5 Cara Menata Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Rapi

Cara menata dapur sempit tentu cukup mudah dengan beberapa trik yang bisa Sobat Citinews lakukan. Dapur yang sempit bukan halangan untuk meletakkan cukup banyak barang di ruangan tersebut. Tinggal saja, memanfaatkan sebagaimana mungkin agar dapur tetap terlihat lega dan lebih bisa banyak menyimpan barang.

Menata Dapur Sempit

Cara Menata Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Rapi

Dapur kecil tapi rapi bukan lagi mimpi karena bisa disiasati dengan beberapa cara. Simak berikut ini selengkapnya untuk tips menata dapur dengan luas minimalis.

Manfaat Setiap Sudut Dapur Untuk Storage

Keterbatasan tempat adalah masalah untuk dapur yang kecil. Nah, cara menata dapur sempit bisa dengan memanfaatkan sudut-sudut dapur dengan meletakkan laci ataupun kabinet. Laci atau kabinet tersebut bisa berbentuk segitiga untuk dapur kecil Sobat Citinews.

Bisa juga dengan memanfaatkan organizer pada dapur yang mudah ditempel pada dinding. Organizer ini bisa dimanfaatkan untuk penempatan peralatan bersih-bersih misalnya. Sobat Citinews juga bisa membuat storage dengan kabinet di atas mendekati langit-langit rumah.

Atur Dapur Berdasarkan Kebiasaan

Sobat Citinews, cara mengatur dapur sempit yang tidak kalah menarik adalah dengan menata bagian dapur sesuai dengan kebiasaan. Artinya sesuaikan dapur dengan cara kerja agar pemilik dapur bisa lebih produktif. Misalnya saja, tempatkan bagian wastafel untuk mencuci piring satu bagian dengan tempat penyimpanan peralatan makan dan memasak.

Kemudian lakukan juga penyusunan berdasarkan seberapa sering peralatan tersebut digunakan. Desain dapur kecil sederhana dengan penempatan bumbu-bumbu dapur peralatan memasak didekatkan dengan kompor. Lalu untuk peralatan yang jarang digunakan, bisa disimpan di bagian langit-langit pada kabinet yang sudah dipasang sebelumnya.

Pilih Peralatan Dapur Sesuai Dengan yang Dibutuhkan

Peralatan dapur tentu ada cukup banyak mulai dari ukuran yang kecil sampai ukuran yang besar. Cara menata dapur sempit tentu juga harus mengurangi ego dengan tidak menggunakan terlalu banyak peralatan dapur. Sebaiknya Sobat Citinews membeli perlengkapan dapur yang dibutuhkan saja mengingat kondisi dapur yang tidak luas.

Bahkan untuk pemilihan furnitur juga harus dipertimbangkan dengan kondisi dapur. Di zaman sekarang cukup mudah untuk memilih furniture yang punya desain untuk kondisi ruangan sempit. Jadi Sobat Citinews bisa memanfaatkan hal tersebut untuk ruang dapur sendiri.

Misalnya saja dengan menggunakan meja dan kursi lipat. Dengan peralatan furniture yang bisa dilipat berarti penggunaannya hanya ketika diperlukan saja. saat sudah tidak digunakan bisa disimpan kembali jadi menghemat ruang.

Penataan Dapur Agar Terlihat Lega

Jika Sobat Citinews tidak punya keahlian untuk menata dapur yang kurang luas, maka penampilan dapur akan terlihat sangat sempit. Untuk itu perlu cara cerdik agar dapur terlihat lebih lega. Cara menata dapur sempit yaitu dengan memilih ventilasi yang baik.

Dengan ventilasi tentu Sobat Citinews tidak perlu menambahkan lampu lagi agar ruangan dapur terasa lebih terang kecuali bila malam hari. Cara menata dapur kecil agar terlihat luas yaitu dengan pencahayaan yang cukup bisa membuat penampilan dapur terasa lebih luas. Disamping itu juga dapur yang lapang membuat pemilik lebih produktif di dapurnya.

Jaga Kebersihan Selalu

Dapur yang kecil mungkin saja terasa pengap, jika ventilasi udara tidak cukup. Cara menata dapur sempit yaitu dengan menyiasatinya tentu Sobat Citinews pernah yang namanya menjaga kebersihan selalu. Maka dari itu penting untuk membuat area pembuangan sampah yang memadai pula.

Ketika sedang melakukan pembersihan dapur sebaiknya gunakan tempat sampah yang berbeda-beda. Alasannya adalah agar tidak perlu membuat tempat pembuangan sampah di luar sehingga bau sampah menyebar ke tetangga.
Sebaiknya gunakan tempat sampah yang terpisah antara sampah kering dan sampah basah untuk dapur sempit sekali. Jangan membeli tempat sampah ukuran terlalu besar agar muat di dapur minimalis Sobat Citinews.

Demikian beberapa tips untuk penataan dapur kecil agar terlihat lebih lega dan juga bisa tetap menyimpan banyak peralatan dapur. Cara menata dapur sempit di atas tentu sangat bisa Sobat Citinews praktekkan di rumah. kuncinya adalah dengan memanfaatkan setiap sudut atau bagian dapur untuk penempatan peralatan dapur dan sebaiknya beli alat dapur yang dibutuhkan saja. Jadi selain hemat uang juga bisa menghemat tempat pada kondisi dapur dengan ukuran minimalis.

Sumber :

https://jogja.idntimes.com/life/family/klara-livia-1/8-ide-menata-dapur-mini-supaya-rapi-dan-muat-banyak-regional-jogja
https://m.dekoruma.com/artikel/46530/tips-mengakali-desain-dapur-kecil
https://www.99.co/id/panduan/cara-menata-dapur-sempit

Leave a Reply