Cara Mudah Menghitung Kubikasi Kayu Mudah dan Cepat

Cara mudah menghitung kubikasi kayu ternyata dapat dilakukan secara mudah. Biasanya menghitung volume kubikasi dilakukan saat Sobat Citinews membeli kayu dalam jumlah besar. Untuk itu memperkirakan kubikasi sangat diperlukan agar Sobat Citinews dapat mengestimasi volume dalam satu kiriman.

Cara mudah menghitung kubikasi kayu

Cara menghitung Kubikasi Kayu Tanpa Tabel Kubikasi

Cara menghitung kubikasi kayu dapat dilakukan dengan menggunakan rumus volume tabung. Hal ini sama saja karena bentuk log pada kayu tersebut tidak jauh berbeda dengan bentuk tabung. Yang perlu diperhatikan hanya koefisiennya saja untuk mendapatkan estimasi lebih ukuran.

Sobat Citinews dapat mengukur secara langsung sebuah kubikasi kayu dengan rumus P x L x T x K. Dengan rumus tersebut Sobat Citinews bisa mengukur secara akurat volume dari log sebuah balok kayu. Cara menghitung kubikasi balok kayu ini paling mudah dan cepat dibandingkan dengan metode lainnya.

Sebagai contoh sebuah kayu memiliki panjang 3 meter dengan tebal 50 cm dan lebar 50 cm. Untuk menghitung kubikasinya tidak terlalu sulit pertama Sobat Citinews harus mengubah satuan cm menjadi m dengan cara membagi tebal dan lebar dengan 100. Setelah itu baru masukkan ke dalam rumus perhitungan.

Yang harus diperhatikan dalam cara menghitung kubikasi kayu log adalah koefisiennya. Sudah ditetapkan nilai koefisien kayu adalah 0.7854 jadi langsung masukkan saja pada rumus perhitungan. Jadi nantinya akan ditemukan perhitungan 3 x 0.5 x 0.5 x 0.7854 = 0.58905 meter kubik kayu.

Dengan perhitungan tersebut Sobat Citinews tidak perlu melihat tabel kubikasi kayu untuk mengestimasi volume dari log. Cara menghitung kubikasi tersebut tentunya sangat mudah untuk diaplikasikan di lapangan. Sobat Citinews tidak perlu membuang banyak waktu dalam menghitungnya.

Metode perhitungan ini memang hampir sama seperti cara menghitung kubikasi beton namun berbeda nilai koefisiennya saja. Jadi jika sebelumnya sudah pernah melakukan perhitungan kubikasi beton akan cukup mudah dalam menghitung log kayu. Metodenya tidak berbeda terlalu jauh.

Pengaplikasian Lapangan Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Sobat Citinews dapat menerapkan cara menghitung kubikasi kayu secara langsung dari bagian atas kendaraan pembawanya. Jadi Sobat Citinews hanya perlu mengetahui jumlah log kayu dan mengetahui rata-rata panjangnya saja. Dengan memanfaatkan metode ini penghitungan dapat dilakukan lebih cepat.

Tidak perlu membongkar muatan satu persatu ketika Sobat Citinews bisa langsung menghitungnya dari atas kendaraan. Caranya sangat mudah cukup lihat manifest jumlah kayu yang diangkut pada transportasi tersebut. Kemudian kalikan dengan metode perhitungan awal pada pembahasan sebelumnya.

Contoh kasus dalam sebuah kendaraan mengangkut kayu sebanyak 30 log dengan rata panjang 5 meter. Rata-rata lebar dan tebal kayu adalah 50 cm berapakah total kubikasi yang dibawa kendaraan tersebut. Sobat Citinews dapat menggunakan cara menghitung kubikasi kayu secara mudah menggunakan metode sebelumnya.

Caranya cukup mudah cari rata-rata kubikasi pada tiap kayu tersebut. Dengan perhitungan 5 x 0.5 x 0.5 x 0.7854 = 0.98175 meter kubik kayu dalam perhitungan rata-rata. Kemudian kalikan dengan jumlah muatan yang dibawa oleh mobil transportasi tersebut. 0.98175 meter kubik dikalikan dengan 30 buah kayu menghasilkan 29.4525 meter kubik.

Cara menghitung kubikasi kayu menggunakan metode tersebut tentu saja sangat menghemat waktu bagi para pelaku usaha. Sobat Citinews dapat melakukan perhitungan dengan cepat dalam waktu kurang dari lima menit saja. Dengan begitu arus transportasi tidak akan terganggu secara signifikan.

Dengan mengetahui Cara menghitung kubikasi kayu ini Sobat Citinews juga tidak perlu melihat secara langsung tabel kubikasi kayu. Dengan begitu melakukan pengecekan muatan tidak perlu rumit dilakukan karena hanya memakan waktu singkat saja. Cukup bermodalkan kalkulator saja Sobat Citinews sudah bisa melakukan perhitungan secara singkat.

Apabila tidak ada peralatan pendukung untuk mengukur secara akurat Sobat Citinews dapat menggunakan ponsel pintar. Proses perhitungan dapat dilakukan secara menyeluruh dengan cepat. Kemudian pengukuran panjang dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi.

Proses pengecekan akan menjadi sangat mudah dan singkat dengan satu alat singkat saja. Cara menghitung kubikasi kayu tentunya akan sangat bermanfaat dan dapat disesuaikan dengan pengukuran lainnya. Selain kayu dengan mengubah koefisien Sobat Citinews dapat mengukur berbagai macam kubikasi.

Referensi:
https://furnituredanmebel.blogspot.com/2016/01/belajar-cara-menghitung-kubikasi-kayu-papan.html
https://kayupedia.com/cara-menghitung-kubikasi-atau-volume-kayu-gelondong/
https://rumus.co.id/volume-tabung/

Leave a Reply