Cara Renovasi Rumah Type 30/60 Sesuai Peraturan yang Diberlakukan

Pemerintah mencanangkan program sejuta rumah untuk memudahkan masyarakat memiliki hunian minimalis dengan harga murah. Namun rumah subsidi tersebut umumnya memiliki model dan warna yang sama, sehingga kali ini kami berikan cara renovasi rumah type 30/60 untuk membantu Sobat Citinews semua. Agar hunian subsidi minimalis tetap nyaman dan bergaya.

Rumah type 30/60 artinya luas bangunan sebesar 30 m² dan luas tanahnya 60 m². Dengan ukuran yang tidak terlalu besar ini, seringkali type tersebut menjadi rumah subsidi. Harga murah yang ditawarkan untuk kepemilikan rumah subsidi, menjadikan beberapa aturan terkait renovasi. Sebab, dengan bentuk aslinya maka pemilik pasti memerlukan beberapa perbaikan dan perubahan di dalamnya.

Cara Renovasi Rumah Type 30/60 Menurut Aturan yang Berlaku

Melakukan renovasi pada rumah subsidi yang umumnya type 21, 27, 30, 36, 45 dan lain sebagainya diperbolehkan. Namun, Sobat Citinews harus menginformasikan kepada pihak Bank. Hal ini untuk menghindari pinalti atau denda dari Bank. Agar Sobat Citinews tidak sampai melakukan kesalahan, berikut ini cara renovasi rumah type 30/60 yang bisa diterapkan.

Batas Waktu

Bagi Sobat Citinews yang memiliki rumah subsidi type 30/60 dan ingin merenovasi, harus sabar menunggu batas waktu yang telah disepakati. Sebelum periode waktu kredit sudah berjalan 5 tahun, pemilik tidak diperbolehkan mengubah bentuk bagian depan rumah. Namun, perubahan seperti menambahkan pagar rumah minimalis type 30/60 masih diperkenankan.

Maksimalkan Sisa Lahan

Umumnya rumah subsidi memiliki sisa lahan di bagian belakang. Menurut anjuran Sobat Citinews diharapkan dapat memaksimalkan lahan tersebut. Entah untuk jemuran, taman belakang, atau ruang lainnya. Meski luasnya tidak seberapa, tetapi bisa dijadikan ruangan yang belum ada pada bangunan aslinya.

Hindari Pembongkaran Total

Selain menghabiskan banyak dana, bongkar total bukan cara renovasi rumah type 30/60 subsidi yang disarankan. Sebab rumah subsidi diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Jika Sobat Citinews melakukan pembongkaran total akan diasumsikan terjadi salah sasaran karena Sobat Citinews dianggap mampu. Imbasnya, pembelian atau kredit rumah subsidi dapat dibatalkan pihak Bank.

Lakukan Perbaikan yang Diperlukan

Rumah subsidi tentu memiliki kekurangan di beberapa bagian. Sambil menunggu batas waktu yang ditetapkan agar boleh merenovasi, Sobat Citinews dapat melakukan perbaikan. Misalnya perbaikan atap, penggantian plafon dengan material yang lebih baik atau pembuatan dapur.

Renovasi dapur rumah type 30/60 biasanya menjadi prioritas. Sebab biasanya belum ada dapur di bangunan asli, atau ada tetapi belum maksimal.

Penambahan kanopi juga diperbolehkan jika memang diperlukan. Dengan perbaikan ini diharapkan rumah lebih nyaman ditinggali hingga saatnya renovasi dapat dilakukan. Pembayaran kredit yang lancar serta tidak menjual atau take over rumah juga harus Sobat Citinews terapkan. Sebab dengan begitu meminimalisir kemungkinan pembatalan pembelian dari pihak bank.

Cara Renovasi Rumah Type 30/60 Setelah Diperbolehkan

Setelah Sobat Citinews melewati 5 tahun masa kredit, renovasi sudah bisa dilakukan. Meski begitu jangan melakukan renovasi yang terlalu ekstrim. Lakukan renovasi dan perbaikan sesuai kebutuhan. Agar tidak menguras dana hingga berlebihan.

Perbaiki Sanitasi dan Maksimalkan Pencahayaan

Sistem sanitasi pada rumah subsidi biasanya dangkal, dengan melakukan pengeboran untuk memperdalam akan lebih baik dan aman. Ukuran rumah yang tidak terlalu besar juga harus didukung dengan pencahayaan yang maksimal. Penggunaan kaca dan penambahan cermin di beberapa ruangan akan membantu pencahayaan serta memberi kesan lebih lapang.

Cat Dinding dengan Warna Kesukaan

Mengubah desain interior rumah subsidi type 30/60 dengan mengecat dinding menggunakan warna favorit juga disarankan. Sebab umumnya rumah subsidi memiliki bentuk dan warna cat yang sama. Menambah atau mengubah ruangan dengan tidak memberi banyak sekat juga bisa diterapkan. Dengan begitu hunian lebih nyaman dan tidak monoton seperti rumah subsidi kebanyakan.

Maksimalkan Lahan Sisa

Sisa lahan di bagian belakang dapat dijadikan taman terbuka mini, atau ruang cuci dan jemuran. Selain bermanfaat juga bisa menambah estetika juga kenyamanan hunian. Rumah minimalis dengan lahan terbatas tetap bisa cantik juga nyaman ditinggali asal direnovasi serta ditata dengan tepat juga sesuai ukuran.

Dengan tips serta panduan cara renovasi rumah type 30/60 yang kami berikan, semoga Sobat Citinews dapat mewujudkan rumah idaman. Tanpa ada kendala dari pihak bank maupun dana anggaran. Perhatikan aturan yang ditetapkan serta lancar dalam pembayaran cicilan, menjadi kunci utama sebelum renovasi dilakukan.

Latest Comments

Leave a Reply