Cara Mengatasi Lantai Dak Bocor Dengan Cara Mudah

Kebocoran bangunan rumah perlu segera ditanggulangi, khususnya pada musim penghujan. Ketahui cara mengatasi lantai dak bocor yang mudah dan cepat. Membiarkan dak bocor lebih lama akan menyebabkan lebih banyak masalah.

Cara Mengatasi Lantai Dak Bocor Dengan Cara Mudah

Sobat Citinews perlu mencari tahu penyebab dari kebocoran terlebih dahulu. Lalu, mencari solusi sesuai dengan akar masalahnya. Khususnya kalau membuat dak beton yang sangat mempengaruhi konstruksi rumah. Berikut adalah bahasan mengenai penyebab dan cara membuat dak beton tidak bocor.

Cara Mengatasi Dak Bocor Langsung dari Atas

Karena kebocoran diawali dari bagian atas, maka Sobat Citinews harus pergi keatas rumah dan melihat langsung. Cara mengatasi dak bocor dari atas dapat dilakukan dengan beberapa metode. Tentu perlu bahan untuk menambal dak beton yang bocor yang berbeda-beda, sesuai dengan penyebabnya.

Temukan titik kebocoran, kenali penyebabnya dan tentukan solusi terbaiknya. Inilah tata cara mengatasi dak bocor paling ampuh. Jadi masalah bisa langsung dan tidak terulang lagi dengan alasan yang sama.

Ada Retakan – Tambal Dahulu

Umumnya kebocoran yang besar disebabkan karena ada celah pada bagian atas. Amati tiap inci area atap dengan seksama. Bukan pada area yang bocor saja, karena bisa jadi ada retakan di tempat lain yang merembes pada titik tersebut.

Permukaan dak yang ada retakan atau terbentuk celah perlu diratakan terlebih dahulu. Cara mengatasi dak bocor karena retakan diatasi dengan membuat pahatan dan mengisinya dengan campuran cairan aspal untuk menutupinya.

Lapisan Waterproofing

Kalau tidak ada retakan atau celah pada bagian atas rumah, maka Sobat Citinews bisa memakai waterproofing. Material ini dapat membuat permukaan jadi anti air dan menutup dak yang bocor. Pada bagian yang merembes airnya bisa dilapiskan waterproofing beberapa kali untuk memastikan lapisan yang pas.

Cara mengatasi dak bocor sika waterproofing dilakukan dengan campuran air. Kemudian ratakan sampai tertutup dengan baik pada permukaan dak beton. Ketebalan waterproofing harus merata. Tunggu kering dan coba genangkan dengan air untuk memastikan hasil benar-benar maksimal.

Curing compound

Sobat Citinews dapat memakai material khusus sebagai pelindung beton. Pakai curing compound secara merata di bagian atas. Mengatasi dak bocor dengan keramik di atas lapisan curing compound memberikan proteksi ganda pada bagian dak beton.

Setelah kering, tutup pipa pembuangan pada bagian dak atap. Lalu, genangkan air pada area tersebut untuk memastikan dak benar-benar sudah tidak bocor lagi. Kalau sudah tidak ada rembesan air, maka masalah sudah teratasi. Kalau masih ada rembesan air, maka bisa tambahkan waterproofing tipe semen.

Cara Mengatasi Dak Bocor dari Bawah

Sobat Citinews juga bisa mengatasi dak bocor dari bawah. Cara mengatasi dak bocor tidak cukup hanya dari atas saja. Bagian bawah juga perlu diperhatikan. Hal seperti lumut, ada plafon yang bocor bisa diselesaikan setelah pemeriksaan bagian atas tuntas.

Jamur – Pelapisan Alkali

Kebocoran yang dibiarkan lama dapat menimbulkan bau tak sedap karena jamur. Inilah sebabnya kalau ada kerusakan harus segera dibenarkan. Cara mengatasinya adalah menghilangkan jamur yang terlihat dengan lapisan alkali.

Aplikasikan Alkali secara merata sehingga kadar asam pada bagian tersebut mengering. Cara mengatasi dak bocor seperti ini dapat sekaligus menghilangkan bau yang kurang sedap karena jamur. Setelahnya, cat ulang area tersebut dengan cat yang memiliki tekstur latex dengan rekatan yang kuat.

Dinding Retak – Plester

Mengatasi dak bocor dari bawah juga penting. Terutama bila sudah terlihat ada retakan pada dinding. Gunakan pelapisan dengan plesteran untuk menutupinya. Sobat Citinews perlu membuat adukan semen yang dicampur dengan waterproofing berbahan polyurethane (PU).

Kalau sudah kering, dinding bisa dicat lagi untuk menyamarkan bekas plester. Sobat Citinews bisa memakai cat anti air untuk memberikan proteksi tambahan untuk mencegah kebocoran dimasa yang akan datang.

Itulah beberapa cara mengatasi lantai dak bocor rumah dengan tepat. Sobat Citinews perlu mengetahui penyebab mengapa ada kebocoran, baru memilih cara terbaik untuk menyelesaikannya. Hal yang perlu diingat adalah, penanggulangan terbaik adalah pemeriksaan dari atas dan bawah untuk memberikan solusi terbaik pada dak bocor.

Sumber

https://banamitra.com/cara-mengatasi-dak-bocor/
https://idea.grid.id/read/091659158/dak-beton-retak-dan-bocor-saat-hujan-ini-cara-mengatasinya?page=all
https://jogja.tribunnews.com/2018/01/27/ini-3-cara-mudah-atasiatap-dak-beton-yang-bocor-saat-musim-penghujan-gampang-tak-rumit

Leave a Reply