Begini Cara Menghitung Pajak Motor Terbaru yang Harus Diketahui

Sebagai pengguna kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor, anda harus membayar pajak motor dan mengetahui cara menghitung pajak motor dengan prosedur yang ada. Apakah anda tahu apa itu pajak motor?

menghitung pajak motor

Pajak kendaraaan bermotor ialah pajak yang dibebankan pada anda yang memiliki atau kepemilikan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor disini adalah semua kendaraan darat yang memiliki roda, dengan mesin motor.

Kendaraan yang dimaksud sperti sepeda motor, mobil, truk, buas, dan kendaraan di udara yang dijalankan dengan teknik motor. Pajak kendaraan bermotor ini terdapat beberapa jenis pajak sesuai dengan subyek dan obyek pajak.

Pajak kendaraan bermotor harus anda bayar sesuai dengan jenis pajaknya, penting sekali bagi anda untuk mengetahui cara menghitung pajak motor. Sebelum itu anda harus mengetahui pajak apa saja yang harus anda bayar sebagai pemilik kendaraan bermotor.

Pajak kendaraan bermotor dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain NJKB (Nilai jual kendaraan bermotor), tarif pajak kendaraan bermotor, SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas). Jika anda sudah tau faktor apa saja yang mempengaruhi pajak kendaraan bermotor, anda akan mudah jika ingin tahu cara menghitung pajak motor.

Selain baca saat membeli kendaraan bermotor, anda sebagai pemilik atau kepemilikan kendaraan bermotor juga harus membayar pajak progresif yang dibayarkan setiap tahun.

Pajak progresif ini adalah pajak yang dikeluarkan sesuai dengan tingkat kepemilikan kendaraan bermotor. Pajak progresif ini juga termasuk dalam cara menghitung pajak motor. Jika anda sudah mengetahui pajak progresif kendaraan bermotor, cara menghitung pajak motor sebagai berikut:

Cara Menghitung Pajak Motor

Rumus : NJKB x koefisien x tarif pajak

Keterangan :
NJKB (Nilai jual kendaraan bermotor) yang dibayar setiap tahun sesuai dengan jenis kendaraan bermotor.

Koefisien

NJKB diperoleh dari rumus : (PKB : 2)) X 100.

Nilai PKB dapat dilihat pada bagian belakang STNK (Surat tanda nomor kendaraan).

Tarif pajak progresif

Tarif pajak yang dibayar sesuai dengan tingkat kepemilikan kendaraan bermotor.

Jika anda sudah paham dengan rumus diatas dibawah ini ada contoh cara menghitung pajak motor :

Untuk membantu anda mudah memahami cara menghitung pajak motor, bacalah ilustrasi dibawah ini:

Misalkan :

Anda memiliki motor matic keluaran terbaru 2020, yang anda beli satu tahun yang lalu dengan harga 15.000.000,- lalu anda ingin mengetahui pajak tahunan motor matic anda. Bagaimana cara menghitung pajak motor matic anda?

Sesuai dengan rumus di atas bisa dihitung dengan cara:

Rumus = NJKB X koefisien X tarif pajak
Nilai jual kendaraan bermotor : Rp 15.000.000,-
Bobot : 1 karena masih penggunaan normal.
Persentase tarif pajak : 2.5% karena ini adalah kendaraan kedua anda.
Sesuai rumus diatas :
Pkb = (Rp 15.000.000 x 1) 2.5%
Pkb = Rp 375.000,-

Jadi, pajak yang harus anda bayarkan adalah Rp 375.000,- /tahun.

Jika anda sudah tahu, bagaimana cara menghitung pajak motor, apakah anda sudah tahu apa saja syarat membayar pajak kendaraan bermotor?

Mungkin bagi sebagian orang membayar pajak kendaraan bermotor adalah hal yang menjadi momok. Akan tetapi anda jangan terlalu takut hingga menggunakan jasa calo, karena membayar pajak motor sangatlah mudah dan tidak perlu waktu yang lama.

Untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor anda cukup membawa KTP dan STNK ke samsat terdekat. KTP yang dibawa harus sesuai dengan nama yang tertera pada STNK.

Nah setelah mengetahui cara menghitung pajak motor dan syarat membayar pajak kendaraan bermotor. Apakah anda masih ragu untuk membayar pajak kendaraan bermotor?

Pasalnya dengan membayar pajak motor, Anda bukan hanya memenuhi kewajiban Anda sebagai warga negara saja, tetapi juga memberikan manfaat tersendiri. Di mana pajak tersebut merupakan sumber pendapatan daerah yang nantinya akan dialokasikan untuk hal-hal yang dibutuhkan dalam membangun suatu daerah lebih baik lagi. Selanjutnya, pajak juga berguna untuk membiayai penyelenggara pemerintah serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Itulah beberapa hal mengenai cara menghitung pajak motor yang bisa anda ketahui. Pastikan anda selalu membayar pajak motor dengan tepat waktu agar tidak terkena denda.

Leave a Reply