Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Lantai Keramik

Sebelum Sobat Citinews membangun rumah atau merenovasi bangunan, pasir menjadi material wajib dipersiapkan terlebih dahulu. Pemasangan keramik untuk lantai juga membutuhkan material yang satu ini. Jika Sobat Citinews ingin memasang lantai dengan keramik maka berikut ini ada cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai.

kebutuhan pasir untuk lantai

Dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai maka Sobat Citinews tidak akan merasa bingung lagi saat ingin membeli pasir. Perhitungan yang tepat dapat membantu untuk membeli pasir dalam jumlah yang tidak berlebihan atau justru kurang.

Jumlah pasir yang dibeli biasanya dihitung berdasarkan dari kebutuhan pasir per meternya. Semakin luas ukuran lantai yang akan dipasang keramik, tentu kebutuhan pasir juga akan semakin banyak.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Lantai

Tidak sulit sebenarnya menghitung kebutuhan pasir untuk lantai yang dibutuhkan untuk membuat lantai keramik di rumah. Misalnya saja ingin membeli keramik maka bisa menghitung luas dari lantai kemudian dibagi dengan isi dari 1 dus keramik. Dalam 1 dus keramik biasanya berisik keramik yang nantinya apabila terpasang akan mencangkup 1 M2.

Tidak jauh berbeda dengan bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik. Sobat Citinews juga bisa mengetahui jumlah pasir yang dibutuhkan dengan melakukan perhitungan yang mirip.

Menghitung Jumlah Pasir yang Dibutuhkan

Sobat Citinews bisa memperhitungkan jumlah pasir berdasarkan luas lantai yang akan dibangun. Berdasarkan dari perhitungan umum yang dilakukan oleh para pekerja bangunan untuk setiap 1 M2 dibutuhkan pasir sekitar 0,045 M3.

Cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai ini sudah digunakan oleh para tukang untuk memperkirakan berapa jumlah pasir yang dibutuhkan ketika akan membangun lantai. Jadi apabila Sobat Citinews ingin memasang lantai keramik untuk luas lantai sekitar 70 M2 maka tinggal dikalikan dengan 0,045 M3. Hasil yang didapatkan yaitu sekitar: 3,15m3.

Dalam satu truk colt biasanya dapat memuat sekitar 1 meter kubik pasir. Jadi Sobat Citinews tinggal memesan pasir sekitar 3,15 M3 pasir untuk memasang lantai keramik. Akan lebih baik apabila Sobat Citinews melebihkan jumlah pasir yang dipesan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekurangan pasir saat sudah mulai pemasangan.

Kisaran Harga Pasir Per Kubik

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai, selanjutnya Sobat Citinews juga perlu mengetahui tentang berapa kisaran harga pasir. Harga pasir antara satu wilayah dengan yang lainnya mungkin saja berbeda.

Misalnya di suatu kota Sobat Citinews dapat membeli pasir dengan kisaran per kubiknya sebesar Rp150.000, namun di kota lain harga tersebut bisa saja kurang atau bahkan lebih.

Umumnya harga pasir per kubiknya adalah sekitar Rp155.000. Dengan mengetahui kisaran harga perkubik, Sobat Citinews akan dapat dengan mudah mengetahui berapa biaya yang nantinya dibutuhkan untuk membeli pasir.

Rumus untuk menghitung biaya pembelian pasir adalah dengan mengalikan jumlah pasir per meter persegi lalu dikalikan dengan ukuran lantai dan dikalikan dengan harga pasir per M3 (0,045x70m2x155.000). Nantinya akan didapatkan hasil berapa biaya yang harus dihabiskan untuk membeli pasir.

Memperhitungkan Material Lain

Sobat Citinews apabila hendak membangun lantai rumah memang penting untuk melakukan perencanaan anggaran semacam ini. Bukan hanya menghitung kebutuhan pasir saja namun juga perlu menghitung dan kebutuhan lainnya.

Saat ini ada banyak pilihan jenis lantai yang bisa diaplikasikan di rumah. Untuk jenis keramik sendiri juga sudah tersedia beragam pilihan dari motif hingga ukuran. Keramik dengan ukuran yang besar memiliki kisaran harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan keramik berukuran kecil. Motif dari keramik juga sangat berpengaruh terhadap harga.

Selain membutuhkan pasir dan keramik, Sobat Citinews juga perlu menghitung berapa jumlah semen yang dibutuhkan. Selanjutnya apabila sudah memperhitungkan material untuk memasang keramik, Sobat Citinews ditinggal memperhitungkan berapa upah untuk tukang yang akan bekerja.

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai. Sobat Citinews tentu tidak merasa kesulitan lagi untuk menghitung pasir yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Cara diatas sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri. Semoga informasi tentang cara menghitung pasir untuk lantai ini dapat membantu Sobat Citinews yang sedang akan membangun lantai di rumah.

Referensi :

http://basicarsitek.blogspot.com/2018/10/cara-menghitung-kebutuhan-pasangan-keramik-beserta-anggaran-biayanya.html?m=1
https://www.ilmusipil.com/cara-menghitung-kebutuhan-pasir-dan-semen
https://www.pengadaan.web.id/2020/10/menghitung-kebutuhan-pasir-dan-semen-untuk-lantai.html?m=1

Leave a Reply