Pasir untuk Bata Ringan Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

Pengetahuan mengenai pasir untuk bata ringan terbaik perlu Anda pahami saat akan melakukan pembangunan. Pembuatan bata ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete) menggunakan pasir khusus yang dinamakan pasir kuarsa.

Pasir kuarsa ini juga menjadi salah satu bahan baku untuk industri keramik, kaca, sandblasting, dan lain sebagainya. Pasir kuarsa untuk industri bata ringan melalui proses penggilingan hingga mencapai ukuran mikro.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pasir Kuarsa untuk Bata Ringan

Kuarsa adalah jenis mineral utama dari silika yang menjadi salah satu pembentuk kristal optik. Pasir kuarsa atau yang juga disebut pasir silika merupakan sumber SiO2 yang tersebar di alam. Setiap industri memiliki persyaratan kualitas tertentu dalam penggunaan pasir kuarsa. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap terkait jenis pasir untuk bata ringan yang perlu Anda ketahui:

Spesifikasi Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa digunakan sebagai campuran beton ringan teraerasi dengan densitas 2,65 g/cm3 yang mengandung senyawa utama silikon oksida dan senyawa lainnya, seperti titanium manganes, silikon, tobermorite, dan sekaninaite. Bahan tersebut merupakan pembawa oksida silika yang memiliki kadar cukup tinggi sekitar 90%. Pasir kuarsa memiliki kandungan Clay atau kadar lumpur di bawah 5% dengan kadar silika 90-99,90%. Pasir ini akan terasa berat dan lembab saat digenggam.

Kegunaan Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa sebagai pasir untuk bata ringan memiliki banyak kegunaan. Beberapa kegunaannya, yaitu sebagai komponen utama pembuatan kaca standar dan kaca khusus, pengecoran logam, produksi logam, produksi kimia, keramik dan refraktori, hingga sebagai struktur utama berbagai bangunan dan konstruksi. Kegunaan pasir kuarsa dalam bangunan ini sebagai penambah daya tahan dan anti korosi dan pelapukan. Ini akan sangat berguna untuk pembangunan yang akan Anda lakukan.

Keunggulan Pasir Kuarsa

Terdapat berbagai keunggulan pasir kuarsa yang menjadi nilai lebih dari jenis pasir ini. Pasir kuarsa dapat membentuk keramik lebih berkilau dengan kualitas terbaik. Tak hanya itu, pasir terbaik untuk bata ringan ini juga mampu menghasilkan semen siap pakai dengan kualitas unggul dalam skala proyek konstruksi bangunan. Pasir kuarsa juga memiliki keunggulan dalam menjernihkan atau memfilter air jika mencampurkannya dengan tawas.

Peran Pasir Kuarsa dalam Proses Pembuatan Bata Ringan

Pasir untuk pembuatan bata ringan yang bagus menggunakan jenis pasir kuarsa yang melalui proses pembuatan tertentu. Pasir kuarsa berperan dalam pembentukan C-S-H (Calsium-Silikat-Hidrat) yang menjadi proses pembuatan bata ringan AAC. C-SH dibentuk dengan gypsum dan semen, lalu silika membentuk alite dan belite. Nilai kuat tekan bata ringan AAC ditentukan dengan ukuran partikel dan jumlah silika dalam pasir kuarsa serta banyaknya ikatan yang dibentuk oleh semen dan kapur bakar.

Daerah Penghasil Pasir Kuarsa

Jenis pasir untuk produksi bata ringan dapat diproduksi di berbagai daerah. Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi dapat menambang jenis pasir ini. Semua daerah tersebut memungkinkan selama memenuhi standar yang telah ditetapkan. Kualitas dan kandungan dari pasir kuarsa menjadi pedoman utama dalam produksi pasir ini. Beberapa daerah penghasil pasir kuarsa terbaik yang ada di Indonesia saat ini, yaitu Pulau Bangka, Tulang Bawang lampung, Palangkaraya, dan Cilacap.

Itulah penjelasan mengenai pasir yang digunakan untuk pembuatan bata ringan. Pasir kuarsa sebagai jenis pasir untuk pembuatan bata ringan ini memiliki kualitas yang unggul karena diproduksi dengan berbagai campuran bahan berkualitas dan takaran yang sesuai. Pasir kuarsa merupakan material terbaik untuk bata ringan yang memiliki berbagai kegunaan dalam pembuatan konstruksi bangunan Anda.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan bata ringan sebagai material bangunan, pastikanlah bata ringan yang Anda pilih menggunakan jenis pasir terbaik. Pilihlah bata ringan dari Citicon yang terbuat dari pasir kuarsa dan semen dengan kualitas tinggi dan ramah lingkungan. Bata ringan Citicon diproses dengan teknologi aerasi terbaik yang membuatnya lebih kuat dibandingkan bata konvensional.

Bata ini juga memiliki kekuatan yang sama dengan beton, tetapi lebih ringan. Keunggulan ini akan mempermudah aplikasi dan ketepatan estimasi pembangunan bagi bangunan Anda.

Citicon merupakan produk Autoclaved Aerated Concrete (AAC) yang memberikan jaminan kualitas terbaik karena diproduksi dengan standar yang tinggi. Sahabat Citicon dapat memperoleh berbagai informasi menarik terkait produk Citicon cukup dengan mengunjungi website Citicon Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah kunjungi website citiconindonesia.com untuk mendapat pasir terbaik untuk bata ringan dengan kualitas.

Sumber:

https://uditchbeton.com/material/manfaat-pasir-kuarsa-adalah/
https://www.indotrading.com/mitrausahamandiri/pasir-silika-untuk-p280932.aspx
https://silica.co.id/pasir-silika-untuk-industri-bata-aac/
https://silica.co.id/jenis-dan-fungsi-pasir-silica/
https://www.creativedesigninterior.com/blog/pasir-silika-terbaik-untuk-produksi-bata-ringan
https://www.deltapuro.com/2019/09/kegunaan-pasir-silika.html

Latest Comments

  1. David Utomo March 24, 2022

Leave a Reply