Inilah 6 Tips Mencicil Bahan Bangunan dengan Dana Lebih Hemat

Ingin mencari cara membangun rumah dari nol karena terkendala budget? Mau tahu bagaimana tips mencicil bahan bangunan agar dana yang dikeluarkan bisa seminim mungkin? Proses membangun rumah dari nol, memang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang semestinya dipersiapkan secara matang-matang.

Inilah 6 Tips Mencicil Bahan Bangunan dengan Dana Lebih Hemat

Termasuk mengenai perhitungan dan persiapan dana untuk pembelian bahan bangunan. Jangan sampai rencana membuat bangunan dengan anggaran minim, justru membuat dana yang dikeluarkan semakin membengkak.
Satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah perencanaan bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah. Contohnya batu pondasi, semen, pasir, kerikil/batu pecah, genteng, keramik, bata, dsb. Ada juga bahan tambahan lain seperti cat, kaca, pintu dan jendela, keramik, pipa dan masih banyak yang lain.

Seputar Tips Mencicil Bahan Bangunan untuk Rumah Idaman

Salah satu cara menabung untuk membangun rumah adalah dengan mencicil sedikit demi sedikit. Berikut tips mencicil bahan bangunan yang bisa Sobat Citinews lakukan.

Memperhatikan Perubahan Harga Material

Umumnya, beberapa bahan bangunan memberikan perubahan di musim-musim tertentu. Misalkan saja di musim kemarau, kebanyakan bahan bangunan dijual dengan harga yang lebih mahal. Jadi, sangat tidak disarankan untuk mulai mencicil di musim seperti ini.

Lain halnya bila membeli di musim penghujan, di mana harganya cenderung lebih rendah. Maka lebih baik, bila Sobat Citinews mencicil pembelian material di musim penghujan. Barulah nanti ketika memasuki musim panas, proses pembangunan bisa dimulai. Tips ini bisa efektif menghemat anggaran untuk pembangunan rumah.

Survey Harga di Lapangan

Ketahuilah bahwa setiap toko bahan bangunan memiliki perbedaan terkait bahan bangunan rumah dan harganya. Penting untuk memilih toko yang menawarkan harga lebih murah dan catat perbandingannya. Lebih baik, pilihlah pembelian bahan bangunan di satu toko untuk mendapat harga lebih murah.

Membeli dari Sumbernya

Bila ingin mencicil bahan material dengan alasan menghemat dana, maka disarankan supaya membeli secara langsung dari sumbernya. Misal ketika ingin membeli batu bata, belilah secara langsung dari pengrajin atau pembuat batu bata. Begitu juga untuk pembelian kayu, pasir dan bahan-bahan lainnya.

Mencicil dengan Menitipkan Barang

Tips mencicil bahan bangunan selanjutnya, yakni dengan menitipkan barang di tempat pembelian. Jarang diketahui, tetapi beberapa toko atau tempat pembelian material juga melayani titip barang.

Cara ini seringkali dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki lahan atau tempat penyimpanan di rumahnya. Dengan menitipkan bahan bangunan, Sobat Citinews tetap bisa mencicil secara bertahap. Namun perlu diperhatikan, supaya memilih toko bangunan yang berkualitas dan sudah dikenal baik.

Jangan lupa untuk membuat bukti tertulis agar material yang dititipkan tetap dalam kondisi aman. Buatlah perjanjian mengenai kapan perkiraan waktu pengambilan barang yang dititipkan. Hal ini akan memudahkan bila sewaktu-waktu terjadi kendala dalam penitipan material.

Material Prioritas

Ada banyak material yang nantinya pasti dibutuhkan ketika tiba proses pembangunan. Hanya saja, Sobat Citinews tidak bisa asal mencicil barang tanpa pertimbangan. Ketika memilih bahan bangunan yang akan dicicil, sebaiknya pilihlah material penting yang perlu terlebih dulu diprioritaskan.

Contoh bahan material tersebut adalah pasir, batu bata/batu pecah, semen, batu kapur, kayu, genteng, dan material utama yang penting dalam pendirian bangunan. Sedangkan bahan-bahan lain seperti cat, keramik, perabot, kaca, atau keperluan perbaikan sebaiknya menyusul.

Menyimpan Material di Rumah

Bagi Sobat Citinews yang memiliki rumah atau halaman cukup luas, tentu tidak perlu khawatir jika ingin mencicil bahan bangunan. Material bisa disimpan sendiri tanpa harus menitipkannya di toko bangunan. Tips mencicil bahan bangunan ini cukup banyak diterapkan oleh mereka yang ingin menabung anggaran pembangunan rumah.

Mencicil bahan bagunan memang menjadi langkah tepat bagi Sobat Citinews yang ingin menghemat anggaran membangun rumah. Sekarang ini, cara tersebut sudah banyak diterapkan dalam pembangunan rumah pribadi.

Anggaran terbatas, tentu saja tidak akan menjadi halangan untuk segera memiliki rumah pribadi. Sobat Citinews bisa menerapkan tips mencicil bahan bangunan di atas jika ingin segera memiliki rumah idaman tersebut. Meski bertujuan untuk menghemat anggaran, pastikan kualitas produk bahan bangunan murah dan kuat yang bermutu baik.

Referensi:
https://www.rumahsae.com/2016/06/begini-caranya-menabung-untuk-membangun-rumah.html?m=1
https://www.rumah.com/panduan-properti/daftar-bahan-bangunan-penting-untuk-bangun-rumah-15323
https://www.lamudi.co.id/journal/ini-dia-cara-menghemat-bahan-bangunan-untuk-rumah/
https://koinworks.com/blog/cara-hemat-membangun-rumah-idaman/

Leave a Reply