke bank adalah yang paling praktis apabila Anda tidak ingin repot promosi rumah sendiri. Tentu saja bank akan lebih ahli dalam mempromosikan bangunan rumah untuk dijual daripada jika Anda sendirian melakukannya.

Bank memiliki banyak nasabah dan juga klien sehingga proses penjualan rumah Anda akan lebih mudah diketahui oleh banyak orang. Terlebih umumnya pembelian rumah lewat bank bisa dilakukan dengan cara kredit. Kegiatan promosi yang dilakukan bank tidak hanya secara offline namun juga online untuk lebih mempercepat rumah laku.

Itu tadi beberapa cara jual rumah ke bank, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan. Melakukan penjualan rumah ke bank tidak hanya praktis dan mudah tapi juga lebih aman. Karena bank punya sistem yang lebih terjamin dengan proses dan metode penjualan yang menguntungkan. Bagi kedua belah pihak, baik Anda sebagai penjual maupun untuk pembeli.

Sumber :

https://cicilan.id/cara-jual-rumah-ke-bank/
https://www.rukamen.com/blog/cara-jual-rumah-ke-bank/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-jual-rumah-ke-bank/

Leave a Reply