Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Serasi

Tips memilih kombinasi warna cat rumah tentu akan sangat membantu proses desain ruangan. Kalau ada suatu acuan yang Anda gunakan dalam memilih warna sebelum mengecatnya tentu proses pemilihan cat akan lebih mudah. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk menerapkan suatu konsep yang menyatu dari semua bagian rumah.

Trik dan Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Bagi Anda yang sedang mendekorasi rumah dan memilih untuk mengecatnya, perhatikan beberapa hal ini. Mulai dari mempertimbangkan pencahayaan, ukuran ruangan dan berbagai teknik kombinasi warna. Temukan cara idea untuk membuat paduan warna rumah yang tepat. Berikut adalah beberapa tips memilih kombinasi cat warna rumah yang akan membantu Anda.

Manfaatkan Cakram Warna

Dari sekian banyak warna, sebenarnya hanya 3 warna dasar yang menyusunnya, yaitu merah, kuning, dan biru. Cara penyusunan cakram warna diurutkan berdasarkan warna dasarnya. Memakai bantuannya bisa jadi cara mudah untuk memilih cat warna rumah yang bagus. Anda dapat memilih satu warna lalu memilih warna di sebelahnya sebagai paduan yang serasi.

Anda bisa memilih warna yang letaknya berseberangan untuk menghasilkan perpaduan warna kontras. Atau, pilihan lainnya Anda bisa menarik garis yang membentuk 90 derajat untuk menemukan paduan warna yang kontras tanpa terlihat norak.Jika Anda ingin memadukan 3 warna, maka bagilah cakram warna menjadi 3 bagian dan ambil satu warna pada masing-masing bagian yang proporsional untuk menghasilkan paduan warna yang sesuai.

Gunakan Teknik Monokromatik

Tips memilih kombinasi cat warna rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik monokromatik. Teknik ini mengandalkan warna turunan. Misalnya, jika Anda memilih warna hijau, maka warna turunan yang dapat dijadikan kombinasi warna hijau adalah hijau muda, hijau botol, hijau bolu kukus, dan lain sebagainya.

Cara padu-padan dengan teknik ini memberikan pilihan gradasi dengan warna-warna turunan yang membuatnya memiliki padanan yang sama antara warna satu dan lainnya. Anda akan bisa melihat korelasi di antaranya. Paduan warna gelap dan terang adalah cara termudah menerapkan tehnik ini.

Dua Warna Kontras dengan Teknik Horizontal

Salah satu tips mudah saat Anda ingin memadukan beberapa warna sekaligus untuk cat rumah selain warna gradasi adalah warna yang bertolak belakang. Ini adalah pilihan kontras dimana satu warna dan warna lainnya beda turunannya. Gunakan teknik horizontal dalam mengkombinasikannya.

Anda bisa menggunakan warna cerah di bagian bawah lalu membuat batas garis warna dan mengaplikasikan warna gelap di atasnya. Jika Anda memiliki ruangan yang luas dengan pencahayaan cukup, meletakkan warna gelap di bagian bawah dan warna cerah di bagian atas juga tidak akan jadi masalah.

Memadukan Aneka Warna dengan Teknik Vertikal

Tips memilih kombinasi cat warna rumah selanjutnya adalah dengan memadukan warna secara vertika. Teknik ini cocok jika Anda ingin memilih warna warni cat yang memberikan kesan hangat atau ceria. Anda bisa memadukan berbagai warna yang disusun secara vertikal. Idealnya, Anda bisa menggunakan dua hingga 4 warna dalam satu ruangan.

Warna Terang untuk Ruang Sempit

Luas kamar juga jadi acuan dalam memilih warna cat dindingnya. Jika Anda memiliki ruang yang sempit, cobalah menggunakan warna-warna cerah untuk memberikan kesan ruangan lebih luas. Tidak harus warna putih, bisa mencoba warna-warna cerah, seperti golden, hijau muda, atau kuning muda.

Anda masih bisa menggunakan warna gelap yang netral, seperti dark grey dan warna kayu sebagai warna ornamen ruangan. Namun, pastikan porsi warna gelap terfokus pada salah satu dinding agar menjadi pusat perhatian dan tidak terkesan sempit. Bagaimana kalau ruangan luas, Anda punya lebih banyak kebebasan dalam memilih warna catnya, ingat saja warna netral memberikan kesan luas dan warna gelap membuat ilusi lebih sempit.

Uji Paduan Warna

Tips memilih kombinasi cat warna rumah yang harus Anda ingat adalah uji paduan warna. Hal ini dikarenakan warna yang ada pada katalog atau yang tertera pada kaleng cat tidak 100% sama dengan warna aslinya. Warna asli cat tembok sangat dipengaruhi oleh pencahayaan. Jadi pastikan uji paduan warna pada papan sebelum mengaplikasikannya ke tembok.

Itulah tadi beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah yang dapat Anda praktekkan untuk memilih paduan warna tembok lebih mudah. Semoga membantu Anda dalam mempercantik ruangan melalui warna-warna yang tepat. Berikan kesan sesuai dengan keinginan dengan menerapkan tips-tips tersebut.

Referensi:

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/06/180059376/tips-memadukan-warna-cat-pada-hunian?page=all
https://www.arsitag.com/article/bagaimana-cara-memadukan-cat-rumah-minimalis-yang-serasi-dan-harmonis
https://www.diminimalis.com/memadukan-warna-cat-dinding/
https://www.popmama.com/life/home-and-living/kintan/tips-memadukan-warna-cat-agar-rumah-lebih-nyaman/6


Leave a Reply