Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Biaya membangun rumah 2 lantai memang tidaklah sedikit. Sebelum memutuskan untuk membangun rumah sebaiknya memperhitungkan kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan. Jika Sobat Citinews ingin membangun rumah dengan lantai 2 maka ada beberapa cara menghitung biaya membangun rumah 2 lantai yang dapat membantu untuk merencanakan anggaran.

Membangun Rumah 2 Lantai

Untuk mengetahui berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah, Sobat Citinews perlu untuk mengetahui material apa saja yang harus dibeli. Selain itu juga perlu menghitung biaya tukang dan berbagai macam hal lainnya.

Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai yang Mudah

Ada beberapa cara menghitung biaya membangun rumah dengan 2 lantai yang dapat membantu Sobat Citinews untuk mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengetahui kisaran biaya membangun rumah 2 lantai:

Melakukan Perhitungan Umum

Cara menghitung biaya membangun rumah 2 lantai pertama yaitu dengan menggunakan perhitungan umum. Cara menghitung biaya membangun rumah ini termasuk yang paling mudah karena Sobat Citinews tidak harus menghitung secara rinci.

Untuk mendapatkan informasi berapa kisarannya anggaran yang akan dikeluarkan dalam membangun rumah 2 lantai, Sobat Citinews bisa bertanya kepada mereka yang sudah memiliki pengalaman membangun rumah.

Selain itu Sobat Citinews juga bisa bertanya kepada kenalan atau teman yang memiliki profesi yang berkaitan dengan pembangunan rumah. Sobat Citinews nantinya tinggal mempersiapkan dana yang umum dihabiskan untuk membangun rumah 2 lantai. Tentu biaya yang dibutuhkan tidak akan terlalu jauh dari kisaran umum yang dapat dari teman.

Diambil sebagai contoh misalnya Sobat Citinews ingin membangun bangunan dengan ukuran sekitar 100 M2 maka biasanya uang yang dibutuhkan adalah sekitar 300 hingga 400 juta rupiah. Semakin besar bangunan tentu biaya yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi.

Membuat Rincian Pengeluaran

Cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai berikutnya adalah dengan menghitung sendiri kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan. Sobat Citinews perlu untuk mencatat kira-kira apa saja yang dibutuhkan mulai dari material, upah tukang, jumlah material yang dibutuhkan dan yang lainnya.

Sobat Citinews dapat memulai mencatat dari kisaran harga material bangunan. Selanjutnya tinggal mencatat juga berapa kira-kira upah dari pekerja yang akan membangun rumah. Jika semua rincian sudah dicatat, selanjutnya tinggal dijumlahkan maka akan didapatkan kisaran biaya membangun rumah 2 lantai.

Sobat Citinews mungkin saja merasa kesulitan untuk mencatat semua bahan material yang dibutuhkan. Namun hal ini sangat penting karena apabila tidak dilakukan perhitungan dikhawatirkan biaya atau anggaran yang dikeluarkan diluar dugaan.

Sobat Citinews bisa menghitung mulai dari pembangunan pondasi, kemudian pembangunan dinding, bangunan rangka atap, biaya membangun lantai rumah, instalasi air hingga finishing.

Agar lebih mudah dalam mencatat setiap rincian pengeluaran atau biaya yang dibutuhkan, Sobat Citinews dapat menggunakan referensi. Saat ini sudah ada banyak sekali referensi mengenai daftar material dan juga biaya membangun rumah. Sobat Citinews tinggal mengisi form tersebut atau mengganti dengan angka-angka yang memang sesuai dengan perhitungan sendiri.

Menghitung dengan Melihat Lingkungan Sekitar

Cara menghitung kebutuhan finansial membangun rumah 2 lantai berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan riset di lingkungan sekitar. Misalnya Sobat Citinews memiliki tetangga yang baru saja membangun rumah dengan satu lantai atau dua lantai, maka bisa bertanya berapa biaya yang dibutuhkan.

Dengan bertanya kepada tetangga atau orang yang berada di sekitar lingkungan tempat Sobat Citinews tinggal maka akan dapat diperkirakan biayanya dengan lebih akurat. Perlu Sobat Citinews ketahui bahwa biaya membangun rumah di kota satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda. Hal ini dikarenakan harga material bangunan di wilayah yang berbeda mungkin juga memiliki perbedaan.

Cara menghitung kebutuhan dana membangun rumah 2 lantai menghitung di atas belum termasuk biaya membeli lahan atau tanah yang akan didirikan bangunan. Jika Sobat Citinews ingin membangun rumah namun belum memiliki lahan sebaiknya juga memperkirakan harga tanah. Sobat Citinews dapat menghitung jumlah biaya dengan menjumlahkan antara biaya membangun rumah dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli lahan.

Demikian gambaran tentang cara menghitung kebutuhan membangun rumah 2 lantai yang mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini bisa membantu Sobat Citinews untuk menghitung anggaran membangun rumah.

sumber :
https://www.99.co/id/panduan/biaya-bangun-rumah-2-lantai
https://bintorobuild.co.id/biaya-bangun-rumah-2-lantai/
https://asiaarsitek.com/estimasi-biaya-bangun-rumah-minimalis-2-lantai-2020-2021/

Leave a Reply