Penting! Cara Memplaster Dinding Rumah yang Benar

Cara memplaster dinding rumah mudah diterapkan. Sayangnya pemula menganggap sulit karena belum mengetahui cara yang benar. Tak heran sebagian orang mempekerjakan tenaga ahli agar hasilnya maksimal.

Sobat Citinews ingin memplaster dinding rumah secara mandiri? Tenang saja. Plaster tembok instan bisa dipilih, dijamin hunian semakin nyaman dan elegan. Pastinya Sobat Citinews betah di rumah.

cara memplaster dinding

Cara Memplaster Dinding Rumah

Menjadi tukang bangunan diminati banyak orang, apalagi jenis pembangunan semakin beragam. Jika memiliki keahlian memplaster dinding dengan benar, masyarakat akan menggunakan jasa Sobat Citinews. Berikut ada cara memplaster dinding rumah yang tepat, antara lain:

Menyusun Batako atau Batu Bata

Langkah pertama adalah mendirikan dinding dengan menyusun batako atau batu bata. Sobat Citinews bisa menyusun sesuai perencanaan pembangunan rumah, agar hasilnya maksimal harus jeli saat menyusun. Yaitu tegak lurus agar adukan menyatu sempurna, pastinya dinding rapi.

Jika memplaster dinding dilakukan beberapa orang, harus diskusi dan bekerjasama agar susunan batako tertata rapi. Pasalnya, susunan yang tidak rapi membuat jumlah adukan lebih banyak, alhasil pengeluaran bertambah.

Campuran Adukan Lengkap

Cara memplaster dinding rumah yang benar adalah memperhatikan campuran adukan. Pastikan takarannya tepat, yaitu campuran pasir, semen dan air sesuai lebar dan luas dinding.

Pastikan campuran adukannya lengkap sehingga plaster awet karena kualitasnya tinggi. Jika Sobat Citinews ragu membuat adukan, Sobat Citinews bisa melihat contoh adukan di kemasan semen.
Umumnya, di kemasan terdapat takaran adukan plaster dinding. Dengan begitu pemula bisa menerapkan pekerjaan plaster dinding.

Basahi Dinding dengan Air

Selanjutnya, Sobat Citinews bisa membasahi dinding dengan air sebelum memplaster. Tujuannya agar adukan plaster menempel sempurna ke permukaan dinding, usahakan membasahi air secukupnya saja.

Dinding Siap di Plaster

Poin 4 adalah cara memplaster dinding rumah terakhir. Sobat Citinews harus membentangkan benang yang diberi bandul, pastikan bandulnya tegak vertikal.

Benang tersebut berfungsi membatasi ruang kerja pada dinding. Alhasil Sobat Citinews fokus di satu bidang dengan hasil plasteran berkualitas. Untuk ketebalannya jangan terlalu tinggi, lebih baik 1,5 sampai 3 cm. Usahakan memperhatikan kerapian dan tegaknya benang.

Agar plasteran dinding berkualitas, Sobat Citinews harus mengulangi langkah diatas. Pastikan seluruh dinding batu bata atau batako sudah tertutupi plaster.

Tips Agar Plaster Dinding Rumah Berkualitas

Setelah mengetahui cara memplaster dinding rumah, Sobat Citinews harus mengetahui tips agar plaster bertahan lama. Dengan begitu tak membutuhkan renovasi secara berkala. Berikut ada tips yang diterapkan, yaitu:

Pasir tidak mengandung lumpur

Saat membeli pasir, pastikan pasir yang dibeli tidak mengandung lumpur. Sobat Citinews bisa menanyakan pada penjual perihal jenis pasir dan harganya, tak masalah jika harganya mahal karena berkualitas.

Pasir tidak mengandung lumpur mempermudah pekerjaan pembangunan rumah. Pasalnya saat adukan plaster mulai mengering, tidak menyusut. Alhasil plasteran merekat sempurna dan tidak retak rambut.

Plaster harus kering sebelum di aci

Saat ini, teknologi sudah canggih. Kecanggihan teknologi membuat plasteran semakin up to date. Saat ini banyak plaster dinding motif unik, Sobat Citinews bisa menyesuaikan sesuai kepribadian agar hunian memiliki ciri-khas tersendiri.

Sejatinya, cara memplaster dinding rumah bisa dilakukan siapa saja. Yang terpenting memahami adukan dan kelengkapan plaster dinding agar hasilnya bagus. Sobat Citinews harus memastikan plaster sudah kering saat proses pengacian.

Acian dilakukan 3 minggu kemudian

Sebagian orang tidak sabar melakukan acian padahal umur plaster baru 1 minggu. Hal tersebut memicu keretakan pada plaster, bahkan plaster berembun setelah di aci.

Sebaiknya, proses pengacian dilakukan 2 minggu sampai 3 minggu setelah diplaster. Pada dinding dalam, Sobat Citinews bisa melakukan pengacian 2 sampai 3 minggu. Tetapi pada dinding luar cukup 2 minggu karena plaster terkena sinar matahari sehingga cepat kering.

Plaster dinding adalah kesatuan pembangunan rumah. Walaupun bahan plaster dinding banyak, masyarakat tidak keberatan karena fungsinya banyak. Apalagi harga plaster tembok terjangkau. Sobat Citinews bisa menerapkan ulasan cara memplaster dinding di atas sebagai acuan.

Sumber:

https://rooma.id
https://rumahhokie.com
www.pengadaan.web.id

Leave a Reply