5 Cara Rumah Bebas Nyamuk Tanpa Semprotan

Cara rumah bebas nyamuk berikut bisa sangat membantu buat Sobat Citinews yang mengalami masalah rumah banyak nyamuk. Perlu diketahui bahwa selain mengganggu, nyamuk dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah ataupun malaria melalui gigitannya. Ada cara rumah bebas nyamuk yang bisa dilakukan. Sobat Citinews mungkin sering kesal saat nyamuk tetap saja bisa masuk rumah meskipun jendela sudah ditutup rapat. Suaranya yang berisik saat mendekat ke telinga akan mengganggu kenyamanan saat tidur.

cara rumah bebas nyamuk

Sobat Citinews mungkin sering bertanya, kenapa rumah tiba-tiba banyak nyamuk ? Ada banyak alasan sebenarnya, mulai dari banyak sampah yang berserakan ataupun wadah air yang tidak tertutup. Sobat Citinews bisa menggunakan cara di bawah ini. Untuk alasan kesehatan, sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia seperti cairan semprotan. Lalu, bagaimana cara yang lain ? Simak informasinya di bawah ini.

5 Cara Rumah Bebas Nyamuk Tanpa Semprotan

Hindari Menumpuk Pakaian Kotor

Pakaian yang kotor, terlebih berkeringat ternyata sangat mudah mengundang nyamuk masuk ke dalam rumah loh. Serangga ini diketahui sangat menyukai bau badan manusia, sehingga akan mendekat ketika menciumnya. Saat Sobat Citinews lupa untuk membereskan pakaian kotor, dalam hitungan beberapa menit saja nyamuk sudah mulai mengerumuninya. Kebiasaan buruk ini bisa dikatakan penyebab banyak nyamuk di rumah.

Untuk mengatasi hal itu, jangan sampai lupa untuk membereskan pakaian kotor. Jika memungkinkan, langsung cuci saja pakaian tersebut menggunakan mesin cuci agar lebih cepat. Aplikasikan cara rumah bebas nyamuk ini kapanpun.

Bersihkan Wadah Penampung Air

Di rumah Sobat Citinews pasti terdapat beberapa wadah penampung air seperti tempat minum hewan, dispenser maupun bak penampung air. Sebenarnya wadah tersebut tidak akan menyebabkan rumah banyak nyamuk. Namun jika wadah dibiarkan terbuka dalam durasi yang lama, akan ada banyak nyamuk yang bertelur disana. Wadah itu nantinya bisa digunakan nyamuk untuk berkembang biak, dan menyebabkan nyamuk semakin banyak.

Cara rumah bebas nyamuk yang kedua ini, Sobat Citinews harus memastikan semua wadah yang digunakan untuk menampung air tertutup dengan rapat. Setelah tidak digunakan, sebaiknya buang air yang ada di dalamnya. Jangan biarkan wadah tersebut menjadi tempat bertelur nyamuk. Perlu diketahui, telur nyamuk akan menetas menjadi jentik-jentik dalam hitungan 48 jam saja loh, cepat bangetkan.

Tutup Celah yang Ada Di Jendela dan Pintu

Nyamuk dapat masuk ke rumah melalui celah-celah kecil yang ada di rumah, bisa melalui celah di jendela ataupun pintu. Ukurannya yang kecil membuat serangga ini dengan mudah masuk ke rumah. Maka dari itu, Sobat Citinews harus segera menutup celah-celah yang memungkinkan nyamuk masuk. Cara rumah bebas nyamuk yang satu ini, sangat mudah dilakukan.

Ini menjadi cara menghilangkan nyamuk di rumah yang banyak paling mudah dilakukan. Jika di dekat rumah Sobat Citinews terdapat banyak pohon bambu, lebih baik jangan terlalu sering membuka jendela ataupun pintu. Karena biasanya, banyak nyamuk yang bersarang di pohon tersebut.

Gunakan Bahan Alami

Cara rumah bebas nyamuk selanjutnya, Sobat Citinews bisa menggunakan beberapa bahan alami ini. Banyak yang menyebutkan bahwa bahan alami seperti serai, bawang putih, bunga lavender, kulit jeruk ataupun geranium dipercaya dapat mengusir nyamuk. Caranya sangat mudah, potong-potong serai dan kulit jeruk sampai berukuran kecil-kecil, kemudian letakkan keduanya di sudut-sudut ruangan.

Selain itu, Sobat Citinews juga bisa menanam lavender dan geranium disekitar rumah untuk mengusir nyamuk dari rumah. Bau yang ditimbulkan dari keduanya ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Dengan cara ini, nyamuk bisa cepat menghilang sebelum masuk ke rumah.

Cat Tembok Dengan Warna Tertentu

Menurut beberapa sumber, terdapat beberapa warna yang tidak disukai oleh nyamuk. Warna tersebut diantaranya hijau, kuning, putih, biru kehijauan ataupun kuning kehijauan.

Nah, Sobat Citinews bisa mengubah warna dinding rumah menggunakan warna-warna tersebut. Ini bisa dilakukan saat nyamuk benar-benar sudah sangat mengganggu dan membuat kenyamanan sulit dirasakan lagi.

Nah itulah 5 cara rumah bebas nyamuk yang Sobat Citinews bisa lakukan. Penyebab utama nyamuk masuk rumah tidak lain karena adanya area yang kotor. Jadi tidak ada lagi pertanyaan mengenai banyak nyamuk di rumah pertanda apa, yang berkaitan dengan mitos-mitos belaka. Selalu bersihkan rumah saat ada area yang kotor dengan begitu nyamuk tidak akan lagi mengganggu saat Sobat Citinews berada di rumah.

Referensi

https://www.magiclean.co.id/magictips/tips-bebersih/trik-jitu-membuat-rumah-bebas-nyamuk
https://www.dekoruma.com/artikel/76276/cara-mengusir-nyamuk-dari-rumah
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengusir-nyamuk/

Leave a Reply