Perbandingan Bata Ringan dan Bata Merah

Perbandingan bata ringan dan bata merah, manakah yang akan Anda pilih untuk material bangunan? Batu bata merupakan material utama dalam pembuatan dinding rumah. Sekarang ini terdapat dua jenis bata yang sering digunakan yaitu bata merah dan bata ringan.

Perbandingan Bata Ringan dan Bata Merah

Biasanya bata merah dibuat untuk membuat rumah sejak lama bahkan sebelum hadirnya bata ringan. Sedangkan bata ringan merupakan hasil pengembangan dari bata konvensional dengan berat yang lebih ringan dibandingkan bata merah. Berikut adalah perbandingan dalam memakai antara bata ringan vs bata merah. Dengan demikian Anda dapat memilih material yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konstruksi.

Keunggulan Bata Ringan

Bata ringan dibagi dalam dua kategori dua jenis yaitu Cellular Lightweight Concrete (CLC) dan Autoclaved Aerated Concrete (AAC). Komponen yang digunakan dalam produksi bata ini lebih kompleks dibandingkan bata merah. Jenis AAC dibuat dari campuran semen, kapur, gypsum, pasta aluminium, air dan pasir kwarsa yang diproses dengan teknologi autoclave. Sedangkan CLC dari campuran semen, air, pasir dan busa. Berikut beberapa kelebihan bata ringan vs bata merah.

Lebih ringan dari bata merah

Sesuai dengan namanya, bata ringan jauh lebih ringan daripada bata merah. Dengan berat yang lebih ringan ini membuat bata ringan tidak terlalu membebani struktur bangunan yang ada dibawahnya.

Bata ringan presisi

Karena bata ringan yang presisi, hal ini akan mempercepat proses pemasangan dinding. Karena proses pemasangannya lebih cepat, tentu hal ini akan menghemat biaya baik untuk tenaga tukang yang memasang hingga bangunan yang menggunakan bata ringan akan bisa cepat digunakan.

Ukuran Beragam

Bata ringan memiliki ukuran yang beragam. Umumnya bata ringan memiliki panjang 60 cm, tinggi 20 cm, dan tebalnya bervariasi. Tebal bata ringan yang beredar dipasaran diantaranya adalah 7,5 cm, 10 cm, dan 12 cm.

Berbeda dengan bata merah, yang pada umumnya memiliki ukuran yang sama.

Hemat Perekat

Bata ringan memakai perekat khusus yang disebut mortar. sedangkan bata merah memakai campuran semen dan pasir untuk pemasangannya.

Penggunaan mortar untuk pemasangan bata ringan tanpa menggunakan bahan lainnya seperti pasir. Berbeda dengan bata merah dalam pemasangannya membutuhkan adonan semen dan pasir.

Ukuran Seragam

Kelebihan bata ringan vs bata merah adalah bata ringan diproduksi seragam, begitu juga dengan bentuk dan kualitasnya yang memudahkan proses penyusunan. Hal ini memudahkan pemasangan karena tidak perlu banyak penyesuaian dalam menyusunnya. Menata Bata ringan akan pas baik keatas maupun kesamping / presisi.

Penggunaan Bata merah

Bata merah dibentuk dengan cetakan yang isinya tanah liat dan kemudian dibakar. Proses ini menggunakan suhu tinggi agar menghasilkan bata yang keras dan kering. Bentuk bata merah tidak semuanya seragam dan memiliki beberapa kekurangan lainnya. Meskipun begitu, bata merah juga memiliki keunggulan tersendiri.

Tidak Butuh Keahlian Khusus

Antara pemasangan bata ringan vs bata merah, penyusunan bata merah lebih mudah dibandingkan bata ringan. Karena bata merah sudah dikenal sejak lama dan banyak orang yang bisa memasangnya.

Sedangkan pemasangan bata ringan sebenarnya sama mudahnya, namun belum banyak orang yang mengenalnya karena memang masih tergolong baru di industri bahan bangunan.

Harga Terjangkau

Ukurannya memang kecil tetapi teksturnya sangat padat. Proses pemasangan dan pengangkutan bata merah membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan bata ringan. Selain itu, harga per buah batu bata ini juga sangat terjangkau dibanding bata ringan.

Namun jika melihat dari kecepatan pemasangan, tidak perlu tambahan material pasir untuk memasangnya, maka penggunaan bata ringan akan lebih ekonomis dibandingkan bata merah.

Ramah Lingkungan

Produsen bata ringan biasanya mengantongi sertifikat ramah lingkungan yang melalui proses pengujian tim independen untuk mendapatkan kesimpulan bahwa proses produksi dan hasil produksinya benar-benar aman dan ramah lingkungan.

Nah, itulah perbandingan bata ringan dan bata merah. Jika ingin membuat rumah, bangunan tinggi hingga beberapa lantai, alangkah baiknya memilih bata ringan. Material ini memiliki ketahanan yang mirip dengan beton yang kokoh namun jauh lebih ringan, bahkan bisa tahan terhadap gempa.

Gunakan Bata Ringan Citicon yang memiliki embos tulisan “CITICON” dan ada kode produksinya. Ini adalah ciri kalau bata ringan tersebut adalah produk asli bata ringan citicon. Bagi Anda yang sedang butuh bata ringan bisa langsung menghubungi di website resmi www.citiconindonesia.com yang Selanjutnya akan dibantu oleh admin mulai dari informasi dan pemesanan.

Referensi:

https://www.qhomemart.com/blog/bata-ringan-jogja/
https://blessconbataringan.com/pilih-bahan-bangunan-rumah-bata-merah-vs-bata-ringan/
https://hebelmadiun.com/2020/11/20/bata-ringan-vs-bata-merah-mana-yang-lebih-kuat/
https://www.citiconindonesia.com/bata-ringan/
https://www.dekoruma.com/artikel/76834/kelebihan-bata-ringan
https://www.medcom.id/properti/tips-properti/eN4RX5rk-batu-bata-atau-batako-mana-yang-lebih-baik

Latest Comments

  1. batako putih ringan October 29, 2021

Leave a Reply