Inilah Cara Membuat Garasi Mobil Dengan Bata Ringan yang Praktis

Membuat garasi sepertinya mudah, namun pembuatannya mengikuti bahan bangunan yang dipilih. Cara membuat garasi mobil dengan bata ringan berbeda kalau pakai bata merah atau bahan lainnya. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan agar garasi mobil kokoh dan efisien konstruksinya.

Tata Cara membuat Garasi Mobil Dengan Bata Ringan

Bata ringan adalah pilihan terbaik untuk menggantikan bata merah dan material lain untuk membuat garasi mobil. Beban struktur bangunan jadi lebih ringan, pembuatan jadi lebih cepat serta meminimalisasi sisa material. Lalu bagaimana cara membuat garasi dengan bata ringan? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Tentukan Kebutuhan Garasi

Sesuaikan bentuk garasi dengan lahan yang tersedia dan ukuran kendaraan yang akan disimpan. Satu rumah bisa memuat dua mobil dan satu motor. Tips membuat garasi mobil terbaik adalah tidak perlu ada desain rumit. Pilih lantai yang mudah dibersihkan, dinding yang memuat rak bila dibutuhkan dan hal lainnya.

Bata ringan menyerupai beton, tahan air dan api serta ringan. Material ini cocok untuk garasi karena beban struktur bisa diperingan. Kalau Sobat Citinews ingin membuat garasi sekaligus tempat untuk bengkel juga bisa. Bata ringan pada sebagian atau seluruh garasi akan menjaga api atau panas di dalam dan tetap awet.

Tentukan Ukuran

Ukuran garasi mengikuti jumlah dan ukuran mobil. Cara membuat garasi mobil dengan bata ringan adalah melakukan pengukuran terlebih dahulu. Umumnya satu mobil ukuran rata-rata bisa dibuatkan garasi dengan ukuran 6×3,5 meter. City car seperti Agya, Polo, Jazz lebih mungil sekitar 3,5 sampai 4 meter. Membuat garasi mobil kecil berbeda dengan mobil besar.

Pertimbangkan juga kalau butuh tempat penyimpanan untuk menaruh perlengkapan otomotif atau barang lainnya. Sobat Citinews yang memiliki keluarga tentu juga perlu garasi cukup luas untuk menaruh sepeda atau motor. Pertimbangkan semua ukuran tersebut dalam membuat ukuran garasi.

Kalkulasikan dengan ukuran bata ringan yang bervariasi namun lebih besar dari rata-rata. Ada ukuran 60 x 40 cm dengan tingkat ketebalan beragam mulai dari 75,100, 125, 150, 175, 200 cm. Buat RAB pembuatan garasi mobil yang benar dimulai dari hitungan yang tepat.

Pilih jenis pintu

Ada beberapa pilihan pintu garasi yang bisa dipilih. Semua perlu dipertimbangkan berdasarkan tata letak garasi, ukuran garasi serta jangan lupa perawatannya.. Cara membuat garasi mobil sederhana saja, cukup ada dinding dan pintu. Mobil perlu masuk dengan leluasa dan menyisihkan area untuk pintu garasi dibuka dan ditutup.

Pintu rolling door, atau pintu lipat termasuk minimalis karena dioperasikan dengan sedikit ruangan. Berbeda dengan pintu bukaan tengah, keatas atau kesamping. Sesuaikan pemilihan pintu sesuai dengan kebutuhanmu.

Bata ringan berukuran besar, jadi pastikan ukuran pintu menyesuaikan dengan ukuran bata ringan. Sayang kalau bata harus dipotong terlalu banyak dan menyisakan material terbuang. Cara membuat garasi mobil dengan bata ringan adalah mengkalkulasikan semua kebutuhan bahan agar tidak ada sisa.

Pasang Bata Ringan

Setelah persiapan dan perhitungan matang, tiba saatnya memasang batu dan memulai konstruksi. Perhatikan sifat bata ringan yang lebih besar dari pada bata merah dan adonan plester yang khusus. Plester terdiri dari semen, pasir kuarsa, kapur, sedikit gypsum, alumunium pasta dan air. Adonan hanya dioleskan tipis sudah bisa merekat kuat.

Cara membuat garasi mobil dengan bata ringan mudah dan cepat. Setelah ditata sesuai bentuk yang diinginkan, tinggal menunggu seluruh susunan bata kering untuk dapat bisa diplester agar terlihat lebih rapi. Garasi dapat dibuat lebih tinggi agar udara tidak pengap. Karena bata ringan mampu menahan lebih banyak beban struktur, hal ini sangat memungkinkan.

Membuat garasi dengan bata ringan memiliki berbagai keuntungan. Proses lebih cepat, bangunan bisa dibuat lebih tinggi dan garasi akan tahan api serta air. Tentu hal-hal tersebut sebanding dengan harga bata ringan yang jauh lebih mahal dibandingkan bata merah. Sahabat Citicom dapat mengikuti cara membuat garasi mobil dengan bata ringan sesuai penjabaran di atas.

Leave a Reply