5 Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Alat di Rumah

Bosan dengan tampilan dinding polos? Ubah saja. Ada banyak cara mengecat dinding bercorak yang bisa dilakukan bahkan dengan alat sederhana. Alatnya bisa ditemui di sekitar rumah. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk tenaga tukang dan alat khusus, mengecat bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

mengecat dinding
image : shutterstock

Teknik mengecat dinding agar tampilannya bermotif bahkan memiliki tekstur tidak sulit. Asalkan tahu bagaimana memanfaatkan alat untuk menciptakan cat dinding kreatif. Penasaran apa saja alat yang bisa digunakan dan bagaimana caranya? Simak terus sampai akhir.

Cara Mengecat Dinding Bercorak Unik dengan Alat Sederhana

Setiap orang pasti akan merasa bosan dengan tampilan ruangan yang itu-itu saja. Apakah Sobat Citinews saat ini sedang merasa jenuh dengan tampilan kamar hingga mengganggu waktu istirahat?

Mengubah warna dinding polos saja tidak cukup untuk merubah suasana. Menambahkan motif dengan beberapa warna cat dinding sehingga menimbulkan kesan kontras tidak ada salahnya. Asalkan berani memadupadankan warna dan kreatif semua bisa diwujudkan.

Berikut ini ada beberapa pilihan cara mengecat dinding bercorak memanfaatkan alat sederhana yang ada di rumah.

Dinding bermotif batu bata dengan spons

Corak cat dinding kreatif yang tidak pernah disangka yaitu menduplikasi motif batu bata ternyata hanya menggunakan spons saja. Sobat Citinews bisa menggunakan spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Pergunakanlah spons yang masih baru.

Supaya mirip dengan bata merah, pilih cat dinding berwarna merah bata dan berikan warna dasar abu-abu pada dinding. Kemudian siapkan cat dinding dan tempelkan permukaan spons pada campuran cat.

Stempel dinding dengan spons dan atur jaraknya berdekatan hingga membentuk seperti batu bata yang disusun. Lakukan langkah yang sama sampai dinding terpenuhi dengan motif ini.

Dinding tekstur garis dengan sapu atau sikat

Cara mengecat dinding bercorak yang kedua adalah dengan memanfaatkan sikat pakaian atau sapu. Kedua alat ini bisa menciptakan tekstur bergaris pada permukaan dinding. Untuk pengecatan cara ini Sobat Citinews akan mendapatkan satu warna dinding, tetapi dengan adanya tekstur bergaris tentu akan tampak berbeda.

Caranya adalah dengan mengecat dinding ke satu bagian terlebih dahulu, kemudian sebelum cat mengering pergunakan sikat atau sapu yang ditekan dari atas ke bawah hingga membentuk garis. Biarkan kering dan motif akan terlihat.

Dinding bertekstur abstrak dengan kain

Tidak suka dengan motif garis? Ada cara kreatif lainnya yaitu dengan kain untuk menciptakan motif abstrak. Kain yang digunakan bisa baju bekas dari bahan katun. Cara ini bisa digunakan untuk satu warna pada dinding.

Cara mengecat dinding bercorak dengan kain bisa dimulai dari mencelupkan kain ke larutan cat dinding. Kemudian peras dan tempelkan per bagian pada dinding hingga membentuk motif abstrak. Tak perlu menempelkannya terlalu tebal agar motif tetap terlihat.

Dinding motif geometri dengan isolasi

Motif lain yang cukup cocok untuk desain ruangan minimalis modern dalah dindings gemometri. Sobat Citinews bisa membuat motif geometri yang acak dan ukurannya cenderung besar.

Modalnya hanyalah menggunakan isolasi, cara mengecat kombinasi dua warna motif geometri dimulai dengan membuat motif terlebih dahulu. Tempelkan isolasi membentuk segitiga besar kecil secara acak.

Cat bagian dalam segitiga terlebih dahulu dengan warna terang atau gelap. Kemudian cat bagian luar segitiga dengan cat warna kontras dari sebelumnya. Selesai mengecat segera lepaskan isolasi dan hasilnya pun akan terlihat. Supaya mudah dilepaskan gunakan isolasi kertas ya.

Dinding aneka motif dengan kardus bekas

Cara mengecat tembok beda warna selain motif geometri ada begitu banyak. Masih ada motif polkadot, daun, hewan dan lainnya yang bisa dibuat. Caranya adalah memanfaatkan kardus bekas untuk membuat mal terlebih dahulu.

Jika Sobat Citinews memiliki bakat menggambar, inilah saatnya untuk memproyeksikannya pada dinding. Buat desain mal pada kardus kemudian tempelkan motif mal tersebut pada dinding.

Cat hanya pada bagian dalam mal kardus dengan warna yang berbeda-beda supaya lebih menarik. Selesai mengecat lepaskan mal kardus kemudian biarkan kering. Motif yang unik pun akan tercipta.

Bagaimana, semua cara mengecat dinding bercorak ini sangat mudah kan dilakukan sendiri? Bahkan tanpa modal banyak, cukup kuas dan juga cat dinding warna-warni saja.

Leave a Reply