5 Cara Menata Kamar Anak yang Sempit agar Lebih Luas dan Nyaman

Buat Sobat Citinews yang sudah memiliki keluarga kecil pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati bukan? Kalau iya, Sobat Citinews harus mengetahui cara menata kamar anak yang sempit. Anak-anak membutuhkan kamar yang luas agar mereka dapat bergerak aktif dan lincah. Dengan memiliki kamar yang luas, anak juga bisa istirahat dengan baik dan nyaman.

Salah satu penyebab kamar anak menjadi sempit yaitu penataannya kurang tepat dan banyaknya barang yang tidak diperlukan. Oleh sebab itu, Sobat Citinews harus mengetahui cara menata kamar anak yang sempit dengan mempertimbangkan dan mempersiapkan barang-barang yang mereka butuhkan.

Cara Menata Kamar Anak yang Sempit

Kamar anak bagaikan dunianya di rumah, karena mereka bisa beristirahat, belajar, bermain dan melakukan berbagai aktivitas lainnya di kamar. Oleh sebab itu, anak-anak membutuhkan kamar yang luas dan nyaman agar mereka bisa melakukan aktivitasnya dengan baik. Adapun berikut ini merupakan beberapa cara menata kamar anak yang sempit, di antaranya yaitu:

Memilih Furnitur yang Hemat Tempat

Cara menata kamar sempit sederhana yang pertama yaitu dengan memilih furnitur yang hemat tempat. Dengan begitu Sobat Citinews bisa menempatkan banyak barang tanpa harus membuat kamar menjadi sempit. Pastikan Sobat Citinews bisa menjaga keseimbangan proporsi furniture dengan luas kamar tidur, agar hasilnya pas.
Sobat Citinews juga bisa memilih furniture yang dapat menampung semua barang anak di kamar dengan aman dan rapi. Sehingga anak tidak kesulitan mencari barang yang mereka butuhkan.

Manfaatkan Setiap Sisi Ruangan

Cara menata kamar anak yang sempit selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan setiap sisi ruang kamar. Anak-anak pasti memiliki banyak barang yang mereka butuhkan mulai dari alat tulis, mainan, dan meja belajar dan lainnya. Jika Sobat Citinews tidak bisa memanfaatkan setiap sisi kamar, maka ruangan akan tampak sempit.

Sobat Citinews bisa menempatkan lemari anak di sisi kanan, lalu di sebelahnya meja belajar, dan bisa memanfaatkan belakang pintu untuk menaruh gantungan baju. Dalam menata kamar tidur sempit sederhana, pastikan tidak ada jarak dalam menempatkan barang anak.

Pencahayaan yang Tepat

Sekilas, pencahayaan tidak terlalu berpengaruh terhadap luas kamar anak, namun pencahayaan yang tepat menjadi faktor penting untuk menata kamar tidur anak agar nyaman.
Dengan pencahayaan yang cukup, anak bisa belajar dengan baik dan kamar tidur akan lebih terang dan terkesan luas. Namun jika kamar anak kurang pencahayaan, hal tersebut membuat mereka tidak nyaman, banyak nyamuk, membuat mata rusak dan lainnya.

Kombinasikan Warna Kamar

Cara menata kamar agar terlihat indah dan luas selanjutnya yaitu dengan mengkombinasikan warna kamar yang disukai anak. Dengan begitu, anak tidak mudah bosan saat berada di dalam kamar dalam jangka waktu yang lama, mereka juga bisa lebih semangat beraktivitas belajar di kamar. Pilihlah perpaduan warna cat yang menggambarkan ciri khas anak.

Dalam hal ini, cara menata kamar anak yang sempit yaitu dengan memilih warna terang seperti merah muda, biru telur asin, kuning dan lainnya. Warna terang membuat kamar seakan-akan lebih luas, namun warna ruangan juga harus disesuaikan dengan barang-barang di dalamnya agar tidak menabrak.

Pilih Perabot Multifungsi

Cara menata kamar tidur anak laki-laki atau perempuan selanjutnya yaitu dengan memilih perabotan multifungsi. Hal ini untuk memaksimalkan ruang yang terbatas dan menjaga ruangan tetap rapi, mengingat anak-anak seringkali menyimpan barang sembarangan dan berserakan.

Adapun cara menata kamar anak yang sempit menggunakan perabot multifungsi yang bisa Sobat Citinews pilih yaitu bunk bed berlaci. Barang tersebut dapat menambah ruangan untuk menyimpan barang lainnya sekaligus dapat dijadikan sebagai meja belajar.

Atau jika ingin membelikan meja belajar khusus untuk anak, pilihlah meja belajar yang memiliki rak untuk menyimpan buku dan kursi yang bisa dimasukkan ke bawah meja belajar agar kamar tidur tetap tertata rapi.

Itulah 5 cara menata kamar anak yang sempit yang bisa Sobat Citinews lakukan. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan sirkulasi udara yang cukup di kamar agar anak tetap nyaman.

Leave a Reply