Cara Menjadi Distributor Bahan Bangunan

Ingin tahu bagaimana cara menjadi distributor bahan bangunan? Sobat Citinews, kebutuhan akan material bangunan makin lama memang semakin tinggi. Kebutuhan akan pembangunan maupun renovasi, tentu tidak akan ada habisnya. Peluang besar ini seringkali tidak akan disia-siakan oleh para calon pebisnis.

Banyak diantara mereka mulai mengambil peluang tersebut dengan membuka usaha distributor atau toko bangunan. Tapi tidak bisa dipungkiri, bahwa membuka usaha ini tidaklah mudah. Sobat Citinews harus tetap bisa berinovasi dan bertahan di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Beginilah Cara Menjadi Distributor Bahan Bangunan

Banyak hal yang perlu Sobat Citinews persiapkan, sebelum membuka usaha distributor material. Di bawah ini ada cara menjadi distributor bahan bangunan yang bisa dijadikan pertimbangan.

Memilih Lokasi Usaha

Sangat penting memilih lokasi usaha yang strategis untuk membuka toko material. Pilih lokasi yang sekiranya mudah diakses, serta dekat dengan area pemukiman.

Memperhatikan Kebutuhan pasar

Sobat Citinews perlu memperhatikan kebutuhan pasar, terkait barang-barang yang dijual. Misalkan saja ketika musim musim hujan, peralatan untuk memperbaiki kerusakan saluran air perlu ditambah.

Menjual Bahan Bangunan Berkualitas

Cara menjadi distributor bahan bangunan selanjutnya, yakni dengan menjual bahan material yang berkualitas baik. Kualitas akan sangat mempengaruhi kekuatan, keamanan, serta masa pakai bahan bangunan. Memprioritaskan kualitas akan membuat konsumen merasa lebih puas dan mendapatkan hasil terbaik.

Pemberian Promo

Ketika baru saja membuka usaha, tidak ada salahnya memberikan promo bagi konsumen. Berikan diskon dengan minimal pembelian atau bonus berupa barang, seperti kaos, payung, tas, dll.

Pelayanan Bersahabat

Bukan hanya kualitas barang yang dijual saja yang akan membuat konsumen menjadi pelanggan setia. Melainkan, pelayanan yang diberikan juga sangat bersahabat. Contohnya seperti staf yang ramah, serta mampu memberikan saran dan bahan sesuai yang dibutuhkan pelanggan.

Memprioritaskan Kejujuran

Ketika nantinya melayani pembelian, pastikan untuk selalu memberikan informasi yang tepat seputar kualitas barang. Misalkan saja untuk material tertentu yang berkualitas baik dengan harga mahal, ataukah kualitas standar dengan harga lebih miring.

Penuhi Fasilitas secara Lengkap

Cara menjadi distributor bahan bangunan yang tidak kalah pentingnya, yakni memberikan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang dimaksud di sini tidak harus selalu berhubungan dengan bahan material yang dijual. Melainkan, fasilitas penunjang kenyamanan bagi konsumen ketika berada di toko Sobat Citinews.

Fasilitas yang dimaksud, diantaranya seperti lahan parkir yang akan memudahkan proses muat bahan material dalam jumlah besar. Pastikan jika lahan memenuhi kapasitas parkir mobil, sepeda motor, hingga truk muatan. Fasilitas lain yang perlu disediakan adalah transportasi pengiriman, tukang angkut, sopir dan sebagainya.

Menetapkan Harga yang Bersahabat

Seperti kita tahu, bahwa harga yang cenderung miring dan bersaing seringkali jadi pilihan konsumen. Meski begitu, bukan berarti kualitas harus dinomor duakan. Penting bagi Sobat Citinews untuk memberikan harga yang lebih murah dari pesaing, meski untuk kualitas material yang sama.

Dalam hal ini, cobalah sesekali melakukan survey lapangan secara langsung. Lakukan survey ke beberapa toko pesaing, lalu lihat bagaimana penetapan harganya. Setelah itu, sebaiknya tetapkan harga sedikit lebih murah dari pesaing. Meski tidak seberapa, tetapi konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang lebih murah.

Daftar Material Lengkap

Kebanyakan konsumen ingin membeli beberapa bahan material hanya dari satu toko saja. Ini bisa jadi kesempatan Sobat Citinews untuk mendapatkan penjualan dalam jumlah banyak. Melihat kondisi ini, maka sebaiknya lengkapi daftar material yang dijual.

Contohnya saja bahan pelengkap atau tambahan seperti kaca, selang, kabel, pipa, paralon, cangkul, pompa, dsb. Karena bahan-bahan ini seringkali dibutuhkan untuk melengkapi pendirian maupun renovasi bangunan.

Memilih Supplier Yang Tepat

Sobat Citinews, salah satu tujuan membuka usaha toko bangunan adalah untuk mencapai keuntungan maksimal. Nah, cara untuk meraihnya adalah dengan memilih supplier material yang tepat. Pastikan supplier menawarkan harga lebih miring, kualitas baik, berpengalaman, serta menjamin kerjasama usaha bahan bangunan yang baik.

Membuka usaha toko bangunan, tentu saja memerlukan banyak persiapan. Sobat Citinews bisa menerapkan persiapan tepat melalui cara menjadi distributor bahan bangunan di atas. Sobat Citinews, perlu memprioritaskan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan kepercayaan sebagai distributor berkualitas.

REFERENSI:

https://bukuwarung.com/cara-membuka-usaha-toko-bangunan/#8_Menangkan_Persaingan_Usaha
https://accurate.id/marketing-manajemen/membangun-toko-bangunan-yang-laris/
https://www.investasiuntung.com/2017/09/cara-membuka-bisnis-toko-bangunan.html?m=1
https://bisnisukm.com/tips-dan-trik-membuka-bisnis-toko-bangunan.html

Leave a Reply