Begini Cara Menghitung Plesteran Bata Ringan yang Bisa Anda Lakukan!

Cara menghitung plesteran bata ringan seringkali dilakukan banyak orang ketika ingin membangun suatu bangunan dengan menggunakan bata ringan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengeluaran atau biaya yang harus dikeluarkan, sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk melakukan cara menghitung plesteran bata ringan, anda perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan, harga bahan materialnya, biaya tenaga kerja dan lainnya. Untuk plesteran bata ringan sendiri biasanya menggunakan semen mortar. Semen ini dipilih karena memiliki kualitas yang cukup baik, lebih praktis dan memberikan hasil yang optimal dibandingkan menggunakan semen konvensional.

Semen mortar sendiri bukan hanya digunakan untuk plesteran bata ringan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai perekat bata ringan dan acian. Mengapa semen mortar dinilai lebih praktis untuk melakukan plesteran bata ringan? Karena dengan menggunakan semen mortar anda tidak perlu menggunakan pasir lagi, ini berbeda dengan semen konvensional yang membutuhkan material pasir sebagai pelengkap. Bagi anda yang mau menggunakan Semen ini untuk plesteran, anda perlu mengetahui cara menghitung plesteran bata ringan.

Semen Mortar untuk Plesteran Bata Ringan

Sebelum mengetahui cara menghitung plesteran bata ringan alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu alasan penggunaan semen mortar patut dipertimbangkan, yaitu:

  • Hasil pengerjaan terlihat lebih baik.
  • Cocok digunakan untuk memasang bata ringan karena bata ringan memiliki pori yang besar dibandingkan dengan bata merah, dan semen mortar ini dapat merekatkan lebih baik.
  • Hasil pengerjaan dinding permukaannya lebih halus.
  • Dengan menggunakan semen mortar, selisih 24 jam plesteran dapat di aci dengan baik, sehingga mempercepat proyek pembangunan anda.

Cara Menghitung Plesteran Bata Ringan

Perhitungan plesteran bata ringan ini hanyalah sebagai gambaran pengeluaran biaya yang harus anda keluarkan, tentunya untuk harganya sendiri berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa semen mortar yang dijual di pasaran memiliki berbagai merek atau jenis, sehingga harganya pun berbeda-beda.

Namun, secara garis besar cara menghitung plesteran bata ringan dengan semen mortar ini cukup mudah.

Anda bisa menjumlahkan total kebutuhan material serta perhitungan plesteran dinding sama seperti menggunakan semen konvensional atau PCC.

Untuk melakukan cara menghitung plesteran bata ringan maka digabungkan antara biaya semen plester dan aci. Berikut rumus perhitungan biaya plester dan aci yaitu:

Jumlah semen = (Luas dinding : Daya sebar per sak) x harga per sak

Untuk mengetahui cara menghitung plesteran bata ringan lebih jelas, berikut ini perhitungan dengan contoh yang nyata, yaitu:

Bapak Dendi memiliki rumah yang terbuat dari Blesscon seluas 14 x 8 m dengan tinggi 4 m. Maka berapa biaya semen plesteran yang dibutuhkan?

Melalui data tersebut diketahui bahwa luas dinding yang akan dibangun yaitu 176 M2. Luasan ini belum memperhitungkan luasan jendela serta pintu yang dimiliki, ini hanya untuk mempermudah perhitungan biaya. Adapun cara menghitung plesteran bata ringan yaitu:

Biaya yang dibutuhkan berdasarkan merk ukuran dan harganya diperkirakan yaitu

Merk X -100 40 kg Rp. 60.000
Merk X-200 40 kg Rp. 160.000
Merk X-200 40 Rp. 146.000

Misalnya, Anda memilih Mortar X 100 maka perhitungannya:

Jumlah semen plester = (176 m2 / 2,4 m2 ) x 60.000 = biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 4.440.000
Perhitungan tersebut menunjukkan kalau membutuhkan 74 sak semen.

Adapun untuk biaya Aci yaitu

MORTAR X-260 : Acian Profil Rp. 190.500,-
MORTAR X-270 : Acian Putih Rp. 156.000,-

Jumlah semen aci = (176 m2 / 12,5 m2 ) x 156.000 = makan biaya yang dikeluarkan yaitu Rp 2.340.000
Perhitungan diatas menunjukkan membutuhkan 15 sak semen

Jumlah Biaya Semen dan Aci Plesteran yaitu Setelah mengetahui biaya semen dan aci yang dibutuhkan maka tinggal dijumlahkan untuk mengetahui seluruh total plesteran bata ringan berukuran 14 x 8 yaitu Rp 6.780.000.

Itulah beberapa hal mengenai plesteran bata ringan yang bisa anda ketahui. Cara menghitung plesteran bata ringan tersebut menjadi gambaran akan biaya yang harus dikeluarkan.

Jika Anda membutuhkan material bangunan seperti bata ringan, semen mortar dan lainnya, Citicon menjadi pilihan yang tepat. Citicon sudah berdiri sejak tahun 2008 untuk menyiapkan bahan material berkualitas dan ramah lingkungan. Citicon sangat professional dan memberikan pelayanan yang berkualitas pada konsumennya. Jadi anda tidak perlu ragu menggunakan Citicon.

Referensi

https://bataringanblesscon.com/berapa-biaya-plester-tembok-dan-aci-untuk-rumah/
http://www.ilmuproyek.com/2015/09/menghitung-kebutuhan-semen-mortar-pada-plesteran.html?m=1
https://www.klopmart.com/article/detail/1-sak-mortar-acian-berapa-m2

Leave a Reply