5 Cara agar Rumah Terasa Lebih Sejuk Tanpa AC

Air Conditioner atau yang dikenal dengan AC adalah solusi yang digunakan untuk membuat ruangan atau rumah terasa lebih sejuk. Tapi adakah cara agar rumah terasa lebih sejuk tanpa bergantung pada alat elektronik ini? Mengingat saat ini dampak pemanasan global semakin besar karena penggunaan AC hampir di setiap rumah.

5 Cara agar Rumah Terasa Lebih Sejuk Tanpa AC

Rumah yang tidak menggunakan AC masih memungkinkan untuk dibuat agar tidak panas. Jadi solusi ruangan panas tidak melulu menggunakan AC. Sobat Citinews yang sedang berencana membangun rumah sejuk tapi tak ingin menggunakan AC, ada beberapa cara yang bisa diterapkan.

Cara agar Rumah Terasa Lebih Sejuk Tanpa Memasang AC

Penggunaan AC dalam suatu ruangan akan membuat sejuk, tapi sayangnya ketika keluar rumah udara justru terasa lebih panas. Belum lagi dampak buruk AC bagi kesehatan seperti membuat kulit lebih kering, dehidrasi hingga sakit kepala. Jadi sebaiknya jangan bergantung pada penggunaan AC di rumah.

Cara mengatasi udara panas di dalam rumah bisa diawali dengan gaya hidup. Misalnya saja pengurangan penggunaan alat elektronik penghasil panas tinggi. Misalnya saja tv dan juga komputer pc. Selain itu juga keseringan menyalakan lampu bahkan siang hari akan membuat udara semakin panas.

Desain adalah salah satu cara agar rumah terasa lebih sejuk selain memperbaiki gaya hidup. Akan lebih mudah jika Sobat Citinews membuat desain rumah sejuk tanpa AC sejak awal. Sehingga walaupun tanpa AC setiap ruangan di rumah tidak akan panas. Soal desain ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sangat membantu sebagai berikut:

Membuat atap tinggi


Atap ekspos di dalam rumah bisa jadi solusi sebuah desain rumah tidak panas. Sobat Citinews juga bisa menambahkan plafon yang menempel pada atap rumah sehingga ruangan tampak lega dan sejuk. Ketinggian plafon mempengaruhi sirkulasi udara dan kecepatan penyerapan panas.

Langit-langit dan atap yang tinggi adalah cara agar rumah terasa lebih sejuk. Alasannya adalah panas yang masuk ke dalam rumah persentasenya jadi lebih sedikit. Hal ini mengingat ruangan yang begitu luas, jadi panas akan menyebar ke seluruh ruangan.

Menggunakan peredam panas pada atap

Jenis genteng atau material penutup atap akan mempengaruhi tinggi rendahnya penyerapan panas. Genteng keramik adalah yang paling rendah menyerap panas namun mahal harganya. Atap metal saat ini begitu banyak disukai tapi kemampuan menyerap panasnya cukup tinggi.

Oleh karena itu menambahkan peredam panas seperti glasswool, aluminium foil atau bubble foil adalah langkah yang tepat. Selain itu material tersebut juga bisa digunakan sebagai peredam panas tembok. Penambahan peredam panas pada dinding tentu akan membuat ruangan lebih dingin.

Memilih warna cerah pada dinding

Cara agar rumah terasa lebih sejuk lainnya adalah dengan pemberian warna di tembok. Pilihlah warna yang memiliki kemampuan menyerap panas rendah yaitu warna terang. Jika memberikan warna cat dinding khususnya bagian luar yang gelap maka penyerapan panas akan meningkat.

Warna terang seperti putih, kuning gading atau warna cerah lainnya akan menahan penyerapan panas berlebihan. Tentunya hal ini akan berdampak pada ruangan jadi lebih sejuk.

Menanam pohon

Memberikan tanaman baik dalam rumah atau di luar adalah cara yang paling praktis. Sobat Citinews bisa memberikan tanaman dengan banyak daun dalam pot untuk di dalam rumah. Tanaman bukan hanya menyejukkan tetapi juga akan menyerap karbon dalam ruangan sehingga udara jadi lebih bersih.

Walaupun rumah berukuran kecil dan hanya memiliki lahan sempit untuk taman di depan rumah sebaiknya manfaatkan dengan maksimal. Ada begitu banyak jenis tanaman yang bisa diberikan pada taman rumah. Selain membuat lingkungan jadi sejuk, tampilan rumah jadi semakin indah.

Memposisikan jendela

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah soal posisi jendela. Sebuah jendela tidak harus berukuran besar untuk membuat sirkulasi udara lebih baik. Jendela yang benar harus diletakkan pada sisi yang sering terkena sinar matahari, baik pagi atau sore.

Kemudian jendela bisa diposisikan ke arah utara atau selatan. Namun bagi rumah yang menghadap ke barat atau timur, pemberian vitrase akan sangat membantu. Udara tetap bisa masuk namun panas matahari akan berkurang.

Semua cara agar rumah terasa lebih sejuk ini perlu dicoba. Tujuannya saat musim penghujan mulai berakhir rumah tetap terasa sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Sobat Citinews juga tidak perlu bergantung lagi dengan AC.

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/bahaya-ac-untuk-kesehatan/#:~:text=Terlalu%20lama%20terpapar%20udara%20dingin,terhadap%20iritasi%20serta%20infeksi%20luar.
https://www.archify.com/id/archifynow/kepanasan-6-tips-berikut-bisa-buat-rumah-lebih-sejuk-tanpa-ac
https://www.rumah.com/panduan-properti/10-tips-rumah-sejuk-tanpa-ac-cara-penerapannya-19796
https://www.99.co/blog/indonesia/tips-rumah-sejuk/

Latest Comments

Leave a Reply