8 Cara Mengatasi Dinding Panas yang Wajib Dicoba

Sejatinya, cara mengatasi dinding panas mudah diterapkan. Sobat Citinews bisa konsultasi dengan tenaga kerja agar suasana di dalam rumah tidak panas, suasana panas mempengaruhi aktivitas dan mengganggu istirahat buah hati.
Jika tidak diatasi, penghuni rumah tidak betah di dalam rumah. Alhasil waktu kebersamaan keluarga hilang, Sobat Citinews harus mencari penyebab hawa rumah panas agar cepat diatasi.

mengatasi dinding panas
image source : shutterstock

Cara Efektif Mengatasi Dinding Panas

Perlu diingat, penyebab dinding rumah beragam. Diantaranya karena salah memilih cat dinding, akibat sinar matahari yang mengarah ke dinding dan penyebab lainnya. Sobat Citinews bisa menerapkan cara mengatasi dinding panas berikut ini:

Menggunakan AC

Mayoritas masyarakat mengandalkan AC sebagai penyejuk ruangan, dinginnya AC dan keharuman yang dipancarkan membuat suasana rumah sejuk. Bahkan memperbaiki kualitas tidur keluarga.

Sobat Citinews bisa memasang AC di setiap ruangan sehingga mengurangi hawa panas. Misalnya ruang tamu, ruang keluarga dan kamar agar kebersamaan keluarga terjaga. Jika minim uang, Sobat Citinews bisa menggunakan kipas angin.

Menggunakan Insulasi Dinding

Produk Insulasi dinding ampuh mengatasi hawa panas di dalam rumah, apalagi insulasi dinding panas tahan lama. Insulasi dinding mampu mencegah udara panas masuk ke rumah.

Selain itu, keunggulan insulasi dinding beragam sehingga diminati masyarakat maupun industri. Diantaranya fleksibel, harganya terjangkau, dan bertahan lama. Dijamin ruangan sejuk walaupun tidak menggunakan pendingin ruangan.

Menggunakan Cat Dinding Khusus

Cara mengatasi dinding panas selanjutnya adalah menggunakan cat dinding khusus. Di pasaran, banyak cat dinding peredam panas hingga 3 sampai 5 derajat celcius. Cat dinding peredam panas memiliki karakteristik ramah lingkungan, lentur dan aman untuk kesehatan.

Dijamin Sobat Citinews betah di dalam rumah, pastinya kegiatan lebih bermakna karena udaranya tidak panas. Sobat Citinews bisa mencari di internet jika di sekitar tempat tinggal tak ada cat dinding peredam panas.

Menambah 1 Lapisan Dinding

Sobat Citinews kerap merasakan dinding rumah tiba-tiba panas? Hal tersebut mengganggu ketenangan keluarga, bahkan memicu masalah lain. Sobat Citinews bisa menambah 1 lapisan pada dinding.

Yaitu, membuat tembok rumah dengan 2 lapis batu bata agar sinar matahari tidak sepenuhnya menembus dinding. Umumnya, rumah di pedesaan menggunakan metode 2 lapis tembok. Tetapi cara tersebut cocok untuk perumahan di kota, apalagi perkotaan minim pepohonan.

Menerapkan Ventilasi Silang

Ventilasi udara hal wajib di dalam rumah, tanpa ventilasi udara akan pengap dan terasa panas. Cara mengatasi dinding panas dengan ventilasi silang mudah dilakukan. Caranya adalah bukaan ruangan pintu atau jendela yang berhadapan.
Fungsi ventilasi silang adalah mengalirkan udara bertekanan tinggi ke ruangan yang lebih sejuk. Sahabat Cition harus berkonsultasi dengan pekerja agar penerapan ventilasi silang tepat.

Menggunakan Cat Dinding Cerah

Sobat Citinews bingung mencari peredam panas kamar? Warna cat dinding cerah efektif meredam panas. Warna cerah mampu memantulkan cahaya matahari sehingga tidak menembus dinding.

Menggunakan Elemen Air

Sobat Citinews pasti tahu banyak kolam di dalam rumah, baik kolam ikan atau kolam renang, tujuannya adalah meredam panas dinding. Bahkan cara mengatasi dinding panas dengan kolam menambah estetika rumah.

Cara tersebut harus dirancang sebelum Sahabat Cition membangun rumah. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak besar, jika ingin merenovasi rumah dan membuat kolam harus berkonsultasi dengan pekerja terbaik agar hasilnya maksimal.

Mengurangi Efek Rumah Kaca

Desain rumah kaya memang populer dan membuat rumah semakin mewah. Tetapi penggunaan kaca berlebihan membuat rumah panas. Hal tersebut memicu kegelisahan dan tidak betah di dalam rumah.

Cara mengatasi dinding panas dengan mengurangi efek rumah kaca efektif. Pasalnya kaca lebih cepat menghantarkan panas dan membuat penghuni rumah kepanasan, lebih baik mengganti kaca dengan kayu karena membuat suasana sejuk.

Pastikan Sobat Citinews mengurangi material kaca di rumah agar udara rumah selalu sejuk. Jika menambahkan material kaca, cukup pintu saja.

Sobat Citinews bisa konsultasi dengan pasangan maupun pekerja bangunan. Pastinya penggunaan kaca tepat dan tidak memicu panas.

Sebenarnya cara mengatasi dinding panas masih beragam. Sobat Citinews bisa menerapkan cara sesuai keinginan, intinya perhatikan material bangunan saat membangun rumah. Dengan begitu udara rumah selalu sejuk dan menjadi pelepas lelah beraktivitas.

Sumber:

https://bacaterus.com
https://arafuru.com
https://bentengapi.com
https://interiordesainrumahminimalis.blosgpot.com

Leave a Reply