Cara Renovasi Lemari Lama agar Terlihat Baru

Perabotan yang sudah lama terkadang terlihat tua. Lemari yang sudah berusia bertahun-tahun juga bisa membuat penampilan ruangan kurang menarik. Sahabat Citicon yang memiliki lemari lama dan merasa terganggu dengan keberadaan lemari tersebut, sebaiknya mengetahui tentang cara renovasi lemari lama supaya terlihat baru.

Cara Renovasi lemari Lama Dengan Cara Sederhana

Lemari yang sudah usang jangan dibuang terlebih dahulu karena sebenarnya bisa direnovasi. Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan agar lemari lama yang ada di rumah bisa terlihat lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa cara renovasi lemari lama yang bisa sahabat jadikan lakukan untuk membuat lemari terlihat baru:

Mengganti Kayu yang Rusak

Cara renovasi lemari lama yang bisa sahabat Citicon lakukan untuk membuatnya terlihat baru adalah memperbaiki kerusakan terlebih dahulu. Lemari yang sudah usang biasanya mengalami kerusakan akibat dimakan usia. Carilah bagian lemari yang rusak kemudian ganti kayunya dengan yang baru.

Dengan mengganti kayu yang rusak maka lemari akan terlihat lebih fungsional. Nantinya sahabat Citicon dapat meletakkan kembali lemari di tempat semula atau mendekorasinya terlebih dahulu.

Merenovasi lemari dengan Kaca

Cara renovasi lemari lama selanjutnya yaitu dengan merenovasi bagian depan lemari menggunakan bahan kaca. Lemari yang keseluruhan bagiannya terbuat dari kayu memang terlihat biasa saja. Apabila lemari diubah dengan ditambah bahan kaca maka akan terlihat lebih elegan.

Pekerjaan ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Sahabat Citicon yang tidak terbiasa melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kayu dan kaca sebaiknya meminta bantuan kepada ahlinya. Kaca di bagian depan lemari membuat lemari terlihat lebih cantik. Sahabat Citicon pendapat memilih apakah ingin menggunakan kaca bening atau kaca hitam. Selain itu juga bisa menggunakan kaca cermin agar lebih fungsional.

lemari yang di renovasi menggunakan bahan kaca nantinya bisa digunakan untuk lemari pajangan atau untuk lemari pakaian. Sahabat Citicon dapat memperkirakan kira-kira seperti apa bagian depan lemari yang akan dipasangi kaca.

Mengganti Warna Cat

Cara renovasi lemari usang lain yang juga efektif untuk memperbarui lemari lama agar terlihat baru yaitu dengan mengganti cat lemari. Cara renovasi lemari lama ini banyak digunakan kan oleh masyarakat yang ingin merenovasi perabotan. Lemari lama biasanya memiliki permukaan cat yang sudah terkelupas dan kotor. Sahabat Citicon dapat mengganti cat lama dengan yang baru.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pengecatan, sebaiknya permukaan lemari diamplas tersebut lebih dahulu. Bersihkan permukaan dari berbagai macam noda dan pastikan jika lemari benar-benar bersih dan halus. pilihlah warna cat yang paling sesuai dengan tema ruangan.

Rumah dengan tema minimalis bisa memilih warna cat monokrom. Nantinya lemari akan terlihat baru dan bersih. Lemari yang dicat ulang mampu membuat kesan ruangan terlihat segar.

Mengubah Fungsi dan Bentuknya

Cara merenovasi lemari lama lain yaitu dengan mengubah fungsi dari lemari. Kayu lemari yang masih bagus dapat dimanfaatkan untuk membuat jenis perabot lainnya. Sahabat Citicon tidak harus mempreteli kayu akan tetapi bisa mengambil bagian untuk dibentuk menjadi barang yang diinginkan.

lemari yang sudah cukup lama dan tidak ingin digunakan lagi sebagai lemari bisa dibuat juga menjadi kursi.

Hal yang terpenting apabila ingin mengubah fungsi dan bentuknya sebaiknya memiliki kreativitas yang tinggi. Sahabat Citicon bisa melihat referensi tentang lemari yang diubah fungsi menjadi kursi panjang atau bahkan menjadi rak buku.

Memiliki perabot lama seperti lemari jangan dibuang begitu saja. Bisa jadi lemari lama apabila direnovasi justru menjadi barang yang lebih bermanfaat. Sahabat Citicon dapat mengubah warna, bentuk atau bahkan mendekorasi lemari supaya terlihat baru.

Cara renovasi lemari tua yang disebutkan diatas merupakan cara sederhana yang bisa sahabat Citicon lakukan. Apabila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya meminta bantuan orang yang lebih ahli. Akan tetapi jika sahabat Citicon ingin berkreasi maka gunakanlah kreativitas yang dimiliki.

Demikianlah informasi mengenai cara renovasi lemari lama yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan menginspirasi sahabat Citicon yang memiliki lemari usang.

Leave a Reply