Cara Membangun Rumah Dengan Biaya 50 Hingga 100 Juta

Untuk membangun sebuah rumah, memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Lantas, apakah ada cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta dengan hasil yang memuaskan? Dibutuhkan perencanaan yang baik jika ingin membangun rumah dengan biaya tersebut. Dan yang jelas, dengan biaya tersebut tidak bisa untuk membangun rumah yang megah.

cara membangun rumah

Akan tetapi, jika ingin membangun rumah dengan desain yang minimalis, biaya tersebut dirasa sangat cukup. Sobat Citinews harus mengetahui sketsa rumah 50 Juta sampai dengan 100 juta sebelum mulai membangun. Dengan begitu, akan terlihat gambaran bagaimana besar dan bentuk rumah setelah jadi. Ini penting agar nantinya bisa benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Cara Membangun Rumah Dengan Biaya 50 Hingga 100 Juta

Beberapa cara ini bisa dilakukan jika Sobat Citinews ingin bangun rumah 100 juta atau mungkin dibawahnya. Meski dananya terbatas, Sobat Citinews harus menyortir bahan-bahan mana saja yang layak untuk digunakan. Rumah yang dibangun harus bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta yang bisa dilakukan.

Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam membangun sebuah rumah, menyusun RAB penting untuk dilakukan. Rancangan anggaran biaya ini akan menjadi acuan dalam pembangunan rumah. Pada umumnya, di dalam RAB terdapat beberapa item seperti uraian pekerja, volume pekerja, harga satuan pekerja, total upah pekerja, total material bangunan dan yang lainnya.

Jika Sobat Citinews ingin membangun rumah dengan biaya 50 juta, bisa menyusun rab rumah 50 juta. Meskipun terbilang kecil, asalkan dikelola dengan baik dan dikerjakan oleh tukang berpengalaman, rumah akan terbangun dengan baik. Dengan adanya RAB ini juga memastikan tidak adanya pembengkakan biaya, karena semuanya sudah tercatat dengan baik.

Gunakan Bahan Bangunan yang Memiliki Kualitas Baik

Di beberapa daerah, harga bahan bangunan terus mengalami kenaikan harga. Untuk mengatasi hal tersebut, Sobat Citinews bisa melakukan riset harga terlebih dahulu. Kunjungi beberapa toko bangunan, catat setiap harga kebutuhannya dan bandingkan yang paling terjangkau. Ini menjadi salah satu cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta yang akan membuat pembangunan efektif.

Agar pengeluaran untuk bahan bangunan bisa lebih diminimalkan, Sobat Citinews bisa menggunakan bahan bangunan lokal. Bahan-bahan seperti batu bata, kayu hingga batu bisa didapatkan dengan membeli ke penjual di sekitar. Harganya jelas akan lebih murah dibandingkan membeli di toko-toko bangunan.

Pilih Desain yang Minimalis

Rumah dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan, yang sesuai dengan RAB yang telah dibuat. Saat ini justru rumah-rumah dengan desain minimalis diimpikan banyak orang, khususnya di perkotaan. Cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta tidak akan memakan banyak biaya dalam pembangunannya. Akan tetapi, Sobat Citinews tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Agar tetap memiliki ruangan yang banyak, Sobat Citinews mungkin bisa bangun rumah 2 lantai 100 juta. Jenis bangunan ini tidak membutuhkan yang lebar layaknya bangunan megah. Dengan begitu, bisa fokus ke pembangunan tanpa khawatir harga tanah yang tinggi. Buat beberapa ruangan menjadi multifungsi, sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk memiliki ruangan dengan jumlah banyak.

Pekerjakan Tukang Berpengalaman

Salah satu faktor keberhasilan dalam membangun rumah impian ada pada tukang yang bekerja. Sobat Citinews harus memilih tukang yang memang sudah berpengalaman, sehingga dalam pembangunanya bisa maksimal. Nantinya, mereka juga bisa diajak diskusi mengenai bahan-bahan yang digunakan agar bisa membangun rumah dengan budget yang tersedia.

Cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta ini akan berhasil jika tukang bekerja dengan baik. Pengawasan secara rutin perlu untuk dilakukan untuk memastikan pembangunan rumah berjalan dengan baik.

Apalagi biaya tukang tergolong sangat besar, sehingga harus benar-benar dimaksimalkan. Pastikan memilih tukang yang sudah jelas kinerjanya, agar impian membangun rumah dengan biaya tersebut terlaksana.

Itulah beberapa cara membangun rumah dengan biaya 50 hingga 100 juta yang bisa dilakukan. Sobat Citinews tetap bisa membangun rumah dengan biaya yang minimal, namun hasilnya sesuai dengan harapan. Dengan rumah yang minimalis, tetapi nyaman untuk ditempati. Terlebih, beberapa ruangan yang dibuat multifungsi akan semakin menambah kesan unik di dalam rumah.

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/8-tips-hemat-membangun-rumah-sendiri
https://www.99.co/blog/indonesia/tips-bangun-rumah-50-juta/
https://www.diminimalis.com/bikin-rumah-modal-50-juta/

Leave a Reply