Yuk Simak Cara Membaca Ukuran Ban Mobil dengan Kode Ban

Ban merupakan salah satu bagian vital dan penting dalam kendaraan, baik motor atau mobil, agar kendaraan bisa bergerak atau melaju dengan baik dan lancar. Jika membutuhkan ban mobil, Anda harus mengetahui cara membaca ukuran ban mobil dengan tepat. Pasalnya pada ban mobil sendiri terdapat kode atau angka dan ukuran yang berbeda-beda, namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini.

Yuk Simak Cara Membaca Ukuran Ban Mobil dengan Kode Ban

Karena fungsinya sangat vital, Anda perlu cermat memilih ban untuk kendaraan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya. Pasalnya semua ban mempunyai serangkaian kode khusus untuk menginformasikan spesifikasi dari bahan tersebut. Adapun informasi yang termuat dalam kode ban mobil tersebut meliputi ukuran atau dimensi, ukuran tekanan, tahun produksi, maksimal rotasi kecepatan, serta ukuran tekanan beban dan suhu ketika berputar.

Pentingnya Mengetahui Kode Ban Mobil

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara membaca ukuran ban mobil, Anda juga perlu tahu pentingnya membaca kode ban kendaraan terlebih dahulu. Pasalnya hal ini sangat penting agar anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Anda juga bisa mengetahui komposisi ban dalam kode alfanumerik yang biasanya terdapat pada dinding ban di bagian terluar. Melalui kode ban tersebut juga Anda bisa mengetahui cara membaca ukuran ban mobil yang anda pilih. Tentunya Anda bisa melihat kode tersebut pada ban dengan jelas.

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Setiap ban mobil diproduksi dalam ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil atau kebutuhan pengendara. Sebelum membeli ban, Anda perlu mengetahui cara membaca ukuran ban mobil agar tidak salah pilih di antaranya yaitu:

Mengecek Sisi Terluar Ban Mobil

Cara mengetahui ukuran ban mobil yang pertama, Anda bisa mengecek sisi terluar ban mobil terlebih dahulu. Biasanya pihak produsen mencantumkan ukuran dan detail mengenai ban di telapak ban mobil.

Pasalnya kode ban mobil sendiri diletakkan di bagian luar, disana ada kode berupa deretan angka serta huruf. Anda harus memperhatikan kode yang tertera dalam ban tersebut ketika mencari ban serep atau pengganti ban dengan ukuran sama. Dalam deretan angka dan huruf tersebut, Anda bisa mencari ukuran ban mobil yang anda butuhkan.

Memahami Kode Ban

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa memahami kode ban itu sangat penting, salah satunya untuk mengetahui ukuran ban. Jika anda sedikit bingung memahami kode ban tersebut, Anda tak perlu khawatir, berikut contoh kode ban mobil; Toyota Yaris All New kode ban 195/50 R16.

Angka yang berada di depan (195), memberikan info lebar tapak ban, di mana ukuran ini dalam satuan milimeter (MM)
Adapun untuk angka selanjutnya (50) itu memberikan info tinggi ban, di mana Ban tersebut memiliki tinggi 50 persen dari tapak ban ukuran 195 MM. Semakin kecil angka yang tercantum menunjukkan semakin dekat jarak tapak ban dan bibir velg.

Huruf R dalam kode ban tersebut memberitahu tipe ban yaitu Radial. Ban mobil sendiri memiliki berbagai tipe mulai dari tipe diagonal atau bias, RFT atau Run Flat Tyre dan lainnya. Angka 16 pada kode tersebut menunjukkan ukuran diameter velg dalam satuan inchi.

Kode Lain

Temukan ukuran ban, perlu Anda ketahui juga kode lainnya untuk sesuaikan ban yang akan digunakan dalam mobil Anda. Kode lainnya biasanya mewakili detail kapasitas maksimum beban serta kecepatan maksimum ban mobil.

Ketahui Tread Wear Indicator Serta Traction Rating

Dalam permukaan ban mobil juga terdapat informasi untuk mengetahui tread wear indicator indikator yang menunjukkan ketahanan alur ban. Tread wear ini sangat penting diperhatikan untuk mengetahui tingkat keawetan ban mobil. Semakin besar nilai ban, maka semakin awet ban tersebut.

Selain itu ada pula traction rating yang menunjukkan ketahanan ban untuk mencengkeram jalanan yang basah. Adapun penilaiannya dilihat dari kode huruf seperti AA (sangat baik), A (baik), huruf B (sedang), serta huruf C (buruk).

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui mengenai kode pada ban mobil beserta cara membaca ukuran ban mobil. Semoga bermanfaat

Latest Comments

Leave a Reply