5 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Kebersihan lingkungan rumah harus dijaga agar kesehatan keluarga terjaga karena terhindar dari penyakit. Walaupun sibuk, sempatkan merapikan rumah sehingga lingkungan rumah memberikan kenyamanan bagi keluarga. Anda bisa menerapkan 5 cara menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Cara Efektif Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Orang tua berperan penting menjaga kebersihan rumah, jangan sampai Anda malas membersihkan rumah dan anak-anak menjadi korbannya. Pasalnya imunitas anak masih lemah, jika terkena bakteri akibat rumah yang kotor memicu berbagai penyakit. Berikut ada cara menjaga kebersihan rumah, antara lain:

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban semua orang, terutama orang dewasa. Jadikan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan rumah tetap bersih dan sehat.

Jika orang dewasa membuang sampah di tempatnya, otomatis anak-anak mengikuti kebiasaan tersebut. Alhasil terciptalah lingkungan rumah yang nyaman dan sehat. Anda bisa menempatkan 2 tempat sampah, yaitu untuk sampah organik dan anorganik.

Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi termasuk ruangan penting di dalam rumah, bahkan penghuni rumah bisa berkali-kali masuk kamar mandi setiap harinya. Baik untuk buang air kecil, buang air besar, mencuci pakaian atau piring dan mandi.

Untuk itulah membersihkan kamar mandi termasuk 5 cara menjaga kebersihan lingkungan rumah. Anda bisa membersihkannya sekitar 3 sampai 4 hari sekali, dengan begitu kamar mandi tidak licin dan kotor. Pastinya bebas dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

Mengepel dan Menyapu Setiap Hari

Terkadang, seseorang malas menyapu maupun mengepel lantai setiap hari karena lantainya tampak bersih. Padahal lantainya kotor karena menjadi pijakan penghuni rumah setiap saat, alhasil seluruh permukaan lantai diselimuti debu.

Agar lingkungan rumah selalu bersih dan sehat, pastikan Anda menyapu dan mengepel setiap hari. Hal tersebut memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah karena lantainya bersih, alhasil bebas beraktivitas di lantai bersama keluarga.

Tidak Menumpuk Alat Makan di Tempat Cuci Piring

Sebagian orang menganggap aturan menjaga lingkungan rumah berat sehingga malas membersihkan rumah. Padahal aturan tersebut menjamin kesehatan keluarga, jadikan kebiasaan mencuci peralatan makan dan minum setelah menyantap makanan dan minum.

Jangan biarkan peralatan makan dan minum menumpuk di tempat cuci piring karena menjadi sarang bakteri dan penyakit. Bahkan menimbulkan bau tidak sedap dari sisa makanan.

Selain mencuci peralatan makan dan minum, mencuci peralatan masak setelah memasak harus dilakukan. Jangan biarkan peralatan masak kotor setelah Anda memasak karena memicu bakteri. Walaupun Anda sibuk, sempatkan mencuci peralatan masak dan simpan di tempatnya sehingga dapur Anda tetap bersih dan sehat.

Mencuci Baju Setiap Hari

Mencuci baju setiap hari menjadi kesatuan 5 cara menjaga kebersihan lingkungan rumah. Biasakan mencuci baju anggota keluarga setiap hari, walaupun pakaian kotor hanya sedikit tetapi pakaian kotor mengandung debu dan keringat. Jika dibiarkan terlalu lama pakaian kotor menimbulkan bau tidak sedap.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Walaupun terlihat sepele, tetapi menjaga kebersihan lingkungan rumah manfaatnya banyak. Bahkan membuat penghuni rumah betah di dalam rumah, berikut ada manfaat yang didapat:

Udara lebih sejuk

Rajin membersihkan lingkungan rumah membuat udara di dalam rumah maupun di luar rumah lebih sejuk. Apalagi jika Anda menanam bunga di halaman rumah, sirkulasi udara pasti lancar dan tidak panas walaupun sinar matahari menyengat.

Terhindar dari penyakit

Membiasakan menjaga kebersihan rumah membuat keluarga terhindar dari berbagai penyakit khas lingkungan kotor. Diantaranya demam berdarah, tipes, diare maupun malaria.

Rumah yang bersih dari penumpukan pakaian atau barang tidak terpakai membuat seluruh ruangan terhindar dari nyamuk maupun tikus. Otomatis, anggota keluarga selalu sehat dan ceria menjalani aktivitas di dalam rumah.

Terhindar dari stress

Manfaat menjaga kebersihan rumah selanjutnya adalah terhindar dari stress. Walaupun Anda sibuk bekerja tetapi terhindar dari stress karena suasana rumah yang sejuk dan nyaman.
Anda bisa menjadikan rumah sebagai tempat istirahat yang menyenangkan bersama keluarga. Pastinya siap menjalani rutinitas keesokan harinya.

5 cara menjaga kebersihan lingkungan rumah diatas harus diterapkan agar lingkungan rumah sehat dan terhindar dari penyakit. Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan lalai menjaga kebersihan rumah karena kesehatan keluarga bisa terancam.

Sumber:

https://m.daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/7-manfaat-menjaga-kebersihan-rumah-supaya-menjadi-tempat-pulang-ternyaman/
https://artikel.rumah123.com/12-cara-menjaga-kebersihan-rumah-56234
https://www.genbest.id/articles/5-cara-sederhana-menjaga-kebersihan-lingkungan-rumah

Leave a Reply