Apa Itu Mortar Acian Bata Ringan? Ini Penjelasannya

Mortar acian bata ringan bisa membantu mempercepat proses membangun dinding suatu bangunan baik rumah atau gedung. Perlu diketahui bahwa bata merah kini perannya mulai digantikan oleh bata ringan, begitu pula bahan perekatnya. Tidak lagi menggunakan semen konvensional melainkan mortar acian bata ringan. Jadi jika Anda ingin membangun rumah menggunakan bata ringan, tak bisa lagi menggunakan adukan semen yang biasanya digunakan.

Ada banyak kelebihan yang dihadirkan oleh acian mortar sebagai bahan untuk perekat bata ringan. Kenali lebih jauh apa itu mortar acian, fungsi serta cara menggunakannya secara umum.

Mengenal Mortar Acian Bata Ringan dan Fungsinya

Mortar bangunan adalah bahan yang dibutuhkan dalam konstruksi bangunan dan sering disebut juga sebagai semen instan. Bahan dasar pembuatnya pun terdiri dari tiga macam yaitu semen, kapur dan juga pasir.

Selain ketiga bahan utama tersebut ada juga tambahan bahan aditif tertentu yang membuat semen instan ini menjadi bahan perekat yang sangat kuat. Ada berbagai kelebihan yang dihadirkan sehingga bahan ini lebih banyak digunakan.

Kelebihan mortar adalah untuk mempersingkat waktu konstruksi karena proses pengerjaannya lebih praktis. Selain itu mortar juga mampu meminimalisir risiko kesalahan takaran ketika mencampur.

Bandingkan saja dengan campuran semen konvensional, di mana pembuatannya mencampurkan bahan semen, pasir ayak, kapur, dan juga air. Sedangkan mortar acian bata ringan hanya dibuat dengan cara penambahan air saja.

Mengingat proses penggunaannya yang sangat simpel, membuat mortar bahan yang bisa menghemat biaya konstruksi. Kelebihan lainnya, setelah kering maka ketahanannya terhadap cuaca pun sangat baik.

Semen mortar tidak terpengaruh terhadap karat atau pelapukan bahan kayu. Dilihat dari pengertian dan kelebihannya, mortar memiliki begitu banyak fungsi. Apa saja fungsi yang dimiliki bahan ini?

  • Bisa digunakan menjadi bahan acian atau plesteran pada dinding. Hasilnya pun lebih halus dibandingkan plesteran dengan semen biasa.
  • Berfungsi sebagai bahan perekat saat pemasangan bata ringan. Tampilannya lebih menarik karena jarak antara bata lebih rapat.
  • Digunakan juga sebagai bahan perekat ubin keramik, granit hingga marmer dan juga batu alam.
  • Mortar acian bata ringan juga bisa digunakan untuk mengisi nat pada ubin keramik. Jadi hanya cukup membeli satu produk saja sudah bisa digunakan.
  • Fungsi lainnya adalah untuk perekat bubungan pada atap genteng yang biasanya juga menggunakan semen konvensional dicampur dengan gamping.

Apabila dilihat dari segi fungsinya, mortar adalah bahan yang multifungsi bahkan hampir digunakan pada semua bagian bangunan. Baik itu dari dinding, lantai bahkan atap bangunan.

Cara Penggunaan Mortar Acian Bata Ringan

Meskipun mudah namun ada tahapan yang perlu diperhatikan untuk membuat mortar acian sampai menggunakannya. Berikut ini beberapa langkah dalam penggunaan mortar sebagai perekat bata ringan.

Memilih Semen Mortar yang Berkualitas


Pastikan Anda menggunakan jenis semen mortar yang kualitasnya bagus. Karena kualitas dari mortar ini berpengaruh terhadap tingkat kerekatan dan ketahanannya. Semen mortar Citicon menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan konstruksi bangunan kuat.

Proses Pencampuran Mortar dengan Air

Langkah selanjutnya adalah membuat acian dengan mencampur mortar dengan air. Hanya saja perbandingan antara bahan dengan air harus diperhatikan. Jika terlalu encer akan membuat semen mortar tidak bekerja dengan baik.

Perbandingan yang sering disarankan adalah 2 bahan : 1 air. Namun untuk komposisinya sendiri harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Untuk membuat bahan perekat bata ringan akan lebih baik jika campuran semen lebih banyak dibandingkan air.

Acian Mortar Harus Segera Diaplikasikan

Jika mortar acian bata ringan sudah dibuat dengan sempurna maka harus segera digunakan. Jangan terlalu lama membiarkan acian karena berpengaruh dengan kualitasnya. Acian mortar bisa saja berkurang kualitasnya dan lebih sulit untuk diaplikasikan.

Selain itu juga jika terlalu lama didiamkan maka acian akan mengeras dengan cepat. Karena aciannya sangat halus maka proses aplikasinya lebih cepat. Saat diaplikasikan pada nata ringan hasilnya juga lebih presisi sehingga tampilan dinding jadi lebih rapi.

Baik dari segi fungsi dan cara penggunaannya, mortar acian bata ringan memberikan lebih banyak keuntungan. Tak heran jika bahan ini sudah menggeser penggunaan semen konvensional yang terkenal lama dan boros.

Sumber:

https://mortarindonesia.com/2018/04/11/berbagai-jenis-mortar-dan-kegunaannya-untuk-konstruksi/
https://powerblockindonesia.com/mengenal-mortar-instan/
https://wira.co.id/semen-mortar/
https://www.arsitur.com/2020/09/mortar-fungsi-jenis-kelebihan.html
https://monas.co.id/cara-pemakaian-semen-mortar-yang-tepat-dan-benar

Leave a Reply