5 Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan yang Bisa Dilakukan

Dinding rembes air adalah salah satu masalah yang sering dihadapi setiap rumah di musim hujan. Apakah Sobat Citinews juga mengalaminya? jika Iya, Sobat Citinews harus mengetahui cara mengatasi dinding rembes air hujan. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini tidak boleh, dibiarkan karena bisa merusak estetika rumah dengan berbagai bentuk bekas rembesan di dinding dan dapat mengelupas cat.

image : shutterstock

Sebelum mengetahui cara mengatasi dinding rembes air hujan, Sobat Citinews juga perlu mengetahui apa yang menyebabkan rembesan tersebut terjadi. Pasalnya ada beberapa penyebab tembok rumah merembes, seperti tembok berdempetan dengan tembok di sebelahnya, dinding luar tidak diplester atau proses pem-plesteran dinding tidak bagus. Kebanyakan penyebabnya terjadi a salah adukan plester, dimana bahan adukan antara pasir dan semen harusnya berbanding 2:1.

5 Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan

Selain membuat penghuni rumah tidak nyaman, rembesan air pada dinding juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti mata merah, sesak nafas, infeksi dan iritasi kulit. Hal ini karena suhu tembok terasa lebih dingin dan dapat menimbulkan tumbuhnya jamur yang tidak baik. Oleh sebab itu, Sobat Citinews harus segera melakukan 5 cara mengatasi dinding rembes air hujan seperti berikut ini,

Mengatasi Dinding yang Retak

Salah satu hal yang membuat dinding mengalami rembesan yaitu karena adanya retakan pada dinding. Oleh sebab itu cara mengatasi dinding rembes air hujan yang harus dilakukan yaitu dengan mengatasi dinding yang retak terlebih dahulu.

Sobat Citinews dapat melepaskan sisa cat yang menempel pada area dinding yang retak, lalu membersihkan permukaan dinding tersebut. Setelah bersih, Sobat Citinews bisa memberi komponen waterproofing atau anti air di dinding.

Pasalnya saat ini sudah ada produk khusus cat untuk tembok rembes, di mana cat tersebut dilapisi oleh waterproofing dengan berbagai pilihan warna. Sehingga Sobat Citinews tidak perlu melakukan dua kali pekerjaan.

Melapisi Dinding dengan Weldcrete Coating

Apabila rembesan pada dinding sudah sangat parah, maka Sobat Citinews dapat melapisi dinding dengan weldcrete coating. Cara mengatasi dinding rembes air hujan ini harus segera dilakukan agar kelembaban yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi dan muncul jamur.

Sobat Citinews dapat mengeruk permukaan cat yang terkena rembesan hujan terlebih dahulu, lalu memplester dinding dan lapisi dinding dengan weldcrete coating. Adapun cara membuat lapisannya yaitu dengan weldcrete coating ata zat adiktif campuran mortar anti-air, ditambah dengan menggunakan cat pelapis anti-lembab atau redseal. Aplikasikan adonan pelapis tembok rembes tersebut dan biarkan hingga cat mengering.

Sirkulasi Udara di Rumah Baik

Cara Mengatasi tembok lembab dan berair selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa sirkulasi udara di rumah dalam keadaan baik dan cukup. Pasalnya sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi terjadi resiko kelembaban pada dinding, karena dinding terkena sinar matahari dan angin.

Sobat Citinews juga harus memastikan bahwa desain ventilasi kamar mandi pas dan sesuai, mengingat tembok kamar mandi rawan terhadap rembesan dan kelembaban. Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur di dinding yang lembab.

Perbaiki Talang Air

Salah satu yang menyebabkan rembesan air di dinding yaitu adanya kebocoran pada talang air dan dak beton. Apabila talang air bocor, maka air hujan dapat masuk ke rumah melalui dinding.

Dalam hal ini, cara mengatasi dinding rembes air hujan yang harus dilakukan Sobat Citinews yaitu dengan memperbaiki talang air dengan tepat. Jangan lupa periksa talang air secara berkala, karena dikhawatirkan terjadi kebocoran lagi.

Tingkatkan Kualitas Plester dan Acian

Jika kualitas plesteran dan acian dinding rumah Sobat Citinews kurang baik, sebaiknya diganti saja agar tidak terjadi perubahan air semakin parah. Pastikan Sobat Citinews meningkatkan kualitas plesteran dan acian dinding, lalu mengecat ulang dinding.

Itulah 5 cara mengatasi dinding rembes air hujan yang bisa Sobat Citinews lakukan. Dengan melakukan cara tersebut, Sobat Citinews akan merasa nyaman berada di rumah dan tampilan rumah juga tetap menarik.

Referensi:

https://www.cekaja.com/info/cara-mengatasi-tembok-rembes
https://depobagoesbangunan.com/2020/02/05/cara-mengatasi-dinding-rembes-air-hujan/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengatasi-dinding-rembes/

Leave a Reply